Jurnal Enterpreneur

Maraknya Seminar Amnesti Pajak untuk Sosialisasi Kepada Masyarakat

Program pengampunan pajak (amnesti pajak) yang digulirkan Pemerintah beberapa waktu lalu, tampaknya, belum sepenuhnya mampu menambah pundi-pundi pendapatan negara dari sektor pajak. Hal ini disebabkan minimnya sosialisasi tentang amnesti pajak kepada masyarakat. Pemerintah sudah semestinya bekerja keras untuk memberi pemahaman tentang amnesti pajak ke semua kalangan masyarakat.

Hal ini membuat maraknya seminar yang diadakan oleh perusahaan swasta maupun dari pemerintah. Dengan menghadirkan beberapa pakar ahli yang berpengalaman dibidangnya, seminar ini sangat bermanfaat untuk sosialisasi program amnesti pajak kepada masyarakat. Sehingga dapat menjelaskan dengan baik kepada masyarakat wajib pajak tentang tujuan dari amnesti pajak. Baik yang menjadi pebisnis maupun karyawan.

Masyarakat pun diharapkan dapat lebih berpartisipasi aktif dalam mengikuti program seminar amnesti pajak. Sebab, apabila program amnesti pajak ini gagal, maka rasio perpajakan di Indonesia akan terus tertinggal dengan negara lain. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi juga sulit untuk tercapai.

Untuk itu wajib pajak diimbau agar tidak ragu mengikuti program seminar amnesti pajak. Karena sebenarnya ketentuan yang berlaku dalam program ini sederhana, dan tidak perlu dimaknai sebagai sesuatu yang sulit dan interpretatif. Sehingga wajib pajak akan memahami maksud dan tujuan amnesti pajak dan kebijakan pajak setelah berakhirnya program dari pemerintah ini.

Meski banyak yang meragukan akan efektifitas UU Amnesti pajak ini sebagai bagian dalam strategi peningkatan pajak di Indonesia, namun kenyataannya DPR telah menyetujui dan masyarakat berhak mendapatkan pelayanan atas apa yang tercantum dalam Undang – Undang Amnesti pajak. Wajib pajak perlu tahu tentang pelayanan yang didapatkan setelah menyelesaikan kewajibannya tersebut. Untuk itulah fungsi sosialisasi sangat diperlukan.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo