Jurnal Enterpreneur

Jenis & Perhitungan Pajak Penghasilan Badan untuk Bisnis Anda

Menurut salah satu artikel Klikpajak, pajak penghasilan adalah pajak yang dikenakan atas penghasilan bisnis di mana penghasilan yang dimaksud adalah setiap penambahan kemampuan ekonomis yang diterima.

Yang termasuk ke dalam badan usaha di Indonesia adalah Koperasi, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Perjan, Perum, Persero, BUMS (Badan Usaha Milik Swasta), perusahaan persekutuan, firma, persekutuan komanditer, perseroan terbatas, dan yayasan.setiap badan usaha yang telah resmi berdiri wajib dikenakan pajak penghasilan badan. 

Note: Apa itu pajak penghasilan Pph 21? Siapa saja pesertanya? Berapa tarifnya? Baca artikel Pengertian, Peserta Wajib Pajak dan Tarif Pajak Pph 21

Jenis Penghasilan yang Kena Pajak Penghasilan Badan

debt of equity ratio

Pajak penghasilan menjadi bagian penting dari sebuah bisnis dan menjadi pemilik bisnis. Pajak penghasilan badan adalah pajak negara yang dikenakan atas penghasilan dari suatu perusahaan. Penghasilan yang dimaksud adalah setiap adanya penambahan kemampuan ekonomis yang diterima oleh wajib pajak badan usaha.

Objek utama yang menjadi target pajak penghasilan badan adalah penghasilan dari badan tersebut. Setiap tambahan kemampuan ekonomis akan dikenakan pajak penghasilan badan. Tetapi ada juga jenis penghasilan yang menjadi objek pajak penghasilan badan meskipun tidak berasal dari penghasilan badan itu sendiri, yaitu:

  1. Bantuan atau Sumbangan dari Perusahaan

    Termasuk juga di dalamnya adalah zakat dan bentuk sumbangan keagamaan lainnya yang ketentuannya sudah diatur berdasarkan peraturan pemerintah yang ada.

  2. Dana Hibah Perusahaan

    Dana hibah yang diberikan perusahaan juga termasuk ke dalam objek pajak penghasilan badan. Harta hibah yang ketentuannya telah diatur oleh pemerintah wajib menaati peraturan pajak penghasilan badan.

  3. Warisan

    Warisan juga salah satu objek pajak penghasilan badan berdasarkan peraturan pemerintah yang telah ditetapkan.

  4. Penggantian atau Imbalan

    Yang dimaksud dengan penggantian atau imbalan di sini adalah yang berhubungan dengan pekerjaan. Baik dalam bentuk natura ataupun dalam bentuk kenikmatan yang digunakan oleh wajib pajak tersebut. 

  5. Setoran Tunai

    Harta dalam bentuk setoran tunai yang diterima oleh perusahaan dan dipergunakan sebagai pengganti modal atau pengganti saham juga menjadi objek pajak penghasilan badan berdasarkan peraturan pemerintah.

  6. Penghasilan Lainnya

    Penghasilan lain yang juga tertera dalam peraturan undang-undang pajak penghasilan.

Pada umumnya, perhitungan tarif pajak penghasilan badan adalah 25% dari Penghasilan Kena Pajak. Jumlah ini telah diatur dalam peraturan pajak sehingga setiap badan usaha wajib mematuhi dan dengan cermat menghitung pajak yang harus dibayarkan agar menjadi badan usaha yang patuh terhadap peraturan wajib pajak badan usaha.

Contoh Perhitungan Pajak Penghasilan Badan

Dibawah ini adalah rumus dan contoh cara menghitung pajak penghasilan badan:

Di tahun 2019, PT SN memiliki penghasilan kotor senilai Rp 2 Miliar.

Maka besar pajak penghasilan dari PT SN adalah:

50% x 25% x Rp5 Miliar = Rp625 juta

Ternyata selama periode tahun 2019, PT SN telah menyetor pajak penghasilan karyawan kepada negara sejumlah  Rp100 juta dan pajak PPh Pasal 23 sebesar Rp200 juta. Maka, pajak penghasilan terutang PT SN adalah :

Rp 625 juta – Rp 100 juta – Rp 200 juta = Rp 325 juta

Rp 325 Juta adalah angka yang bisa dicicil oleh PT SN kepada negara atas penghasilan Badan Usaha di tahun 2019.

Jumlah yang tertera diatas merupakan sisa pajak yang harus dibayar PT SN kepada Kas Negara. Pajak ini tentu saja bisa dibayarkan dengan cara dicicil dengan meminta persetujuan dari kantor pajak setempat terlebih dahulu.

Bagi Anda yang memiliki usaha, menghitung pajak badan usaha memang memusingkan terlebih jika perusahaan tidak memiliki pencatatan akuntansi yang baik. 

Padahal, pencatatan yang baik berpengaruh pada estimasi serta perencanaan pembayaran pajak bisnis di kemudian hari.

Maka dari itu, Anda dapat menggunakan Jurnal sebagai alat otomasi mengelola pajak Anda secara online. Segera daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial Jurnal selama 14 hari.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo