Konsep dan prinsip akuntansi merupakan acuan yang digunakan untuk menyusun standar akuntansi yang kedepannya akan digunakan dalam proses akuntansi tersebut. Konsep sangat berpengaruh dalam proses akuntansi, karena didalamnya berupa rencana-rencana yang sudah ditetapkan untuk dilakukan secara konsisten. Di Indonesia, prinsip akuntansi telah diatur oleh Ikatan Akuntansi Indonesia, yaitu badan yang mengatur kebijakan akuntansi yang berlaku. Dengan menggunakan konsep dan prinsip akuntansi, maka terjadinya perbedaan atau permasalahan dalam menerapkan unsur-unsur akuntansi di dalam laporan keuangan dapat dihindari.

Secara umum, akuntansi dapat diartikan sebagai suatu seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan laporan keuangan yang akurat sehingga dapat dimanfaatkan oleh seorang manajer, pengambil kebijakan dan pihak yang berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur atau pemilik.

 

Fungsi Utama Akuntansi Bagi Perusahaan

Konsep & Prinsip Akuntansi Dasar untuk Pengusaha Pemula Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu bisnis atau perusahaan. Dari laporan akuntansi, maka dapat dilihat posisi keuangan suatu bisnis atau perusahaan serta perubahan yang terjadi didalamnya. Ada beberapa peran penting akuntansi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai pengontrol atau pengendali keuangan di dalam perusahaan. Di dalam kegiatan ekonomi khususnya di dunia bisnis, pengendalian merupakan faktor penting yang akan menentukan keberhasilan bisnis tersebut. Dengan adanya akuntansi, maka perusahaan akan mengetahui pengelolaan dana, berapa laba yang diperoleh, serta apakah ada kerugian dari aktivitas ekonomi.
  2. Akuntansi berperan sebagai media evaluasi perusahaan. Laporan-laporan akuntansi akan menunjukkan hasil perusahaan dalam periode-periode tertentu. Laporan-laporan akuntansi berisi informasi-informasi penting yang dapat menggambarkan kondisi keuangan perusahaan. Sehingga dari laporan tersebut, pimpinan perusahaan dapat mengevaluasi bisnis yang dijalankan sekaligus mengidentifikasi masalah-masalah keuangan yang sedang dihadapi.
  3. Akuntansi tidak hanya berperan sebagai pengontrol keuangan perusahaan atau sebagai media evaluasi. Namun akuntansi juga berperan penting di dalam perencanaan perusahaan di masa yang akan datang. Setelah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap laporan akuntansi keuangan, maka pimpinan perusahaan dapat memiliki gambaran atau tujuan bisnis yang ingin dicapai. Berdasarkan laporan akuntansi yang ada, maka pimpinan akan lebih mudah dalam melakukan perencanaan-perencanaan tertentu terkait masa depan perusahaannya.
  4. Akuntansi sebagai informasi penting yang digunakan untuk tujuan pengambilan keputusan, pengawasan dan implementasi keputusan-keputusan perusahaan.

 

Informasi Dalam Proses Akuntansi yang Harus Diperhatikan Pengusaha

Konsep & Prinsip Akuntansi Dasar untuk Pengusaha PemulaAgar data keuangan dapat dimanfaatkan secara baik oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan, maka data tersebut harus disusun dalam bentuk-bentuk yang sesuai. Informasi akuntansi dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Informasi Operasi, yang menyediakan data mentah bagi informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen. Biasanya terdapat pada perusahaan manufaktur meliputi informasi produksi, informasi pembelian dan pemakaian bahan baku, informasi penggajian, informasi penjualan, dan lain sebagainya.
  2. Informasi Akuntansi Manajemen, yang digunakan dalam 3 fungsi manajemen perencanaan, implementasi dan pengendalian. Biasanya dihasilkan oleh sistem pengolahan informasi keuangan yang disebut akuntansi manajemen.
  3. Informasi Akuntansi Keuangan, yang digunakan oleh manajer maupun pihak eksternal perusahaan. Tujuannya adalah untuk menyediakan informasi terkait posisi keuangan, kinerja serta perubahan keuangan perusahaan yang bermanfaat bagi sebagian besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

 

Konsep & Prinsip Dasar Akuntansi yang Harus Anda PahamiKonsep & Prinsip Akuntansi Dasar untuk Pengusaha Pemula

  1. Konsep Kesatuan Usaha, perusahaan sebagai suatu kesatuan ekonomi yang terpisah dari pihak yang berkepentingan dengan sumber-sumber perusahaan. Maksudnya, keuangan perusahaan terpisah dari pemilik, terpisah dari keuangan karyawan dan terpisah pula dari keuangan para direksi sehingga perusahaan dianggap sebagai satu kesatuan usaha.
  2. Konsep Harga Perolehan, setiap transaksi dari pembelian satu barang perlu dicatat sebesar harga perolehan tersebut. Misalnya, Anda membeli sebuah masih dengan harga Rp9.000.000,00 sebelum operasi masih diperlukan dengan biaya pemasangan Rp350.000,00. Maka harga perolehan menjadi Rp9.350.000,00. Nilai inilah yang akan dicatat di dalam akuntansi. Dengan harga perolehan, yaitu jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk memperoleh satu unit barang atau jasa dalam pertukaran hingga barang tersebut siap untuk digunakan.
  3. Konsep Kesinambungan, perusahaan dalam melakukan suatu kegiatan usahanya pasti berupaya untuk melaksanakan kegiatan perusahaan dengan secara berkesinambungan atau terus-menerus. Dalam sebuah bisnis, dibuat laporan keuangan perusahaan secara berkala yang dapat dibandingkan sehingga diperoleh informasi tentang kemajuan atau kemunduran bisnis tersebut. Dengan membandingkan laporan keuangan dari satu periode dengan periode yang lainnya, maka dapat diperoleh data yang pasti tentang naik turunnya pendapatan dan beban sebagai dasar dalam membuat suatu kebijakan untuk kemajuan suatu perusahaan.
  4. Konsep Pengukuran Dengan Uang, berarti seluruh informasi utama di dalam laporan keuangan itu diukur dengan satuan ukur uang. Karena uang telah umum digunakan sebagai pengukur aktiva, kewajiban perusahaan serta perubahannya.

Di dalam prinsip akuntansi terdapat hal-hal yang memuat tentang apa yang harus dilakukan serta apa yang tidak wajib untuk dilakukan. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai dasar untuk menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat. Oleh karena itu, sebagai pebisnis Anda dituntut untuk mengetahui apa saja yang menjadi prinsip dasar tersebut.

Gunakan bantuan software akuntansi online Jurnal untuk pengelolaan laporan keuangan bisnis secara lebih praktis dan cepat. Jurnal dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat diandalkan. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang Jurnal hanya di sini!