Jurnal Enterpreneur

Kiat Berbisnis Waralaba Agar Untung Besar

Bisnis waralaba adalah salah satu bentuk bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini, baik itu pebisnis pemula maupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Konsep bisnis waralaba ini memungkinkan seseorang yang memiliki modal materiil tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnisnya sendiri untuk memiliki sebuah usaha. Dengan cara membeli waralaba dari sebuah merek dagang yang sudah terkenal.

Namun banyak orang yang masih ragu untuk memulai usaha waralaba ini, dengan alasan yang beragam. Ada yang takut merugi, ada yang merasa tidak mampu dan takut bangkrut. Karena itu Anda perlu menerapkan beberapa strategi yang tepat untuk bisnis waralaba Anda. Berikut ini tips untuk Anda agar bisnis waralaba bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

1. Kenali Brand, Ketentuan Fee dan Sistem Franchise

Ketika akan memilih suatu waralaba, poin yang paling utama untuk dipertimbangkan adalah pembagian fee. Setiap franchisor memiliki aturan tersendiri dalam hal pembagian fee. Agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari, sebaiknya anda harus lebih teliti dalam mempelajari sistem pembagian fee tersebut. Pelajari juga, indikasi atau kemungkinan franchisor mengubah kebijakannya di waktu mendatang, karena biasanya, Franchisor akan melakukan evaluasi terhadap kebijakan pembagian royalty tersebut. Intinya, telitilah sebelum memutuskan untuk memilih jenis franchise yang nantinya akan anda jalani.

2. Lokasi yang Strategis

Sudah jelas, pemilihan lokasi yang strategis mampu mendatangkan lebih banyak konsumen. Walaupun tidak selalu harus di mal atau tempat publik lainnya. Anda dapat memilih lokasi yang ramai, dan tentu saja sesuai dengan target pasar. Cobalah untuk melihat dengan jeli target pasar di beberapa tempat seperti perkantoran, kampus, pasar, hingga rumah sakit. Tidak hanya mampu menjangkau lebih banyak konsumen, lokasi strategis juga dapat meningkatkan penjualan, sehingga omzet yang Anda dapatkan akan semakin besar.

3. Pastikan Izin Bisnis Waralaba

Poin yang harus dipertimbangkan selanjutnya adalah seputar izin usaha. Pastikan izin usaha yang dimiliki oleh bisnis tersebut jelas dan produk yang dihasilkan dapat dipertanggung jawabkan. Jangan sampai Anda salah pilih sehingga bisnis yang Anda kembangkan harus gulung tikar karena tersangkut masalah hukum. Oleh karena itu izin usaha menjadi salah satu poin yang terpenting dalam bisnis waralaba ini.

4. Pilih Waralaba yang Banyak dicari Konsumen

Apabila suatu jenis produk atau barang disukai banyak orang, tentunya hal tersebut bagus untuk bisnis Anda. Usaha waralaba yang paling banyak dicari oleh konsumen untuk saat ini adalah usaha waralaba kuliner. Hampir di setiap sudut kota pasti terdapat usaha kuliner ini. Anda juga harus melakukan survey atau pengamatan dengan cara melihat langsung usaha waralaba yang akan Anda jalankan tersebut.

5. Pelatihan Karyawan dan Kualitas Produk

Anda harus selalu memperhatikan kualitas dan mutu dari produk waralaba sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh franchisor. Selain itu juga berikan pembinaan dan pengawasan terhadap karyawan Anda. Agar kualitas dan mutu produk waralaba Anda tetap terjaga. Karena dua poin tersebut sangat penting untuk keberlangsungan bisnis waralaba Anda.

Banyak hal yang mempengaruhi bisnis dan mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi suatu barang. Kebanyakan konsumen tidak memperdulikan lagi tentang harga karena kualitas sekarang adalah hal yang paling utama. Karena kualitas akan dikenal lewat brand yang sudah diakui oleh suatu masyarakat atau komunitas. Oleh karena itu bisnis waralaba sangat populer di Indonesia. Selain beberapa poin diatas, Anda juga memerlukan aplikasi pembukuan yang tepat seperti Jurnal, untuk memudahkan Anda dalam mengontrol pengelolaan keuangan bisnis waralaba ini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo