Tips Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur adalah jenis badan usaha yang menggunakan mesin, peralatan, dan tenaga kerja sebagai kesatuan dalam proses produksi pada keuangan perusahaan manufaktur. Ciri khas perusahaan manufaktur adalah aktivitasnya mengubah barang mentah menjadi barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Dari aktivitas operasionalnya yang cukup rumit, penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur juga cukup kompleks. Berikut ini cara menyusun laporan keuangan manufaktur yang lebih mudah:

1. Mengetahui Bahwa Bisnis Anda Unik

laporan keuangan perusahaan manufaktur

Perusahaan manufaktur berbeda dengan perusahaan dagang. Dalam hal ini, perusahaan manufaktur memproduksi sendiri semua bahan baku kemudian menjualnya ke supplier.

Dari proses tersebut, perusahaan harus menghitung biaya-biaya yang timbul akibat proses pengolahan bahan baku. Di sisi lain, perusahaan juga harus menentukan nilai jual produk yang membuat. Dengan cara ini perusahaan bisa memperkirakan keuntungan.

2. Memilih Metode Akuntansi yang Tepat

Ada beberapa penerapan metode akuntansi bisnis manufaktur yang sering menggunakan oleh perusahaan. Anda harus menentukan metode yang tepat untuk perusahaan sehingga dapat menggunakan dengan benar.

Pada dasarnya, terdapat dua kategori dalam metode pengukuran biaya perusahaan manufaktur. Yaitu Invenstory Cost dan Production Cost.

1. Inventory Cost

Perhitungan ini menggunakan untuk menentukan pemberian harga jual. Metode ini menghitung persediaan barang menganggap sebagai biaya setiap ada persediaan baru yang menambah. Metode yang biasa menggunakan adalah FIFO (First In First Out), LIFO (Last In First Out), Weight Average Cost, dan Identifikasi Spesifik.

2. Production Cost

Pendekatan biaya produksi meliputi:

  •  Job Ordering Cost

Metode ini menghitung jam kerja dan unit bahan baku yang memerlukan untuk setiap batch produksi.

  • Process Cost

Dalam metode ini menghitung biaya melakukan dengan membebankan pada setiap departemen, bukan pada proyek.

  • Activity Cost

Untuk membantu menetapkan harga, metode ini menggabungkan sumber daya yang memakai perusahaan dan aktivitasnya yang berhubungan dengan konsumsi biaya.

  • Variabel Cost

Serupa dengan biaya overhead, metode ini menggunakan prinsip di mana semakin banyak produk yang menghasilkan, semakin tinggi juga biayanya.

  • Absorption Cost

Anda dapat menggunakan metode ini ketika pembebanan biaya mencakup biaya variabel dan biaya tetap.

  • Metode Biaya Lain

Gunakan ketika di mana Anda mendirikan bisnis, unsurnya terkandung pada semua metode di atas namun pelaksanaannya bersifat fleksibel.

Note: Laporan data keuangan pada bisnis manufaktur memiliki kebutuhan yang kompleks sehingga tidak bisa mengerjakan oleh satu orang atau kelompok kecil saja. Maka, Pastikan Software Keuangan Anda Punya Fitur Ini!

3. Memantau Data Bisnis Agar Tetap Akurat

Setelah metode akuntansi yang tepat sudah Anda pilih, selanjutnya adalah memastikan bahwa data keuangan yang tercatat sifatnya akurat. Artinya, data harus bersifat benar dan dapat mempertanggung jawabkan. Beberapa item yang harus Anda pantau adalah:

1. Transaksi Bisnis

Transaksi mencakup pemasukan yang menerima perusahaan dan juga biaya yang dikeluarkan. Catat transaksi dalam buku besar dan pisahkan berdasarkan kategori.

2. Aset dan Liabilitas

Data ini diperlukan di akhir periode pencatatan akuntansi bisnis.

3. Uang Kas

Lakukan pemantauan pada uang kas di bank secara berkala dengan rekonsiliasi bank.

4. Menggunakan Bantuan Software Akuntansi Keuangan

Sistem pencatatan akuntansi  dan laporan keuangan perusahaan manufaktur memang terbilang cukup rumit. Namun itu bukan lagi masalah yang besar ketika Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi keuangan untuk menghitung dan menyajikan laporannya.

Jurnal adalah software akuntansi keuangan terpercaya di Indonesia. Fitur-fitur yang ada pada Jurnal mampu menyesuaikan kebutuhan pada perusahaan manufaktur.

Menghitung HPP, persediaan barang, hingga pembuatan invoice untuk pembeli kini dapat dilakukan dengan secara otomatis.

Cari tau tentang produk Jurnal selengkapnya dengan mengunjungi website Jurnal. Jangan lewatkan kesempatan diskon 20 persen dengan coba gratis Jurnal selama 14 hari dan 2x training (minimal subscribe 6 bulan).

Berikut akan membahas bagaimana cara memilih software keuangan perusahaan untuk jaga performa bisnis oleh blog Jurnal By Mekari.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo