Jurnal Enterpreneur

4 Laporan Keuangan Bisnis Wajib Ada, Anda Sudah Memilikinya?

Sebuah usaha harus memiliki laporan keuangan bisnis perusahaan sebagai catatan transaksi yang terjadi untuk mengambil keputusan strategis.

Apa saja itu? Salah satunya adalah catatan keuangan untung rugi, dan beberapa lainnya yang akan mengulas oleh blog Jurnal By Mekari di sini!

Dalam sebuah bisnis, tidak dapat memungkiri bahwa pencatatan keuangan adalah sesuatu yang penting untuk membuat bisnis tetap berkembang.

Secara sederhana, manfaat dari catatan keuangan adalah pelaku bisnis dapat mengetahui apakah bisnis yang menjalankan mengalami keuntungan atau kerugian.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis Jurnal By Mekari Disini Sekarang Untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat!

Lebih jauh lagi, dari catatan keuangan tersebut akan mendapat laporan untuk membuat keputusan yang lebih bijak demi keberlangsungan sebuah bisnis.

4 Laporan Keuangan Bisnis Perusahaan Ini Wajib Ada, Anda Sudah Memilikinya?

Sebuah usaha harus memiliki laporan keuangan bisnis perusahaan sebagai catatan transaksi yang terjadi untuk mengambil keputusan strategis. Apa saja itu? Salah satunya adalah catatan keuangan untung rugi, dan beberapa lainnya yang akan diulas oleh Blog Jurnal By Mekari disini!

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal By Mekari, Coba Gratis Sekarang Dengan Klik Banner Diatas!

Simak selengkapnya, laporan apa saja yang wajib ada pada sebuah bisnis.

Apa itu Laporan Keuangan?

Laporan keuangan adalah hasil dari proses pencatatan keuangan.

Definisi laporan keuangan menurut ilmu akuntansi adalah sebuah catatan informasi keuangan suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu.

Penghitungan satu periode akuntansi adalah sama dengan satu tahun berjalan.

Dari laporan ini, dapat tergambar kondisi perusahaan saat itu dan dapat menggambarkan bagaimana kinerja perusahaan.

Membuat laporan keuangan tidak boleh sembarangan karena menyangkut informasi keuangan yang berguna bagi pemakai.

Sebuah laporan keuangan harus memenuhi empat syarat, yaitu dapat memahami, relevan, keandalan, dan dapat membandingkan.

Baca Juga : Pengertian Laporan Keuangan dan Fungsinya bagi Perusahaan

Apa Saja Jenis Laporan Keuangan Bisnis Perusahaan Yang Wajib Ada?

Secara lengkap, setidaknya dalam sebuah bisnis harus memiliki 4 (empat) laporan sebagai berikut:

  • Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi memuat laporan catatan keuangan untung rugi selisih pendapatan setelah dikurangi biaya-biaya atau beban.

Sesuai dengan istilahnya, laporan laba rugi ini dapat menggunakan untuk mengukur tingkat pengembalian investasi atau laba per saham.

Secara sederhana, keuntungan atau kerugian sebuah bisnis dapat dilakukan dengan menghitung selisih pemasukan dan pengeluaran.

Jika Anda menginginkan lebih dari sebuah informasi untung atau rugi sebaiknya Anda mencatat lebih detail.

Agar lebih mudah, sebaiknya Anda mengategorikan pendapatan dan pengeluaran sesuai dengan jenis usaha.

Misalnya saja untuk usaha tour and travel, Anda harus punya laporan keuangan bisnis perusahaan untuk memisahkan antara pendapatan dari jasa tour dengan pendapatan penjualan tiket.

Untuk pos biaya, sebaiknya memisah antara fixed cost dan variable cost.

Fixed cost adalah biaya yang nilainya tetap dengan berapapun jumlah barang yang memproduksi seperti gaji karyawan dan sewa gedung.

Variable cost adalah biaya yang sifatnya berubah-ubah tergantung jumlah produk yang menjual atau memproduksi, misalnya biaya pajak dan biaya bahan baku.

Dari laporan laba rugi dan catatan keuangan untung rugi perusahaan, Anda dapat menarik kesimpulan yang lebih mendalam tentang informasi jenis biaya apa saja yang paling besar mengeluarkannya.

Atau Anda juga dapat mengetahui produk apa saja yang paling banyak terjual sehingga bisa melakukan stok barang lebih banyak.

Baca Juga : 5 Alasan Aplikasi Pembukuan Akuntansi Wajib Digunakan

  • Laporan Neraca

Neraca keuangan membuat untuk mengetahui posisi keuangan sebuah bisnis pada satu periode akuntansi.

Neraca adalah laporan keuangan juga laporan keuangan bisnis perusahaan yang membuat setahun sekali.

Melalui neraca, Anda bisa melihat jumlah aset perusahaan, kewajiban, dan modal.

Aset adalah harta yang memiliki oleh suatu bisnis yang meliputi harta tetap, harta lancar, dan harta tidak berwujud.

Kewajiban perusahaan dapat meliputi hutang jangka panjang dan hutang jangka pendek.

Selisih dari aset perusahaan dan kewajiban adalah modal yang memiliki oleh perusahaan.

Baca Juga : Cara Membaca Laporan Neraca pada Aplikasi Catatan Keuangan

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal berisi tentang informasi jumlah modal yang memiliki oleh bisnis Anda.

Melalui jenis laporan keuangan bisnis perusahaan ini Anda dapat mengetahui besarnya perubahan modal yang terjadi beserta penyebab perubahannya.

Untuk membuat laporan perubahan modal, Anda membutuhkan jumlah modal awal, jumlah modal akhir dan laporan laba rugi.

Laporan ini buat setelah laporan laba rugi selesai.

Baca Juga : Akuntansi dan Pembukuan Simple untuk Pelaporan Pajak

  • Laporan Arus Kas

Dikenal dengan nama cash flow, laporan keuangan ini menunjukkan informasi tentang aliran masuk dan keluar dana kas perusahaan dalam satu periode.

Semua transaksi tentang arus kas harus mencatat setiap hari dan tidak boleh ada yang terlewat.

Jika laporan arus kas ini bermasalah, maka data yang menghasilkan untuk laporan keuangan bisnis perusahaan yang lain menjadi tidak akurat.

Catatan arus kas dapat berfungsi untuk melakukan pengawasan terhadap potensi kecurangan dalam bisnis Anda.

Jika ada yang tidak sesuai antara laporan arus kas dengan jumlah uang saat ini, maka kemungkinannya hanya dua, kesalahan pencatatan atau kecurangan.

Setelah mengetahui apa saja jenis laporan keuangan, setidaknya kini Anda lebih tahu pentingnya memiliki laporan keuangan pada sebuah bisnis.

Dari laporan tersebut, akan menjadi acuan Anda dalam menentukan keputusan dan kebijakan.

Melalui laporan keuangan bisnis perusahaan, Anda juga dapat bertanggung jawab pada pihak ketiga seperti bank, investor, atau lembaga pajak.

Baca Juga : 5 Alasan Penting Menggunakan Aplikasi Keuangan untuk Bisnis

Gunakan Aplikasi Akuntansi Dengan Fitur Laporan Pembuat Keuangan Jurnal by Mekari

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jurnal By Mekari adalah salah satu software akuntansi yang akan permudah dan membantu Anda menyusun laporan keuangan secara mudah, cepat, dan akurat.

Terdapat berbagai fitur khusus yang mudah Anda gunakan walaupun tidak memiliki dasar ilmu Akuntansi yang baik.

Setelah membaca tulisan ini, Anda sekarang tahu kalau sebuah usaha harus memiliki software laporan keuangan perusahaan untuk memudahkan pencatatan transaksi yang terjadi untuk mengambil keputusan strategis. Dengan begitu, performa bisnis Anda dapat terjaga dengan baik.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo