Jurnal Enterpreneur

Tips Membangun Bisnis Properti dengan Modal Minim

 

Bisnis properti di Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Kebutuhan lahan tempat tinggal yang semakin meningkat membuat bisnis ini semakin menjamur. Namun, banyak orang yang beranggapan bahwa untuk memulai bisnis properti harus membutuhkan modal yang sangat besar agar bisnis tersebut dapat berkembang.

Akan tetapi, anggapan serta pemahaman seperti itu pada kenyataannya tidak sepenuhnya benar. Bisnis ini tidak selamanya harus dengan modal besar, karena bisa juga dilakukan dengan modal yang minim sekalipun. Untuk seseorang yang memiliki modal yang besar tentu bukan masalah yang besar untuk membangun bisnis properti. Mereka hanya tinggal mencari dan membeli lahan yang memiliki tempat strategis serta mengurus perizinannya.

Namun apabila modal yang dimiliki terbatas, Anda harus mempunyai strategi yang jitu untuk mengelola-nya. Ingin tahu caranya membangun bisnis properti dengan modal kecil namun dengan keuntungan yang maksimal. Berikut tips sukses berbisnis properti meski dana yang Anda miliki relatif minim.

Mampu Meyakinkan Investor

Investor adalah seseorang yang mempunyai pengaruh sangat besar bagi sebuah perkembangan bisnis properti yang Anda jalankan. Selain Anda harus mempunyai lokasi bisnis yang sangat strategis, Anda juga harus bisa meyakinkan investor tentang bisnis properti Anda. Yakinkan kepada Investor tentang prospek yang akan Anda jalankan ke depannya. Oleh karena itu yakinkan para Investor bahwa bisnis properti yang Anda jalankan akan mendatangkan keuntungan yang besar dan juga memberikan efek yang baik bagi masa depan bisnis properti Anda.

Membaca Peluang Bisnis

Peluang bisnis di dalam bidang properti dapat diperoleh dengan mudah oleh para pelaku bisnisnya. Anda hanya perlu lebih jeli dan teliti dalam mengambil dan mengembangkan sebuah peluang bisnis yang di dapat tersebut. Jika Anda hanya mempunyai modal minim untuk memulai bisnis ini, maka carilah sebuah properti yang mempunyai prospek tinggi dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Contohnya saja seperti menjadi broker atau agen properti yang tidak membutuhkan modal besar.

Mencari Informasi Properti

Untuk mendapatkan harga properti yang terjangkau, Anda harus mencari informasi seputar properti yang akan dijual. Pertama-tama Anda harus rajin mendatangi lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang dilangsungkan di daerah terdekat Anda. Lokasi sangat menentukan harga dan minat, galilah informasi selengkap mungkin agar calon pembeli pun memiliki gambaran yang memuaskan akan pilihan rumah yang ada.

Mark Up Harga secara Tepat

Walaupun berada di lokasi yang sama, harga objek properti bisa saja berbeda-beda karena pengaruh luas tanah, kondisi bangunan, keberadaan fasilitas serta akses kendaraan dan fasilitas umum. Oleh sebab itu, Anda harus lebih cermat ketika mulai memasarkan suatu objek properti. Mulailah meninjau kembali apakah harga yang Anda tetapkan sudah sesuai dengan kualitas objek properti yang akan dijual. Hal ini dilakukan agar pembeli tidak kecewa dengan harga yang diberikan.

Sewa Properti

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis properti namun belum memiliki cukup modal, Anda bisa mulai dengan cara menyewa sebuah bangunan yang dapat Anda gunakan untuk dijadikan sebagai aset usaha. Selanjutnya bangunan tersebut dapat Anda sewakan lagi kepada pihak lain untuk membangun sebuah bisnis seperti minimarket, toko maupun restoran.

Pada dasarnya, membangun sebuah bisnis baik bisnis properti atau bisnis lainnya memiliki tingkat kesulitan yang sama. Hanya saja cara yang digunakan untuk mengembangkan bisnis tersebut tentu berbeda-beda. Apalagi jika berkaitan dengan pendataan dan pembukuan keuangan. Pastinya harus selektif dalam mengerjakannya.

Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis dapat menggunakan bantuan software akuntansi yang dapat memudahkan pengelolaan keuangan khususnya laporan keuangan. Salah satu software akuntansi yang dapat digunakan yaitu Jurnal. Jurnal memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan perusahaan dengan menggunakan sistem cloud server yang sudah terintegrasi.

Sudah dipastikan, pengelolaan keuangan bisnis akan mudah, cepat, dan aman. Cari tahu lebih banyak tentang Jurnal di sini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo