Yogya, wilayah dengan sejuta potensi baik dari alam maupun manusianya. Provinsi kecil ini  juga terkenal dengan pariwisata dan predikatnya sebagai kota pelajar. Dari sejarahnya Yogya menyimpan banyak makanan khas serta jajanan yang cukup terkenal. Setiap makanan khas di kota ini terkenal memiliki bumbu dan cita rasa lezatnya. Keunikan dan ciri khas makanan serta begitu banyaknya pendatang, bisa Anda manfaatkan sebagai peluang untuk berbisnis makanan Yogya. Apalagi dengan kebiasaan para wisatawan yang tidak boleh melewatkan makanan khas daerah yang dikunjunginya. Ini membuat peluang bisnis makanan di kota ini semakin terbuka lebar dan menjanjikan. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis makanan di Yogta atau belum mengetahui jenis makanan apa saja yang dapat dikembangkan untuk meraup keuntungan, berikut pilihan jenis makanan yang bisa menjadi inspirasi bisnis bagi Anda.

Gudeg

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner Khas YogyakartaGudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang sangat terkenal. Terbuat dari nangka muda yang dimasak berjam-jam dengan bumbu dan santan. Gudeg biasanya disantap dengan nasi dan dilengkapi dengan ayam kampung, tahu, tempe, sambal krecek, dan areh (kuah santan kental). Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke Yogya tanpa menikmati sajian yang satu ini. Warung gudeg selalu dipenuhi oleh rombongan wisatawan dan peminatnya tidak pernah berkurang sejak dahulu kala. Banyaknya peminat ini membuat bisnis gudeg bisa dijadikan salah satu ide untuk berwirausaha. Gudeg terkenal dengan rasanya yang manis. Akan tetapi, Anda bisa berkreasi dengan rasa untuk menyesuaikan dengan lidah para wisatawan agar menarik lebih banyak pelanggan. Selain gudeg yang disajikan langsung, Anda juga bisa memproduksi gudeg instan yang dapat dijadikan oleh-oleh.

 

Oseng Mercon

9 Jenis Kuliner yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis di YogyaSeperti namanya, kuliner ini terkenal dengan cita rasa pedas yang meledak di mulut. Olahan tetelan daging sapi, kikil, gajih, kulit, atau tulang muda sapi ini dicampur dengan cabe rawit dalam jumlah yang banyak untuk menciptkan rasa pedas. Dengan semakin banyaknya penikmat kuliner pedas akhir-akhir ini, membuat nama oseng mercon semakin terkenal dan banyak dicari. Oseng mercon cukup mudah dibuat dan menggunakan modal yang tidak terlalu banyak sehingga cocok untuk Anda yang ingin memulai berbisnis makanan di Yogya.

 

Ingkung

9 Jenis Kuliner yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis di YogyaIngkung adalah makanan berupa ayam kampung utuh yang dimasak dengan bumbu khas dan juga santan. Makanan ini memiliki filosofi tersendiri dan digunakan sebagai pelengkap dalam sesajen dalam tradisi Jawa. Namun kini ingkung tidak hanya bisa dinikmati pada acara-acara besar dan sakral saja. Ingkung sudah bisa dinikmati secara bebas dan mudah didapatkan di warung-warung di daerah Jawa khususnya Yogyakarta. Peminatnya pun cukup banyak. Oleh karena itu menjual ingkung bisa dijadikan pilihan jika Anda ingin berbisnis makanan di Yogya.

 

Kopi Joss

Salah satu minuman unik yang menjadi ciri khas Yogyakarta adalah kopi joss. Penyajian kopi joss berbeda dibandingkan dengan kopi-kopi lainnya. Sebelum dihidangkan kepada pelanggan, seduhan kopi ditambahkan arang panas yang telah diketuk perlahan untuk menghilangkan debunya. Arang di sini mempunyai banyak manfaat salah satunya sebagai pengikat racun. Keunikan dari kopi joss telah dikenal cukup luas oleh masyarakat baik lokal Yogya, wisatawan domestik hingga mancanegara. Karena manfaatnya kopi ini pun bisa dinikmati oleh berbagai kalangan bahkan yang tidak biasa meminum kopi. Untuk Anda yang ingin berbisnis kuliner tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk membuka usaha kopi.

 

Sate Klatak

Sate klatak menjadi makanan khas Yogya berikutnya yang cocok sekali dijadikan ide untuk membuat usaha makanan. Seperti kopi joss, sate klatak juga mempunyai keunikan sendiri yang sudah terkenal hingga ke luar daerah. Jika sate lainnya dimasak dengan menggunakan tusuk lidi atau bambu, maka sate klatak dimasak menggunakan jeruji sepeda. Penggunaan jeruji sepeda ini berguna untuk menyalurkan panas ke bagian dalam daging sehingga matang lebih merata.

 

Angkringan

9 Jenis Kuliner yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis di YogyaPeluang usaha makanan lain yang bisa Anda coba adalah angkringan. Angkringan biasanya menjual nasi kucing (nasi dengan porsi yang kecil), gorengan, berbagai jenis sate, serta berbagai minuman hangat. Menu-menu di dalam angkringan cukup mudah untuk dibuat. Meskipun hidangan yang dijual sederhana, para wisatawan yang berkunjung ke Yogya kerap kali menjadikan angkringan sebagai tujuan kulinernya. Menu dan harga yang diberikan pun membuat angkringan diminati oleh mahasiswa yang memadati Yogya. Begitu juga dengan warga lokal yang sudah akrab dengan warung kecil ini. Untuk menarik lebih banyak pelanggan, Anda bisa menyajikan lebih banyak variasi makanan atau mendekorasi angkringan agar terlihat lebih menarik.

 

Bakmi Jawa

9 Jenis Kuliner yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis di YogyaBakmi jawa adalah sajian bakmi yang diolah dengan bumbu khas jawa dan dimasak di atas arang.  Makanan berkuah satu ini biasanya berwarna putih dan menjadi ciri khasnya. Bakmi jenis ini terlihat berbeda dengan bakmi pada umumnya sehingga kerap dicari para pendatang yang ada di Yogya. Bakmi jawa menjadi bisnis yang potensial karena dinikmati oleh semua kalangan, baik itu muda dan tua, wisatawan ataupun mahasiswa.

 

Ayam Geprek

9 Jenis Kuliner yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis di YogyaMakanan yang bisa menjadi ide usaha di Yogya lainnya adalah ayam geprek. Ayam geprek menjadi makanan yang diminati karena rasanya yang pedas dan asin. Sajian khas Yogyakarta ini biasanya memiliki rasa manis atau manis pedas. Untuk pendatang yang tidak terlalu menyukai rasa tersebut biasanya akan mencari ayam geprek sebagai alternatif untuk dijadikan santapan. Renyahnya ayam berpadu dengan gurih asin pedasnya sambal membuat makanan ini banyak digemari. Ini mengapa peluang berbisnis ayam geprek terbuka cukup lebar.

 

Bakpia

9 Jenis Kuliner yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis di YogyaSelain makanan yang siap dinikmati, Yogya juga memiliki makanan oleh-oleh yang cukup menguntungkan jika dijadikan bisnis, yakni bakpia. Penggemar bakpia khas Yogya memang tidak pernah ada habisnya, terutama ketika musim liburan telah tiba. Orang-orang rela mengantri bahkan sejak pagi hari. Bakpia Yogya ini cukup berbeda karena memiliki kulit luar yang tipis dan isian yang penuh. Ini yang membuat rasa bakpia Yogya lebih legit dibandingkan jenis bakpia lainnya.

Itu tadi beberapa jenis sajian yang dapat dikembangkan ketika Anda mempertimbangkan untuk membuka bisnis makanan di Yogya. Umumnya makanan yang digemari adalah makanan yang mempunyai keunikan, bumbu khas serta kelezatan yang berbeda di bandingkan makanan lainnya. Walaupun begitu, Anda tetap bisa memberikan sedikit inovasi rasa untuk menyesuaikan lidah pelanggan.

Selain jenis sajian dan cita rasa, Anda dituntut untuk memperhatikan hal penting lain dalam pengembangan bisnis makanan Anda. Di antaranya adalah modal, target pasar, lingkungan, risiko, hingga legalitas. Temukan peluang yang paling cocok bagi Anda. Konsultasikan dengan para konsultan profesional secara gratis hanya di Jurnal. Anda akan mendapatkan strategi yang paling efisien untuk meningkatkan omzet bisnis. Selain itu, konsultasi tatap muka langsung di Jurnal akan menjaga informasi sensitif Anda tetap rahasia. Tunggu apalagi, konsultasikan sekarang hanya di sini.

Author