Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang masih baru, mungkin terdengar sulit bagi Anda untuk membagi waktu antara proses akuntansi dengan pembukuan serta administrasi. Ditengah kesibukan Anda mengurus pemasaran dan produksi demi perkembangan bisnis, akuntansi mampu memberikan gambaran yang jelas terkait perkembangan bisnis. Anda tidak akan mengerti seberapa baik bisnis Anda tanpa mengetahui proses akuntansi yang sedang berjalan.

Mengapa Pembukuan yang Tepat Penting Bagi Kesuksesan Bisnis

Merekrut akuntan yang ideal merupakan keputusan yang penting dalam mengontrol dan mengembangkan bisnis yang sukses. Salah satu tugas terpenting mereka adalah membuat anggaran untuk perusahaan. Anggaran adalah perkiraan biaya dan pendapatan perusahaan dalam satu periode tertentu di waktu mendatang. (misalkan dalam jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dll). Hal ini krusial bagi pemilik bisnis dalam menyiapkan anggarannya secara berjangka untuk:

  • Pengelolaan arus kas yang lebih baik dan terkontrol.
  • Membantu alokasi aset perusahaan, seusai dengan prioritas dan aktivitas perusahaan.
  • Menentukan target yang harus diraih dalam hal pendapatan dan keuntungan perusahaan.

Ditambah, Anda harus mengulas performa perusahaan sebagai seorang pemilik bisnis. Apakah ada ruang yang dapat diperbaiki demi performa perusahaan yang lebih baik.

Keuntungan Dalam Mengulas Laporan Keuangan Perusahaan

Hal ini sangat penting untuk melakukan ulasan pada laporan keuangan bisnis Anda. Setidaknya 4 bulan sekali bersama dengan akuntan Anda, agar:

  • Menentukan apakah bisnis Anda sedang dalam keadaan untung atau rugi.
  • Mengidentifikasi ruang untuk perbaikan dalam menigkatkan performa perusahaan
  • Secara aktif mencari potensi pemangkasan biaya dalam aktivitas bisnis dan perusahaan.
  • Membandingkan keadaan finansial dengan kompetitor Anda, memastikan apakah performa bisnis telah sesuai dengan target/belum.

Mengapa Anda harus mempertimbangkan akuntansi pada bisnis Anda? Tidak peduli jika bisnis Anda besar, menengah, atau kecil, sangat penting untuk berpegang erat dengan akuntansi. Jika Anda menunggu sampai saat terakhir untuk membuat laporan keuangan, Anda mungkin menemukan beberapa kehilangan data yang telat disadari. Kita semua memiliki prioritas ketika menjalankan bisnis. Sebagian besar memilih fokus pada menghasilkan pendapatan. Ini memang masuk akal, tetapi tanpa kesadaran finansial yang baik, kita tidak bisa menghabiskan uang begitu saja mengingat adanya risiko gagal dalam bisnis.

Pentingnya Aksesbilitas Dalam Mengorganisir Pembukuan dan Proses Akuntansi

Aksesibilitas memberikan pebisnis kemampuan untuk mengawasi keadaan finansial dan pekerjaan lainnya dari manapun hanya dengan menggunakan koneksi Wi-Fi atau internet, bahkan melalui mobile device ataupun tablet. Sederhananya, Anda dapat melakukan transisi dari komputer kantor ke sistem cloud dan menumbuhkan integrasi serta kerjasama dalam perusahaan yang efektif dan efisien.

Selain itu, fleksibilitas memberikan Anda kebebasan untuk menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah, atau di mana saja. Anda akan memiliki gambaran yang up-to-date tentang bagaimana bisnis Anda berjalan, tidak peduli di mana Anda berada. Dengan software akuntansi cloud, Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, dari mana saja di dunia. Dan ketika data Anda sangat mudah untuk diakses, segala kemungkinan bisa terjadi.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.
Author