Sebuah perusahaan harus mengatur anggaran untuk pemasukan dan pengeluaran keuangan. Hal ini biasa disebut sebagai budget management.

Apa Itu Manajemen Anggaran (Budget Management)?

Anggaran atau budget merupakan proses perencanaan dan perkiraan yang penting untuk membantu perusahaan dalam bidang keuangan. Hal ini dilakukan dengan menyeimbangkan antara pengeluaran dengan pemasukan. Jika tidak seimbang atau pengeluaran lebih banyak dibanding yang dihasilkan, maka tentu saja akan menimbulkan masalah bagi perusahaan.

Manajemen adalah administrasi dalam perusahaan atau sebuah bisnis, perusahaan nirlaba dan juga badan pemerintah. Manajemen mencakup kegiatan pengaturan strategi perusahaan dan mengoordinasikan upaya karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan seperti keuangan, teknologi dan sumber daya manusia. Manajemen juga merujuk pada kata “mengelola”

Dengan begitu, hubungan antara anggaran dan manajemen yaitu analisis, pengorganisasian dan pengawasan serta pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis atau perusahaan. Dengan pengelolaan yang baik, memungkinkan kelancaran jalannya perusahaan maupun pertumbuhan perusahaan di kemudian hari. Banyak perusahaan yang tidak menyadari bahwa perlahan tenggelam dalam lautan utang. Maka dari itu, anggaran ini nantinya akan membuat perusahaan memprioritaskan pengeluaran dan memfokuskan diri pada hal-hal yang memang dibutuhkan.

Memilih Sistem Budget

Terdapat tiga cara untuk membuat, melacak dan memantau anggaran. Setiap sistem menggunakan teknik anggaran yang berbeda, tetapi semuanya berpusat pada satu hal dan sama-sama menunjukkan setiap detail dari manajemen anggaran.

  • Notebook dan Pena

Ini merupakan metode tertua untuk manajemen anggaran. Dengan metode ini, Anda menuliskan semua sumber penghasilan dan semua pengeluaran perusahaan Anda. Biasanya, Anda menuliskan dalam sebuah notebook khusus yang dibuat garis memanjang ke bawah dalam pembuatan anggaran dengan menggunakan sistem ini. Jika seimbang, Anda sudah bisa menggunakan anggaran tersebut.

  • Spreadsheet

Software paling populer untuk budget management adalah Microsoft Excel. Banyak situs web yang menawarkan sampel gratis untuk spreadsheet Excel yang dapat digunakan. Dibandingkan dengan menggunakan notebook, ini jauh lebih praktis walaupun Anda harus mempelajari segala rumus agar pengerjaan menjadi lebih cepat.

  • Software Akuntansi

Terdapat beberapa software akuntansi berbasis web yang dapat membantu Anda mengelola anggaran. Program software seperti Jurnal memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelompokkan pengeluaran Anda ke dalam kategori yang Anda buat dan melacak pemasukan maupun pengeluaran. Sehingga Anda dapat melihat kemana uang perusahaan keluar setelah transaksi selesai.

Cara Membuat Budget Management

Anggaran menunjukkan berapa banyak uang yang masuk di perusahaan Anda dan bagaimana uang itu digunakan. Ini adalah salah satu alat paling penting untuk membangun masa depan finansial yang sukses karena membantu perusahaan dalam mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Tetapkan Tujuan

Ada dua jenis tujuan keuangan : jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek berfokus pada penggunaan keuangan perusahaan Anda dalam satu hari sedangkan jangka panjang berhubungan dengan pemasukkan dan pengeluaran Anda selama beberapa waktu. Keduanya sama-sama penting dan saling melengkapi. Anda dapat memfokuskan diri pada tujuan yang memenuhi kebutuhan perusahaan dan memprioritaskan hal tersebut.

  • Hitung Pemasukan dan Pengeluaran Perusahaan

Setelah mengetahui tujuan keuangan, Anda perlu rencana untuk mencapainya. Untuk melakukan ini, Anda perlu evaluasi pemasukkan dan pengeluaran Anda. Mulailah dengan membuat daftar sumber pengeluaran perusahaan, pembayaran gaji, bonus dan tunjangan karyawan. Jika Anda tidak mengetahui jumlah aslinya, Anda bisa menggunakan taksiran. Lalu setelah itu baru hitung total pemasukkan yang perusahaan Anda akan dapatkan.

  • Analisis Pengeluaran Anda dan Seimbangkan

Tujuan manajemen anggaran adalah untuk memastikan bahwa pengeluaran Anda tidak melebihi pemasukan. Jika memang pengeluaran lebih banyak, maka Anda harus melakukan penyesuaian. Jika Anda melakukan secara online, software akuntansi seperti Jurnal bisa langsung menunjukkan langkah ini agar menjadi mudah. Pastikan Anda tidak melewati apa pun.

Sekali lagi, jika Anda memang terbiasa menggunakan komputer atau bahkan smartphone, software akuntansi akan mengotomatisasi manajemen anggaran perusahaan, ini tentu menghemat waktu dan frustasi Anda dan bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

  • Komitmen

Setelah Anda menyelesaikan semua kekusutan dalam manajemen anggaran, Anda harus berkomitmen untuk mengikutinya. Hal ini adalah upaya untuk menuju masa depan yang sehat secara finansial untuk Anda dan juga perusahaan. Tetapi Anda harus tetap realistis dan sering mengevaluasi, jangan takut untuk menyesuaikan diri. Penganggaran adalah tentang keseimbangan.

Contoh Penyusunan Budget Management 

Author