Jurnal Enterpreneur

Mengelola Laporan Persediaan Lebih Simple dengan Software Akuntansi Online

Dalam konteks akuntansi bisnis, kata inventaris digunakan dalam menggambarkan kondisi barang dan bahan kebutuhan bisnis untuk dijual kembali.

Perusahaan sering bergantung pada persediaan untuk beroperasi atau memenuhi pesanan klien.

Inventaris/persediaan merupakan aset perusahaan yang membantu perusahaan dengan tugas-tugas seperti perencanaan dan mengikuti anggaran.

Dengan demikian, bisnis harus memahami catatan persediaan yang akurat sebagai alat manajemen utama yang memiliki beberapa keuntungan.

Mengelola Laporan Persediaan Lebih Simple dengan Software Akuntansi Online

  • Perencanaan Usaha. Ketika pebisnis menyimpan catatan persediaan yang akurat, artinya mereka memiliki data yang memberitahu apakah permintaan klien atau proyek-proyek tertentu dapat dipenuhi dengan persediaan di tangan. Ini akan membantu pemilik bisnis dalam merencanakan dan menyusun strategi. Hal ini juga penting untuk mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan investor, yang ingin melihat bahwa pebisnis memiliki perencanaan tertata dalam operasi perusahaan.
  • Pelayanan Pelanggan. Catatan persediaan yang baik adalah ketika pelanggan menanyakan ketersediaan produk dan pemilik dapat menemukan jawabannya dengan cepat. Tingkat responsif yang cepat akan memberikan kesan baik untuk bisnisnya. Jika pelanggan harus menunggu tanggapan tentang ketersediaan produk, mereka dapat membatalkan pesanan dan pergi ke tempat lain. Sangat disayangkan, bukan?
  • Kontrol Keuangan. Kegagalan untuk memelihara catatan persediaan yang akurat terkadang berarti perusahaan tidak dapat mengirim barang sampai dekat dengan tenggat waktu dan sesuai kebutuhan. Biaya ekstra pun harus dikeluarkan untuk memenuhi transaksi ini. Bukanlah masalah apabila ini terjadi pada satu, dua, atau beberapa pelanggan. Tetapi untuk transaksi yang lebih besar, kerugian besar menanti!
  • Lebih Produktif dan Efisien. Catatan persediaan yang akurat berarti staf inventaris memiliki lebih banyak waktu yang tersedia untuk melakukan hal lainnya. Misalnya, mereka dapat mencari vendor baru atau menemukan cara-cara untuk menata kembali persediaan guna efisiensi dan akses yang lebih optimal.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pengelolaan aset secara manual bukanlah pilihan bijak di zaman yang serba modern ini. Untuk mendukung kebutuhan pebisnis tentang catatan persediaan/inventaris, Jurnal sebagai aplikasi persediaan menyediakan langkah mudah untuk mengelolanya.

Dengan ini, sistem akan menghitung penyusutannya serta menyiapkan laporan keuangan secara otomatis dan detail. Mulai pembukuan yang tepat dan efisien dari sekarang!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo