Jurnal Enterpreneur

Kelola dan Monitor Penagihan Lebih Praktis dengan Jurnal Pay

Bukan rahasia umum, kinerja arus kas merupakan salah satu komponen penting bagi kelangsungan bisnis sebuah perusahaan. Pelaku usaha perlu mengelola dan memonitor kondisi arus kas bisnis secara berkala.

Guna menjaga kondisi arus kas yang baik, Anda perlu memastikan aktivitas penagihan piutang usaha berjalan lancar. Kendati demikian, Anda tentu sering menghadapi persoalan terkait sulitnya mengelola dan memonitor aktivitas penagihan, terlebih jika jumlah transaksi bisnis per harinya sangat tinggi.

Selama ini, sebagian besar pengusaha masih menggunakan cara-cara manual dengan mengirim faktur (invoice) kepada pelanggan. Padahal, cara yang konvensional tentu menghabiskan waktu dan memiliki sejumlah risiko.

Dengan cara manual, Anda biasanya menghadapi risiko kesalahan menginput data. Anda juga sulit memantau pelanggan yang sudah membayar tagihan atau belum, terlebih ketika pelanggan melakukan pembayaran dengan beragam jenis transaksi.

Kerumitan lain muncul ketika Anda harus melakukan rekonsiliasi manual atas tagihan yang sudah dibayar satu per satu ke dalam pembukuan internal perusahaan.

Kesulitan-kesulitan itu bisa lenyap seketika jika Anda memilih menggunakan fitur Jurnal Pay yang tersedia pada software akuntansi Indonesia online Jurnal by Mekari.

Jurnal Pay

Apa itu Jurnal Pay?

Jurnal Pay merupakan aplikasi tambahan (add-ons) yang memudahkan Anda untuk menerima pembayaran dari pelanggan, baik melalui transfer bank dengan konfirmasi manual (manual confirmation), transfer bank (virtual account), kartu kredit, maupun pembayaran elektronik.

Jurnal Pay dapat disebut dengan sistem pembayaran yang terintegrasi dengan sistem penagihan dan pembukuan yang terdapat dalam Jurnal. Jadi, pembayaran yang telah diterima dari pelanggan akan tercatat dalam pembukuan Jurnal secara otomatis.

Dengan menggunakan Jurnal Pay, Anda bisa mengirim invoice secara digital kepada klien, dan memantau pembayaran dalam daftar invoice. Tak hanya itu, pelanggan juga bisa langsung melakukan pembayaran melalui berbagai metode pembayaran. Bahkan, dana yang dibayarkan dapat dicairkan secara otomatis ke dalam rekening bank.

Bagaimana Jurnal Pay Memberi Solusi?

Ketika pelanggan melakukan pembayaran, maka laporan tersebut akan terekonsiliasi dengan akun bank secara otomatis. Pembayaran tersebut juga akan tercatat ke dalam pembukuan internal.

Jurnal Pay juga dapat digunakan juga untuk mengirimkan dan menerima pembayaran dari faktur proforma. Nantinya, proses awal pengiriman faktur proforma sampai pembukuan akhir hanya membutuhkan sedikit pengawasan manual.

Dengan demikian, Anda tidak perlu kerepotan mengelola penagihan dan pembukuan transaksi dalam jumlah yang besar.

Cara Kerja Jurnal Pay

Jurnal Pay juga dapat memudahkan penagihan ke pelanggan secara online. Anda cukup mengirimkan faktur ke email secara langsung. Anda bahkan bisa melengkapi email tersebut dengan link yang langsung mengarahkan pelanggan ke halaman pembayaran.

Anda akan memperoleh email pemberitahuan saat pelanggan berhasil melakukan pembayaran. Nantinya, status sistem Jurnal bisa langsung mencatat transaksi tersebut secara otomatis sehingga dapat dianggap lunas.

Tak hanya itu, Anda juga akan menerima pencarian dana dari transaksi pelanggan secara langsung dengan cepat dan mudah. Status pencairan dana akan tercantum di dalam dashboard secara otomatis.

Jurnal Pay memastikan Anda memperoleh pembayaran dari pelanggan yang melakukan transaksi dengan lebih cepat. Maka itu, mulai coba Jurnal Pay sekarang!

 

Kategori : Produk

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo