Kreativitas adalah sebuah kondisi atau keadaan dimana Anda dapat menemukan ide-ide dan menerapkannya. Kenyataannya adalah sebagian orang jarang berada dalam kondisi tersebut.

Apakah kreativitas dapat diciptakan? Jawabannya Ya. Kita dapat berada dalam kondisi ini jika kita meluangkan waktu untuk itu. Lalu, bagaimana kita dapat menciptakannya?

Katakan Tidak! Anda Tidak Bisa!

Mulai menjadwalkan hal kreatif yang ingin Anda lakukan. Jika ada kegiatan mendadak yang mengambil waktu kreativitas Anda seperti pekerjaan lembur dari pimpinan, katakan tidak! Jawaban yang mudah bukan?

Waktu kreativitas Anda harus menjadi prioritas. Jika Anda terus mengubah jadwal kreativitas dan menaruhnya pada urutan paling bawah di daftar kegiatan Anda, tanpa disadari Anda sebenarnya tidak mementingkan kondisi tersebut. Hal ini bukan berarti Anda harus selalu mengatakan “tidak” pada pimpinan, teman, atau keluarga. Justru sebaliknya, mereka akan mengerti saat melihat kegiatan yang Anda lakukan.

Ingatan Anda akan mudah Pudar dibanding dengan setetes Tinta

Selalu membawa catatan

Apa yang Anda lakukan saat Anda berada di mobil, menunggu bis, atau di dalam elevator? Apakah Anda memeriksa media sosial, atau hanya mendengarkan musik? Waktu-waktu tersebut sebenarnya mewakili kondisi kreativitas yang kurang dimanfaatkan.

Bawalah buku catatan dimanapun Anda berada dan tulislah ide-ide yang muncul. Kita sering berkata, “Saya belum memikirkannya”. Padahal mungkin kita pernah memikirkannya, tetapi tidak pernah mencatatnya. Jangan berhenti pada satu ide. Teruslah pikirkanlah ide-ide yang lain.

Budaya menulis saat Anda memikirkan sebuah ide adalah hal yang baik untuk dilakukan. Ketika Anda memikirkan ide dan mencatatnya, ide Anda sedang tersalur ke dalam bentuk nyata.

Fokus pada saat ini

Berapa sering Hidup Anda dalam keadaan autopilot?

Kita sering terperangkap dalam rutinitas hingga tidak dapat berada dalam kreativitas. Kita sering mengerjakan hal yang sama setiap hari. Banyak orang berkata, “Saya dapat melakukannya dengan mata tertutup.”. Tanpa mereka sadari, ketika melakukannya dengan mata tertutup, mereka telah kehilangan penemuan tepat di depan mata mereka. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang berada di sekeliling kita merupakan kesempatan untuk berinovasi.

Coba lihat disekeliling Anda dan temukan sesuatu yang mengejutkan atau membuat Anda bingung. Tetaplah fokus pada hal tersebut. Tidak mudah untuk fokus pada saat seperti ini, apalagi saat tangan kita terasa gatal untuk menelusuri instagram. Tetapi justru melalui fokus pada saat seperti inilah kita dapat memanfaatkan kreativitas dengan baik.

Sumber:

Medium