Memulai sebuah bisnis restoran memang memiliki tantangan tersendiri. Salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis restoran adalah konsumen yang merasa senang dan ingin kembali lagi. Untuk memastikan kesuksesan bisnis restoran Anda, maka seluruh tim mulai dari manajemen hingga staf harus didedikasikan untuk kesejahteraan konsumen. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui dan dipersiapkan sebelum menjalankan sebuah bisnis restoran. Salah satunya adalah mengetahui kendala dan masalah bisnis restoran apa saja yang sering terjadi. Dengan memahami apa saja masalah bisnis restoran dan kendala yang kerap ditemukan pada bisnis restoran, Anda dapat lebih berhati-hati dan mengetahui celahnya untuk mengelola restoran Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengembangkan strategi khusus untuk menghindari dan memerangi masalah-masalah tersebut. Berikut ini merupakan masalah bisnis restoran yang sering terjadi yang perlu Anda ketahui:

Daftar Menu yang Kurang Menarik

Masalah Bisnis Restoran yang Sering Dihadapi Para PebisnisSalah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh para pebisnis restoran adalah permasalahan menu. Apakah Anda memiliki terlalu banyak daftar menu atau justru terlalu sedikit? Anda harus berhati-hati dengan jumlah menu yang Anda tawarkan di restoran. Jika Anda telah memiliki banyak varian menu, kini saatnya Anda mulai mempertimbangkan untuk menawarkan lebih sedikit variasi menu dan menjaga standar kualitasnya. Semakin banyak variasi menu Anda, maka semakin banyak jumlah dan variasi bahan yang harus Anda beli. Tidak hanya itu, Anda juga akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat pesanan.

Hal yang selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tata letak atau layout dan desain menu restoran Anda. Kelompokkan menu-menu yang paling menguntungkan pada satu halaman, buatlah menu Anda menjadi guide bagi konsumen Anda melalui foto dan teks yang kreatif. Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa seorang copywriter dan desainer grafis untuk membuat daftar menu yang menarik.

Layanan Konsumen yang Buruk

Masalah Bisnis Restoran yang Sering Dihadapi Para PebisnisKesan pertama konsumen merupakan salah satu hal yang sangat penting. Layanan konsumen yang buruk seringkali menjadi titik yang dapat merubah opini konsumen terhadap restoran Anda. Makanan yang tersaji di restoran Anda mungkin luar biasa, pengaturan meja cukup indah dan suasana restoran menyenangkan, tetapi jika layanan yang diberikan buruk, maka konsumen akan mengingatnya dan mungkin tidak akan kembali. Kemungkinan lainnya adalah konsumen akan memberitahukan orang-orang disekitarnya untuk tidak pergi atau memesan di restoran Anda.

Identitas Bisnis yang Kurang Jelas

Masalah Bisnis Restoran yang Sering Dihadapi Para PebisnisPara calon konsumen perlu mengetahui mengapa mereka harus makan di restoran Anda dan bukan di restoran lainnya. oleh karena itu, identitas bisnis restoran Anda harus terlihat jelas dan tersampaikan dengan baik kepada konsumen. Untuk dapat bersaing pada industri yang memiliki tingkat saing yang tinggi, Anda harus dapat menawarkan yang lebih dari apa yang pesaing Anda miliki. Hal tersebut dapat Anda capai dengan adanya nilai jual yang lebih unik. Anda membutuhkan sebuah ide yang orisinil. Pikirkan alasan unik mengapa para calon konsumen harus makan di restoran Anda. Nilai jual yang unik dapat membuat bisnis restoran Anda.

Mengabaikan Manajemen & Operasional Bisnis

Masalah Bisnis Restoran yang Sering Dihadapi Para PebisnisSetiap pelaku bisnis perlu mengetahui cara yang tepat untuk menganalisis bisnis agar dapat berjalan baik dan dapat berkembang. Banyak restoran kecil tidak memperhatikan hal-hal penting saat mereka mengelola operasional bisnis restoran mereka, seperti berapa banyak jumlah konsumen yang datang setiap harinya, jenis menu apa saja yang sering dipesan, dan lain sebagainya.

Kurang Memerhatikan Strategi Pemasaran

Masalah Bisnis Restoran yang Sering Dihadapi Para PebisnisMasih ada banyak pebisnis restoran yang kurang memerhatikan pemasaran. Padahal strategi pemasaran yang tepat akan menjadikan bisnis restoran semakin mudah untuk berkembang. Ada beberapa area yang harus diperhatikan, seperti menentukan brand (termasuk misi, logo, desain grafis, pedoman, dan lainnya), membuat rencana pemasaran, membuat situs website yang responsif dengan user experience serta interface yang baik, dan lain sebagainya.

Masalah Finansial Bisnis

Masalah Bisnis Restoran yang Sering Dihadapi Para PebisnisBanyak sekali pebisnis restoran yang harus menghadapi kekurangan keuangan. Namun, banyak juga pebisnis lainnya yang dapat beroperasi dengan lancar tanpa suntikan dana. Mayoritas bisnis restoran memang membutuhkan investasi untuk mendapatkan sumber daya yang tepat. Apalagi di era teknologi, individu harus fokus pada investor. Dan di sisi lain, para investor bukan hanya opsi tunggal. Ada banyak sekali alternatif-alternatif yang dapat digunakan untuk membantu kelancaran bisnis restoran Anda. Misalnya, Anda dapat mencoba untuk mendapatkan donasi melalui berbagai penggalangan dana atau mendapatkan pinjaman. Selain itu, Anda juga dapat mencari perusahaan pendanaan yang dapat memaksimalkan arus kas bisnis restoran Anda.

Salah Pilih Jenis Kemasan

Masalah Bisnis Restoran yang Sering Dihadapi Para PebisnisKesalahan jenis kemasan yang digunakan akan sangat berdampak pada kepuasan konsumen. Karena Anda tidak mampu menjaga makanan agar tetap segar dan lezat untuk waktu yang cukup lama. Misalnya, jika Anda menawarkan es krim, yogurt atau menu lainnya yang harus tetap disajikan dingin tetapi kemasan yang Anda gunakan tidak dapat menjaga esensi atau inti dari hidangan Anda, maka konsumen akan merasa kecewa. Kemasan memang tidak bisa dianggap remeh, karena kemasan juga dapat mendongkrak popularitas atau minat konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Cobalah desain kemasan Anda mengikuti identitas brand yang dapat membantu membentuk perasaan emosional konsumen.

 

Strategi Menjalankan Bisnis Restoran

Masalah Bisnis Restoran yang Sering Dihadapi Para PebisnisSelain mempromosikan bisnis restoran secara online, Anda juga harus memiliki strategi khusus dalam menjalankan bisnis restoran yang bagus. Agar tidak kalah dengan bisnis restoran lainnya. Berikut ini ada beberapa strategi yang harus Anda perhatikan sebelum membuka bisnis restoran:

  1. Melakukan pemasaran kreatif melalui media sosial dan website. Dalam menjalankan bisnis restoran, media sosial dan website hanya digunakan sebagai alat promosi saja. Oleh karena itu, manfaatkan media sosial maupun website secara baik dan optimal.
  2. Menjalankan bisnis restoran tidak berdasarkan asumsi. Tidak dipungkiri jika tren sebuah makanan bisa menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Namun tentunya Anda harus siap dengan berbagai persaingan bisnis yang ada dan menyiapkan diri untuk melakukan inovasi lainnya.
  3. Menciptakan menu yang berbeda. Selain tren, orang juga akan senang jika mencicipi makanan yang beda dari yang lainnya, atau menu yang Anda sajikan tidak ada di restoran lain. Strategi ini akan sangat ampuh untuk dicoba, karena Anda tidak memiliki pesaing.
  4. Memilih lokasi yang mudah dijangkau. Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau akan mendatangkan konsumen yang banyak. Misalnya dekat dengan kampus, sekolahan, gedung perkantoran, atau lainnya.
  5. Memberikan interior yang menarik di restoran. Interior juga menjadi hal menarik yang dapat menjadi pemikat para konsumen.
  6. Menyediakan jasa delivery order.
  7. Menjamin kualitas makanan dan memiliki koki yang handal.
  8. Menetapkan harga yang tepat.

 

Menerapkan Sistem POS (Point of Sale)

Masalah Bisnis Restoran yang Sering Dihadapi Para PebisnisPOS atau Point of Sale merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail, seperti di restoran. Pada umumnya sebuah sistem POS merupakan seperangkat komputer dan mesin kasir atau cash register. Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat melacak persediaan, dan mendapatkan rangkuman informasi terkait bisnis restoran Anda. Software POS dapat mencatat setiap transaksi penjualan secara real-time, sehingga catatan persediaan Anda akan selalu ter-update. Sistem kasir digital ini juga akan memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk memonitor biaya satuan, menghitung ketika Anda perlu stok ulang, dan menganalisis persediaan hingga detail per itemnya. Penggunaan sistem ini juga dapat membantu bisnis Anda terhindar dari salah satu masalah bisnis restoran yang sering terjadi.

Kini sudah ada banyak software POS populer, termasuk kasir elektronik, scanner barcode, pembaca kartu kredit, dan printer struk billing atau faktur penjualan. Sistem POS pada umumnya telah dilengkapi dengan modul akuntansi terintegrasi, termasuk buku besar, piutang, sistem hutang, pembelian, dan perpajakan, serta pengendalian persediaan. Point of Sale merupakan cara praktis untuk melacak arus kas bisnis Anda.

Jurnal sebagai software akuntansi online juga telah terintegrasi dengan beberapa POS, yang dapat memberikan manfaat nyata dalam hal penghematan biaya dibanding sistem kasir tradisional. Dengan fitur integrasi ini, Anda akan lebih mudah untuk menghubungkan aplikasi atau software Anda dengan aplikasi Jurnal. Integrasi juga akan membantu Anda untuk mengimplementasikan fungsi dan fitur yang ada pada aplikasi Jurnal ke dalam software atau aplikasi Anda. Coba Jurnal sekarang juga! Anda akan berkesempatan untuk mencoba GRATIS selama 14 hari. Jadi, tunggu apa lagi?