Kemudahan Aplikasi Akuntansi bagi UKM saat Krisis Jelang Lebaran

Melewati kondisi krisis ekonomi merupakan pekerjaan yang tak mudah bagi setiap pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Terlebih lagi, persaingan bisnis di Indonesia semakin lama semakin ketat.

Demi bertahan di tengah krisis akibat Virus Corona atau COVID-19 sekaligus persaingan bisnis UKM yang ketat, pelaku usaha perlu menyusun laporan keuangan dan memantau laporan tersebut. Nantinya, laporan keuangan tentu akan berfungsi sebagai bahan evaluasi sekaligus acuan untuk menentukan keputusan bisnis di masa mendatang.

Aplikasi akuntansi seperti Jurnal by Mekari bisa menjadi solusinya. 

Laporan keuangan juga berfungsi sebagai sarana informasi. Jadi, Anda hanya perlu melakukan analisa bisnis UKM berdasarkan laporan keuangan dan tidak perlu ke lapangan berulang kali untuk mengetahui situasi serta kondisi perusahaan. Untuk menyusun dan memantau laporan keuangan secara efektif dan efisien, Anda sebaiknya memanfaatkan teknologi aplikasi akuntansi keuangan yang tersedia di era digital saat ini. 

Note : Baca artikel Lima Sektor Bisnis Booming saat New Normal Datang

Jurnal software akuntansi UKM

Aplikasi Akuntansi Online 

Untuk membantu bisnis di situasi krisis, Anda perlu memanfaatkan teknologi berupa aplikasi akuntansi online untuk memonitor kondisi keuangan secara akurat dan cepat agar dapat menentukan strategi bisnis yang tepat dalam waktu singkat. 

Pada dasarnya, kondisi ekonomi yang tak menentu bisa menimbulkan kekhawatiran dalam proses bisnis. Terutama dengan kondisi pendapatan yang berpotensi menurun, dan beban usaha malah membengkak.

Apalagi kalau harga bahan baku produksi ikut melonjak, sementara ketersediaan stok barang malah minim.  Untuk itu, Anda dituntut untuk memantau performa bisnis secara real time .

Software akuntansi online Jurnal bisa menjadi salah satu pilihan di antara aplikasi akuntansi lain. Melalui Jurnal, Anda dapat membuat lebih dari 38 laporan keuangan secara otomatis dan akurat.

Note : Baca artikel 5 Langkah Atur Ulang Keuangan Bisnis Jelang New Normal

Piranti lunak ini juga membuat Anda mampu menyusun beragam jenis laporan seperti laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal. Terdapat pula fitur untuk mendata penjualan, pembelian, dan penagihan. 

Jurnal menyediakan beragam fitur unggulan antara lain, tampilan dashboard bisnis dengan data real time, modul penjualan dan pembelian, pengelolaan inventori, rekonsiliasi bank, integrasi bisnis, pengelolaan aset, dan pengelolaan pajak. 

Di dalam Jurnal, Anda bisa mengelola faktur atau invoice dengan mudah dilengkapi 11 pilihan desain profesional. Khusus inventori, Anda dapat mengelola stok barang secara mobile, bahkan dengan multi gudang. Rekonsiliasi semua transaksi dengan data akun bank bisnis menjadi keunggulan lain. 

Hal terpenting, Anda dapat memantau performa bisnis secara instan langsung dari aplikasi mobile. Pasalnya, Jurnal tak hanya bisa dipakai dengan perangkat komputer dan laptop, tetapi juga smartphone

Note : Jangan dulu keluar, baca artikel terbaik kami Ini 5 Sektor Bisnis Tahan Krisis saat Pandemi COVID-19

Sebagai pelaku usaha kecil dan menengah, Anda dapat menggunakan Jurnal tanpa perlu mahir akuntansi. Pasalnya, software Jurnal dirancang agar mudah dimengerti oleh siapapun. Anda hanya perlu mengerti bahasa bisnis sehari-hari seperti jual-beli, biaya dan catatan uang.   

Sebagai software akuntansi online, Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum lewat program #UKMtahankrisis.

CTA Jurnal


PUBLISHED18 May 2020
Lavinda
Lavinda

SHARE THIS ARTICLE: