Jurnal Enterpreneur

Manfaat Software Akuntansi Online untuk Bisnis Ritel

Faktur, tagihan, utang, pendapatan, pengeluaran, kerugian, dan transaksi lainnya akan berjalan terus. Stok lama keluar dan masuk. Rak persediaan yang terus mengisi kembali, uang tunai disimpan, tagihan dibayar, uang masuk dan uang keluar.

Semua ini akan terus terjadi dalam aktivitas bisnis. Dan kemudian ada pajak, jenis pajak, tarif yang berbeda dari pajak untuk produk yang berbeda dan layanan yang berbeda. Ini daftar lain yang terus berputar.

Dengan begitu banyaknya variabel dalam menjalankan usaha ini, tentu tanggung jawab yang begitu besar seharusnya dijalankan oleh orang yang teratur dalam bisnis. Akan menjadi masalah besar ketika ini menjadi tanggung jawab satu atau dua orang, di dalam bisnis yang hanya diajalankan oleh orang yang itu-itu saja (seperti toko ritel kecil yang dijalankan oleh 1 sampai 2 orang).

Jika tidak dilakukan secara teratur, maka pemilik dapat dengan cepat kehilangan rekam transaksi bisnisnya.

Kebanyakan pengecer bergantung pada beberapa bentuk software pembukuan untuk melacak posisi keuangan bisnis mereka. Software pembukuan memungkinkan pengecer mengatur penjualan mereka, pembelian dan faktur nyaman, di salah satu tempat di mana mereka dapat mengakses angka yang mereka butuhkan serta melihat secara sekilas bagaimana bisnis mereka berjalan.

Keuntungan utamanya adalah memungkinkan pemilik untuk mengakses akunnya dari mana saja. Dulu, peritel hanya bisa mengaksesnya dari desktop atau laptopnya dan memeriksa, menambahkan, atau merubah angka yang diperlukan. Selain itu, dengan software pembukuan tradisional hanya dapat diakses melalui komputer yang telah diinstal program. Jika komputer tidak dapak diakses, entah itu karena rusak atau hilang maka pemilik tidak dapat mengakses datanya sama sekali.

Ketika software pembukuan diakses secara online, data itu akan tersimpan di server secara aman. Risiko jauh lebih sedikit data yang hilang saat menggunakan cloud, daripada ketika itu semua disimpan pada sebuah komputer.

Pengolahan data pada server online menggunakan komputer atau perangkat lokal memberikan manfaat lebih. Perangkat hanya perlu cukup kuat untuk menjalankan web browser dan penyimpanan data tidak akan menjadi masalah sama sekali.

Ini berarti lebih ringan, lebih murah, perangkat pemilik efektif digunakan, serta menghemat uang.

Disisi lain, software akuntansi tradisional mungkin memakan biaya jutaan yang perlu dibayar dimuka. Untuk pengecer yang lebih kecil dengan sumber daya terbatas, ini mungkin tidak menjadi pilihan bahkan menjadi pilihan yang sulit. Software pembukuan online didasarkan pada apa yang disediakan sebagai layanan, berarti pebisnis hanya akan membayar biaya bulanan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Saat melacak penjualan, pembelian, serta faktur untuk bisnis ritel pebisnis, perangkat pembukuan online membuatnya lebih mudah guna mendukung perkembangan usaha. Jika Anda seorang peritel dan mencari pembukuan yam simple untuk memudahkan kebutuhan pembukuan dan akuntansi, mengapa tidak mulai penggunaan gratis Jurnal di sini.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo