Di era digital seperti saat ini, banyak pemilik bisnis yang mulai beralih menggunakan teknologi untuk menjalankan bisnis lebih efektif dan efisien. Salah satu teknologi yang digunakan adalah software akuntansi online. Dengan software akuntansi online, segala proses pembukuan, mulai dari membuat laporan keuangan hingga memonitor kondisi keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Namun, memilih software akuntansi online tidaklah sembarangan, Anda harus memahami betul apa kebutuhan bisnis dan bagaimana software tersebut dapat membantu Anda. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari kelengkapan fitur, keamanan, layanan, hingga harga yang terjangkau. Bagi Anda yang sedang mencari software akuntansi online berbasis cloud pasti sudah tidak asing lagi dengan software Jurnal dan Accurate. Tapi tahukah mana yang terbaik bagi bisnis dan sesuai kebutuhan Anda?

User Interface

Banyak pemilik usaha yang tidak memahami akuntansi. Oleh karena itu, memilih software akuntansi dengan tampilan yang mudah dipahami dan diaplikasikan oleh pengguna menjadi hal penting. Dengan begitu, pengguna software dapat menggunakannya dengan lebih efisien agar lebih mudah dimengerti. Lalu bagaimana interface Jurnal dan Accurate?

Jurnal memiliki user interface yang lebih mudah dipahami. Anda juga dapat memilih laporan disajikan secara grafik ataupun tabel.

 

Jurnal memiliki user interface dan tampilan yang sederhana. Sehingga mempermudah sinergi kerja antara saya, bagian gudang, mekanis, dan juga keuangan; sehingga komitmen kami kepada pelanggan dapat terpenuhi.

Regi Anggoro, COO After Hour Turning Garage

Fitur

Hal pertama yang terpenting dalam memilih software akuntansi online adalah kelengkapan fiturnya. Apakah software tersebut sudah memenuhi kebutuhan bisnis Anda? Apakah semua fiturnya berguna dan dapat Anda gunakan? Di bawah ini adalah perbandingan fitur Jurnal dan Accurate yang harus Anda ketahui.

Kedua software ini sama-sama memiliki fitur standar akuntansi yang dibutuhkan bisnis, seperti membuat invoice, mengelola stok barang dan gudang, aset perusahaan, utang-piutang, penjualan-pembelian, biaya, dan masih banyak lagi.

 

Hanya software akuntansi Jurnal yang menyediakan 11 template invoice yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Anda juga bisa menambahkan logo perusahaan agar invoice terlihat lebih profesional.

 

Kedua software ini memiliki laporan keuangan yang lengkap. Mulai dari neraca, laba-rugi, perubahan modal, arus kas, dan sebagainya. Bedanya, Jurnal menyajikan laporan keuangan dengan tampilan yang mudah dipahami meski oleh orang awam.

 

Hanya software akuntansi Jurnal yang memiliki fitur laporan konsolidasi. Di mana, Anda dapat membuat laporan gabungan dari beberapa perusahaan. Anda juga dapat melihat dan mengambil laporan per proyek dengan fitur tagging.

 

Keduanya memiliki Faktur Pajak yang membantu menghitung besaran pajak dari setiap transaksi. Mulai dari PPN, PPh 23, PPh Final, dan sebagainya. Sehingga Anda tidak perlu menghitung pajak manual, dan laporan pajak menjadi lebih akurat.

 

Hanya di Jurnal, Anda bisa mendapatkan pembayaran online melalui fitur Jurnal Pay. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mengecek pembayaran satu per satu. Anda akan mendapatkan notifikasi ketika pelanggan telah melakukan pembayaran.

 

Jurnal dan Accurate sama-sama bisa membantu rekonsiliasi. Bedanya, Jurnal melakukan proses rekonsiliasi otomatis tanpa perlu menarik mutasi rekening secara manual. Sedangkan, rekonsiliasi Accurate perlu dilakukan manual.

 

Fitur ini membantu Anda ketika ingin membuat produk gabungan yang terdiri dari kepala dan sub produk. Misalnya, Anda ingin menjual produk handphone yang dibundel dengan kartu sim beserta anti gores ataupun hardcase.

“Jurnal membantu kami memonitor setiap kegiatan dan profit setiap cabang. Jurnal juga mempermudah tim kami dalam proses penarikan data, kapan saja dan di mana saja.”

Sandy Priatna – Managing Director ShareTea Indonesia

Layanan

Software akuntansi tidak cukup jika hanya memiliki fitur lengkap tanpa dibarengi layanan yang baik. Karena itulah, layanan menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Misalnya saja, ketika di kemudian hari Anda menemukan terjadi masalah dalam penggunaan, apakah mereka bisa membantu Anda menemukan solusi dengan tepat? Berapa lama Anda bisa mendapatkan jawaban atas masalah tersebut?

Implementasi

Tim Jurnal akan mengunjungi Anda untuk membantu proses implementasi secara gratis. Sedangkan, Accurate akan mengenakan biaya implementasi.

Training

Jurnal memberikan training gratis setiap minggu untuk membantu penggunaan software. Sedangkan, Accurate mengenakan biaya training.

Live Chat

Jurnal memiliki tim support yang siap membantu permasalahan lebih cepat.  Sedangkan Accurate tidak memiliki fitur Live Chat.

Artikel & Video Tutorial

Jurnal dan Accurate memiliki artikel dan video tutorial yang memandu Anda dalam menjalankan bisnis dan menggunakan software tersebut.

Jurnal memiliki tim support yang tanggap dan mendukung penggunaan Jurnal jadi jauh lebih mudah. Hal ini yang membuat saya beralih ke Jurnal.”

Juliansyah Shariati – Owner PT Teras Ide Mice

Keamanan

Pernahkah terbayang bagaimana jika data bisnis dan perusahaan Anda diketahui oleh orang lain yang tidak memiliki wewenang? Hal ini tentu merugikan bisnis Anda. Karena itulah, penting bagi Anda memilih software akuntansi yang menjamin keamanan data. Di antara Jurnal dan Accurate, hanya Jurnal software akuntansi yang telah tersertifikasi ISO 27001 dan menjamin seluruh keuangan Anda tersimpan dengan aman.

Apa itu ISO/IEC 27001?

Sertifikasi ISO/IEC 27001 Jurnal, diberikan oleh Grup British Standards Institution (BSI) yang merupakan badan standarisasi Inggris, yang bekerja sama dengan Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan ANSI-ASQ National Accreditation Board (ANAB).

Poin Utama standar ISO/IEC 27001

 

Klasifikasi informasi

telah diklasifikasikan dan dilabelkan mengikuti konsep CIA, yaitu: Confidentiality (kerahasiaan), Integrity (integritas), dan Availability (ketersediaan).

Pemisahan otoritas

Tiap orang memiliki kewajiban dan wewenang sehingga secara sistem orang yang tidak memiliki wewenang tidak dapat diakses, sehingga mengurangi risiko kecurangan.

Pencatatan akses

Kegiatan yang dilakukan dalam sistem akan selalu tercatat dan dimonitor, sehingga semua kegiatan yang berhubungan dengan informasi tersebut dapat dilacak.

Sumber daya cadangan

Memastikan bahwa organisasi memiliki sumber daya cadangan yang cukup untuk memastikan bahwa sistem akan selalu berjalan sesuai dengan komitmen yang tertulis di halaman syarat & ketentuan.

Penanganan risiko

Memastikan bahwa setiap risiko yang dapat menimbulkan kerugian baik secara uang, waktu, dan reputasi terhadap organisasi untuk diketahui dan dicegah agar tidak terjadi.

 

Kerja Sama & Integrasi

Integrasi membantu menghubungkan software akuntansi Anda dengan aplikasi atau hal lainnya yang berkaitan. Hal ini tentu akan mempermudah Anda dalam menjalankan dan mengelola bisnis. Selain memiliki fitur lengkap, Jurnal juga telah bekerja sama dengan beberapa aplikasi, bank, dan konsultan keuangan.

 

“Jurnal memiliki Jurnal Touch dan pilihan integrasi POS yang beragam semakin mempermudah proses bisnis retail yang saya jalankan.”

Dimas – Owner Triple Three Reload

Harga

Sebelum memilih software akuntansi, selain memerhatikan fitur dan kebutuhan bisnis, Anda juga harus memerhatikan harga yang software yang Anda pilih sesuai dengan anggaran perusahaan. Selain itu, pastikan juga harga tersebut merupakan harga netto atau tidak ada biaya tambahan lainnya.

harga jurnal

 

Pilihan Anda jatuh pada Jurnal? Migrasi software Anda ke Jurnal sekarang!

Jurnal akan membantu Anda melakukan migrasi data dari software lama Anda ke Jurnal tanpa biaya tambahan. Migrasi ke Jurnal sekarang dan dapatkan penawaran spesialnya di sini.