Menjawab 5 Pertanyaan Umum Tentang Faktur Pembelian

Pencatatan pada setiap transaksi merupakan hal penting dalam sebuah bisnis, baik bisnis besar maupun bisnis yang tergolong baru. Pencatatan transaksi memungkinkan pengusaha mengetahui jumlah penjualan, pembelian, serta harta yang dimiliki. Faktur pembelian adalah salah satu unsur di dalam pencatatan transaksi tersebut.

Banyak orang yang masih awam dengan istilah faktur yang satu ini, serta mempertanyakan perbedaan antara faktur pembelian dengan faktur penjualan. Pada artikel ini, kita akan menjawab beberapa pertanyaan umum.

1. Apa Yang Dimaksud dengan Faktur Pembelian?

contoh faktur penjualan

Secara umum, faktur pembelian dapat diartikan sebagai dokumen resmi untuk setiap pembelian atau pemesanan yang dilakukan pembeli.

2. Apa Perbedaan Faktur Pembelian dan Faktur Penjualan?

Meskipun faktur pembelian dan faktur penjualan berbeda penyebutannya, sebenarnya perbedaan pada pembelian dan juga penjualan adalah presepsinya.

Jadi jika faktur pembelian adalah sebuah dokumen resmi untuk setiap pembelian atau pemesanan yang dilakukan pembeli, maka faktur penjualan adalah bukti tagihan atau bukti transaksi kepada konsumen atas pembelian suatu barang.

Dapat disimpulkan bahwa faktur pembelian adalah faktur penjualan yang sudah diterima oleh konsumen.

Note: Dalam dunia akuntansi, bukti transaksi seperti faktur pembelian adalah hal yang penting. Baca artikel selengkapnya Faktur Pembelian: Manfaat, Komponen, Cara Pembuatan & Perpajakannya

3. Apa Saja Fungsi Faktur?

Setidaknya ada 5 (lima) fungsi, yaitu:

  • Menjadi bukti fisik tertulis yang sah bahwa barang/jasa yang dibeli sesuai dengan keinginan pembeli. Sehingga dapat meminimalisir adanya kesalahan pembelian atau pengiriman barang pada proses jual/beli.
  • Sebagai dokumen identifikasi yang digunakan untuk melakukan pengecekkan terhadap status dari inventaris keuangan bisnis yang dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai jumlah pemasukkan dan penjualan serta barang atau jasa apa saja yang laku di pasar.
  • Bukti sah untuk disertakan dalam proses pencatatan transaksi atau pembukuan akuntansi penjual. Sehingga perhitungan transaksi dapat lebih valid dan kaya akan informasi yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan keuangan bisnis.
  • Sebagai salah satu syarat pengajuan klaim di kemudian hari bila terdapat komplain. Meskipun sebisa mungkin hal ini dihindari dengan melakukan pengecekan sebelum pengiriman barang kepada konsumen, namun bila nantinya ada pengajuan klaim atau barang atau jasa yang telah dijual maka faktur bisa memudahkan proses konfirmasi dan klaim tersebut.
  • Sumber bukti dan perhitungan pajak bagi bisnis. Meskipun faktur pembelian bukanlah faktur pajak, namun pembuatan faktur pajak dipengaruhi oleh faktur. Biasanya faktur dilampirkan dalam pembuatan faktur pajak sebagai dokumen pendukung.

Jurnal-Ebook_Keloal Arus Kas_Banner Blog

4. Komponen Apa Saja yang Ada pada Faktur?

Faktur penjualan harus memiliki berbagai komponen inti agar dapat menjalani fungsinya, komponen dalam faktur penjualan adalah:

  • Identitas perusahaan yang mengeluarkan faktur penjualan. Seperti nama bisnis/penjual, logo, alamat dan kontak dari perusahaan.
  • Identitas customer atau pembeli berupa nama lengkap, alamat dan kontak yang bisa dihubungi.
  • Nomor faktur.
  • Nomor transaksi.
  • Tanggal faktur.
  • Detail transaksi berupa nama barang/jasa yang diperjualbelikan dan hitungan satuannya.
  • Jumlah amount yang harus dibayarkan oleh customer, berikut juga total dari PPN yang harus dibayarkan.
  • Tanda tangan dari kasir dan konsumen serta stamp perusahaan jika ada yang berfungsi sebagai legalisir dari invoice tersebut.

5. Bagaimana Contoh Faktur?

Berikut merupakan contohnya:

Contoh diatas merupakan contoh dari faktur penjualan yang dibuat secara manual.

Namun dengan aplikasi akuntansi seperti Jurnal by Mekari, faktur pembelian dapat dibuat secara otomatis.

Faktur ini juga dapat disesuaikan desainnya dengan kebutuhan bisnis Anda, hal ini karena pada fitur pembuatan faktur di Jurnal sudah disediakan 11 (sebelas) desain profesional.

Pengiriman faktur juga dapat langsung dilakukan melaluiĀ emailĀ dan mengirim pemberitahuan kepada pelanggan atas pembelian produk atau jasa. Selain itu, Anda juga akan mendapatĀ update status tentang faktur yang terlambat.

Jurnal dapat mempermudah Anda dalam pembuatan faktur pembelian dengan adanya fitur Faktur pada Jurnal. Selain faktur, masih banyak manfaat Jurnal lain yang dapat Anda gunakan sebagai pebisnis.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir coba gratis Jurnal.


PUBLISHED02 Jul 2020
Sely
Sely

SHARE THIS ARTICLE: