Jurnal Enterpreneur

Kenali Apa Itu Inventory Management System dan Metode Penggunaan

Definisi Inventory Management System (manajemen inventaris) adalah? Apa saja kategori akun dan juga metode yang digunakan dalam inventory management? Baca selanjutnya di Blog Jurnal by Mekari!

Apabila Anda selaku pemilik usaha, maka Anda perlu memperhatikan inventory management system yang baik agar bisa terus mampu dalam pemenuhan permintaan konsumen.

Jika tidak begitu, maka bisnis Anda akan kesulitan dalam memperoleh keuntungan. Akibatnya, bisnis Anda pun juga akan sulit untuk maju dan berkembang.

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan inventory management, tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam operasional bisnis sehari-hari.

Oleh karena itulah, artikel ini akan membahas serba-serbi tentang inventory management, mulai dari definisi, metode, hingga peranannya dalam suatu bisnis!

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari memiliki fitur manajemen inventaris. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Definisi Inventory Management

Inventory management biasa juga dikenal sebagai manajemen inventaris adalah suatu proses pencarian, penyimpanan, dan menjual persediaan—baik bahan mentah (baku) dan barang jadi (produk) yang dilakukan secara sistematis.

Dalam istilah bisnis, manajemen persediaan berarti pengelolaan persediaan yang tepat, pada tingkat, tempat, waktu, dan pada biaya serta harga yang tepat pula.

Tujuannya adalah untuk mengetahui di mana inventaris Anda berada pada waktu tertentu dan berapa banyak yang Anda miliki untuk mengelola tingkat inventaris dengan benar.

Beberapa perusahaan mungkin memilih untuk mengukur inventaris melalui pemindai barcode untuk meningkatkan efisiensi selama proses pengelolaan berlangsung.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Itu Manajemen Persediaan?

Usaha Kecil Menengah (UKM) sering menggunakan Excel, Google Spreadsheet, atau alat manual lainnya untuk melacak database inventaris dan mengelola orderan yang masuk.

Jika Anda tidak memperhatikan waktu memesan ulang, jumlah pemesanan yang tepat, metode stokis yang baik, dan sebagainya dapat menjadikan proses lebih rumit di kemudian hari.

Hal ini dapat berakibat pada beralihnya sebagian besar bisnis berkembang terhadap penggunaan aplikasi, guna mempermudah pengerjaan

Pastinya aplikasi, perangkat lunak, atau sistem inventory atau manajemen inventaris (management inventory system) harus memiliki kemampuan di luar basis data dan formula manual dengan bantuan sistem.

Akun persediaan umumnya digolongkan menjadi empat kategori, antara lain:

  • Bahan mentah merupakan berbagai bahan yang dibeli perusahaan untuk proses produksinya. Bahan-bahan ini akan melalui serangkaian proses yang signifikan sebelum perusahaan dapat mengubahnya menjadi barang jadi yang siap untuk dijual.
  • Bahan dalam proses (juga dikenal sebagai barang setengah jadi)mewakili bahan mentah dalam proses diubah menjadi produk jadi.
  • Barang jadi merupakan produk jadi yang sudah siap untuk dijual kepada calon konsumen.
  • Merchandise atau barang dagangan yaitu barang jadi yang dibeli perusahaan dari supplier untuk dijual kembali di masa mendatang.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Alasan Kenapa Inventory Management System Itu Penting

menu aplikasi persediaan barang inventaris inventory management system

Inventory management adalah hal mendasar untuk bisnis jangka panjang.

Pasalnya, apabila inventaris Anda diatur dengan benar, maka sisa manajemen rantai pasokan Anda pun juga akan berfungsi.

Tanpa manajemen inventaris, Anda akan menemui berbagai resiko seperti salah pengiriman, kehabisan stok, kelebihan stok, dan lain sebagainya.

Pengelolaan gudang dan inventory control yang tepat merupakan kuncinya.

Kesalahan pengambilan barang umumnya disebabkan oleh daftar pengambilan kertas yang salah, label rak yang tidak teratur, atau hanya gudang yang berantakan pada umumnya.

Baca juga: Stok Barang Persediaan Adalah? Berikut Penjelasannya Di Blog Jurnal By Mekari

Adapun kesalahan pengiriman biasanya terjadi akibat kesalahan pengambilan pada awal proses penyetokan barang, dan kurangnya prosedur pengendalian kualitas.

Sementara itu, kehabisan atau kelebihan stok terjadi ketika Anda menggunakan cara manual untuk melakukan pemesanan padahal belum begitu paham tentang kondisi persediaan.

Semua kesalahan ini tidak hanya akan menghabiskan dana yang Anda miliki, tetapi juga buang-buang tenaga untuk memperbaiki kesalahan itu nanti.

Bila Anda tidak menerapkan metode manajemen yang tepat, maka resiko tersebut akan menghambat bisnis Anda.

Untuk semua jenis bisnis terutama yang produknya berupa barang, manajemen inventaris yang tepat dapat menguntungkan efisiensi dan umur operasional bisnis Anda.

Itulah beberapa alasan kenapa sangat penting untuk Anda menerapkan sistem maupun metode manajemen inventaris yang benar dan sesuai dengan bisnis Anda.

Kendali Penuh Stok Barang Ada di Tangan Anda! Kelola dengan Fitur Produk dan Inventory Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Metode Inventory Management

Masing-masing metode dalam inventory management tergantung pada jenis bisnis atau produk yang dianalisis,

Penjelasan beberapa metode inventory management system dapat Anda simak dalam ulasan berikut ini:

Just-In-Time Management (JIT)

Metode manajemen inventaris ini berasal dari negara Jepang pada tahun 1960-an hingga 1970-an.

Dalam proses perkembangannya, Toyota Motor (TM) memberikan kontribusi paling besar.

Dengan menggunakan metode ini, dapat memungkinkan perusahaan menghemat sejumlah besar biaya serta mengurangi pemborosan.

Baca juga: Strategi Mengelola Manajemen Persediaan yang Baik

Caranya dengan hanya menyimpan inventaris yang diperlukan untuk keperluan produksi dan penjualan produk.

Demi mengurangi biaya stokes, asuransi, serta biaya likuidasi maupun pembuangan kelebihan persediaan, adalah tujuan pendekatan ini

Penggunaan manajemen inventaris JIT juga memiliki beberapa risiko yang harus Anda perhatikan.

Apabila permintaan konsumen tiba-tiba melonjak, produsen mungkin tidak dapat memperoleh persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan itu.

Hal tersebut dapat merusak reputasi perusahaan di mata pelanggan dan beralih ke pesaing bisnis Anda.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Material Requirement Planning (MRP)

Metode inventory management system ini bergantung pada prediksi penjualan.

Maka bisa disimpulkan, produsen memiliki kewajiban mencatat penjualan yang akurat guna perencanaan kebutuhan inventaris yang lebih akurat.

Selain itu, juga untuk mengkomunikasikan kebutuhan tersebut dengan supplier bahan dengan lebih tepat waktu.

Sebagai contoh, produsen bahan bangunan yang menggunakan sistem inventaris MRP.

Baca juga: Pentingnya Mengelola Inventaris untuk Kelangsungan Bisnis

Pihak produsen akan mudah dalam memastikan bahwa bahan baku seperti plastik, fiberglass, kayu, dan aluminium tersedia berdasarkan pesanan yang diperkirakan.

Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai dalam memperkirakan penjualan secara lebih akurat dan merencanakan akuisisi persediaan.

Dengan begitu, Anda akan mampu untuk memenuhi kebutuhan atau pesanan konsumen.

Economic Order Quantity (EOQ)

Metode ini digunakan dalam inventory management system dengan cara menghitung jumlah unit yang harus ditambahkan perusahaan ke persediaannya.

Hasil penghitungan tentu harus sesuai dengan setiap gelombang pemesanan untuk mengurangi total biaya persediaan.

Sambil melakukan penghitungan, Anda juga jangan lupa untuk mengasumsikan permintaan konsumen yang terus menerus.

Metode Economic Order Quantity (EOQ) berfungsi untuk memastikan bahwa jumlah persediaan yang dipesan per batch yang tepat.

Dengan begitu, perusahaan tidak perlu membuat pesanan terlalu sering dan tidak ada kelebihan persediaan yang ada di gudang.

Keuntungannya, Anda dapat menghemat total biaya persediaan karena biaya pengaturan dan biaya penyimpanan yang lebih sedikit.

Days Sales of Inventory (DSI)

Metode ini adalah metode penghitungan rasio keuangan dengan hasil waktu rata-rata per hari yang diperlukan perusahaan untuk mengubah inventarisnya.

Termasuk di antaranya barang yang sedang dalam proses hingga menjadi barang yang siap jual.

Metode DSI juga dikenal sebagai Average Age of Inventory, Days Inventory Outstanding (DIO), Days In Inventory (DII), atau Days Inventory.

Tujuan dari penerapan metode ini adalah untuk menunjukkan likuiditas persediaan.

Hasil penghitungan tersebut menunjukkan berapa lama persediaan perusahaan dapat bertahan.

Umumnya, perusahaan lebih menyukai hasil DSI yang lebih rendah karena menunjukkan durasi yang lebih pendek untuk mengosongkan inventaris.

Walaupun DSI rata-rata bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Baca juga: Perbedaan Metode Persediaan Stok Barang FIFO, LIFO, dan Average

Jurnal Hadir dengan Inventory Management System yang Lebih Baik

daftar inventaris inventory management system perusahaan

Salah satu software akuntansi yang dapat membantu melakukan manajemen persediaan adalah Jurnal by Mekari.

Jurnal merupakan software akuntansi online menyediakan laporan tentang jumlah persediaan yang terintegrasi langsung dengan laporan keuangan perusahaan.

Anda dapat mengetahui jumlah persediaan secara cepat dan mudah untuk memonitor stok barang dengan salah satu fitur untuk mengelola stok barang.

Dengan menggunakan Jurnal Anda dapat memiliki sistem inventory, di mana Anda akan mendapatkan fitur seperti:

  • Notifikasi atau pemberitahuan dan kalkulasi produk secara langsung.
  • Pelacakan penjualan produk terbanyak, sehingga memungkinkan perusahaan Anda untuk mengantisipasi dengan pemenuhan stok yang lebih besar.
  • Mengimpor data persediaan dalam jumlah besar.
  • Melakukan pelacakan secara cepat terhadap persediaan stok barang dalam beberapa lokasi yang berbeda.
  • Mengatur jumlah minimal stok, sehingga dapat melakukan pemesanan tepat waktu.

Jadi, mulailah kelola persediaan bisnis Anda dengan mudah dan cepat bersama Jurnal. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, itu tadi sedikit ulasan mengenai inventory management, mulai dari definisi, metode, hingga alasan pentingnya menggunakan manajemen tersebut untuk kelangsungan bisnis.

Semoga informasi dalam artikel ini dapat menjadi salah satu referensi serta membantu Anda dalam memahami ilmu-ilmu bisnis.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo