Tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan saat ini, khususnya perusahaan ritel adalah manajemen persedian. Manajemen persediaan adalah pendekatan sistematis untuk memperoleh, menyimpan, dan mengambil keuntungan dari aset non-modal (bahan baku dan barang jadi). Stok yang tepat, pada level yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan biaya yang tepat. Yang berarti dengan adanya manajemen persediaan, perusahaan akan dapat mengontrol bahan baku serta produksi pada level yang sesuai agar tidak menimbulkan kelebihan atau kekurangan stok yang berakibat pada kerugian. Hal ini memang menjadi tantangan terbesar karena ada banyak aspek yang harus dikelola.

Aspek-Aspek Manajemen Persediaan

Menurut Sugiama (2013) manajemen persediaan mencakup aspek-aspek seperti:

  1. Perencanaan Kebutuhan Aset
  2. Pengadaan Aset
  3. Inventarisasi Aset
  4. Legalisasi Aset
  5. Pengoperasian Aset
  6. Pemeliharaan Aset
  7. Penghapusan Aset
  8. Pengalihan Aset

Dan perusahaan masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana caranya untuk mengumpulkan data berbagai aset tersebut dan tidak mengetahui apa yang harus dilakukan pada data tersebut.

“Data tahun 2015 menyatakan 43% perusahaan retail menyatakan bahwa Manajemen Persediaan merupakan tantangan nomor 1 mengalahkan kesulitan mengelola akuntansi perusahaan, implementasi teknologi, integrasi dengan e-commerce, manajemen pemesanan atau payroll”

Karena ketidaktahuan tersebut, manajemen persediaan juga menjadi salah satu bagian pengelolaan perusahaan yang paling diabaikan. Padahal manajemen persediaan merupakan salah satu area manajemen yang paling penting. Dan apabila perusahaan melakukan manajemen persediaan dengan profesional, maka akan mendapatkan manfaat sebagai berikut.  Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika perusahaan melakukan manajemen persediaan secara profesional.

 

Manfaat Manajemen Persediaan

a. Persediaan Yang Tepat

Mengetahui dengan tepat berapa banyak persediaan yang dibutuhkan untuk mencegah kekurangan dan kelebihan bahan baku serta produk

b. Mengatur Perputaran

Menjaga perputaran aset untuk memastikan produk tidak rusak, tersimpan untuk waktu yang lama atau menggerogoti modal

c. Memastikan Produk Selalu Tersedia

Memastikan perusahaan memiliki apa yang konsumen cari untuk mempertahankan kepuasan mereka

d. Perencanaan yang Akurat

Dapat digunakan sebagai referensi evaluasi dan perencanaan masa depan perusahaan secara akurat

e. Optimalisasi Pengaturan Gudang

Mengoptimalisasi pengaturan gudang agar mudah diakses sehingga  mempercepat proses pengambilan, pengemasan, dan pengiriman terkhusus untuk produk dengan penjualan tertinggi

f. Pelacakan Inventaris

Mampu mengoordinasikan persediaan di banyak lokasi perusahaan yang disesuaikan dengan permintaan dan faktor lainnya

g. Hemat Waktu & Biaya

Data yang sudah terkumpul dan dapat dilacak mempermudah kerumitan melakukan penghitungan aset. Anda juga bisa mengurangi biaya dari produk yang bergerak lambat sehingga Anda dapat menggunakannya dengan lebih baik di area lain yang lebih optimal

Untuk mendapatkan banyak manfaat tersebut memang dibutuhkan proses yang cukup kompleks. Mengetahui kapan harus memesan ulang, berapa banyak yang harus dipesan, di mana seharusnya menyimpan stok, dan lain sebagainya dapat dengan cepat menjadi proses yang rumit. Akan tetapi masih banyak yang membuat manajemen persediaan mereka secara manual. Sebagian besar menggunakan Excel, Google Sheets, atau alat manual lainnya untuk melacak basis data aset dan membuat keputusan perihal pemesanan. Dan pada akhirnya mengarah pada kekacauan perusahaan, pengiriman dan perhitungan akuntansi.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan beralih ke software manajemen persediaan yang berbasis online. Dengan sistem ini, prosedur manajemen persediaan mampu melakukan penataan dan pemantauan aset dari ujung ke ujung dengan mudah dan akurat.

Kelebihan Penggunaan Software Manejemen Persediaan

  1. Dapat mengakses laporan secara realtime.
  2. Data-datanya selalu update
  3. Dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya
  4. Jika memiliki beberapa kantor cabang, maka data yang ada dapat disinkronkan dengan mudah
  5. Tersedia pelayanan pemeliharaan sistem dari pemilik jasa aplikasi

Jurnal adalah salah satu sofware akuntansi dengan fitur lengkap yang dapat mencakup pengelolaan persediaan perusahaan. Meskipun software yang bergerak di bidang akuntansi, fitur manajemen persediaan Jurnal menjadi salah satu yang terbaik. Fitur manajemen persediaan Jurnal akan memberikan kemudahan dalam mengendalikan aset perusahaan, baik aset tetap maupun tidak berwujud, aset yang masih dimiliki ataupun aset yang telah dijual. Jurnal juga mampu menghitung nilai penyusutan aset secara otomatis. Dan sebagai hasil akhir, laporan yang disajikan lebih lengkap mulai dari daftar aset tetap yang tercatat beserta harga perolehan awal, akumulasi penyusutan, hingga nilai set secara realtime. Tunggu apalagi? Beralihlah ke Jurnal sekarang juga.  

 

Author