Jurnal Enterpreneur

Mengatasi Persediaan Barang dengan Software Akuntansi yang Simple

Jika pebisnis masih melacak persediaan menggunakan Excel, maka pebisnis bisa saja kehilangan uang. Pelacakan membutuhkan waktu terlalu banyak dan tidak akan mendapatkan hasil maksimal. Pemilik usaha membuang-buang sumber daya dan kehilangan fokus.

Dalam beberapa kasus, ini mampu menyelamatkan banyak uang dengan menggunakan aplikasi stok barang berbasis cloud untuk membantu mereka mengotomatisasi tugas-tugas, coba fitur software akuntansi online seperti dari Jurnal untuk lebih jelasnya.

Mereka mampu mengurangi biaya tenaga kerja yang tidak perlu dan mampu mengalokasikannya untuk lebih banyak fokus pada pertumbuhan. Manajemen persediaan yang tidak efisien dapat merusak bisnis pemilik. Bahkan Nike pun tidak kebal dari hal ini. Di awal 2000-an, kurangnya kontrol persediaan menyebabkan kerugian sekitar $ 100 juta dalam penjualan. Untungnya, mereka mampu bangkit kembali dengan menggunakan sistem manajemen persediaan yang lebih baik.

Jika hal ini bisa terjadi untuk salah satu perusahaan terbesar di dunia, hal ini pun bisa terjadi pada Anda. Berikut adalah 5 kesalahan terkait pengelolaan persediaan dan solusi yang mungkin dapat diterapkan:

  1. Penggunaan level maksimum dan minimum pada persediaan untuk menjaga pembelian dan persediaan tetap terkelola. Poin pemesanan ulang (atau dikenal sebagai tingkat minimal dan maksimal) adalah metode terbaik untuk memastikan pebisnis memiliki jumlah yang tepat dari persediaan di gudang pebisnis setiap saat. Jika pemilik menyadari persediaan terlalu sedikit maka akan berakibat pada berkurangnya penjualan. Namun jika terlalu banyak persediaan, biaya inventarisasi akan semakin besar. Salah satu masalah dalam bisnis kebanyakan adalah lemahnya pengelolaan uang.
  2. Menghabiskan uang untuk pelatihan pada perangkat yang kurang penting. Perusahaan dengan banyak persediaan menghabiskan puluhan juta rupiah pada perangkatnya untuk mengelola dan melacak barang-barang mereka. Setelah menghabiskan begitu banyak uang pada perangkatnya, beberapa perusahaan tidak ingin menghabiskan beberapa juta ekstra untuk memberi pelatihan khusus yang mereka butuhkan untuk mengimplementasikan perangkat ini. Jika pebisnis mencoba untuk mempelajarinya sendiri, mungkin pemilik akan menderita selama berbulan-bulan sebelum pebisnis mempelajari dasar-dasar cara kerjanya.
  3. Mengatur ulang gudang untuk menetapkan efisiensi. Kadang-kadang kesalahan terlihat jelas saat mereka berpikir akan segera diperbaiki, tetapi manajer gudang mungkin terlalu sibuk untuk memperhatikannya. Gudang berukuran 100.000 meter persegi yang tidak efisien digunakan bukanlah hal yang jarang ditemukan. Perusahaan-perusahaan ini bisa menyelamatkan diri dengan membuat beberapa perubahan di mana mereka menempatkan persediaan mereka. Saat bertumbuh, pebisnis harus berpikir tentang efisiensi karena menit yang karyawan habiskan untuk berkeliling berarti boros biaya.
  4. Luangkan waktu untuk mengenalkan teknologi pebisnis sehingga dapat digunakan semua fungsi tersebut. Jarang sebuah perusahaan menggunakan semua fungsi perangkat yang disediakan. Pebisnis harus menetapkan seseorang dalam perusahaan untuk mempelajari fungsi perangkat lunak atau membayar seseorang untuk datang dan mengajarkannya.
  5. Berhenti melakukan cek persediaan fisik tahunan dan mulai untuk lebih teratur, menghitung siklus yang lebih kecil, dan rekonsiliasi rutin. Sebaiknya memilih satu waktu di setiap hari untuk memeriksa produk bisnis dengan informasi dari software inventaris barang milik pebisnis.

Cara terbaik untuk membantu pemilik bisnis dalam mengelolanya secara teratur adalah untuk menemukan solusi online yang akan mengotomatisasi pengelolaan persediaan bisnis, Jurnal by Mekari adalah solusinya. Dengan aplikasi stok barang Jurnal by Mekari, Anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan efisien. Software ini membantu pemilik melihat angka-angka stok barang dan membandingkannya secara otomatis ke periode waktu yang tepat. Ini juga memudahkan penyusunan laporan keuangan lebih cepat, hemat waktu, dan biaya makin efisien. Kembangkan bisnis dengan memulai pembukuan yang benar, sekarang!

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo