Jurnal Enterpreneur

Jenis-Jenis Opini pada Audit Laporan Keuangan

Audit adalah pemeriksaan, dalam arti luas bermakna evaluasi, terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit laporan keuangan adalah pemeriksaan terhadap laporan keuangan. Hal ini wajar dilakukan karena diperlukan untuk menyatakan kewajaran atas laporan keuangan, dalam semua hal material, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku.

Seseorang biasanya akan menggunakan jasa yang terpercaya dan kompeten untuk melaksanakan audit yang disebut auditor. Terdapat beberapa tipe-tipe auditor dan jenis opini yang dihasilkan oleh audit laporan keuangan.

Tipe-Tipe Audit Laporan Keuangan

Tipe-Tipe Audit

  • Compliance Audit

Audit ini dilakukan pada kebijakan dan prosedur departemen untuk melihat apakah sudah sesuai dengan standar dan peraturan internal. Audit ini sering dilakukan pada lembaga pendidikan atau industri pemerintah.

  • Construction Audit

Audit untuk menganalisis biaya yang dikeluarkan untuk proyek konstruksi tertentu. Kegiatan audit dapat mencakup analisis kontrak yang diberikan kepada kontraktor, harga yang dibayarkan, biaya overhead yang diizinkan untuk penggantian, perubahan pesanan, dan ketepatan waktu penyelesaian.

Tujuan dari audit ini adalah untuk memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan masuk akal.

  • Financial Audit

Audit atas kewajaran informasi yang terkandung dalam laporan keuangan suatu perusahaan atau lembaga. Jenis audit ini adalah jenis audit yang paling umum dilakukan.

  • Information System Audit

Audit ini dilaksanakan untuk meninjau pengembangan perangkat lunak, pemrosesan data, dan akses ke sistem komputer.

Tujuan dari audit ini adalah untuk menemukan masalah yang dapat mengganggu kemampuan sistem IT untuk memberikan informasi yang akurat kepada pengguna, serta untuk memastikan bahwa pihak yang tidak berwenang tidak memiliki akses ke data.

  • Investigative Audit

Audit yang bersifat investigasi dari area atau individu tertentu ketika ada kecurigaan aktivitas yang tidak pantas atau penipuan. Tujuan dari audit ini adalah untuk menemukan dan memperbaiki pelanggaran, serta untuk mengumpulkan bukti jika ada tuntutan terhadap seseorang.

  • Operational Audit

Audit operasional adalah analisis terperinci dari tujuan, proses perencanaan, prosedur, dan hasil operasi bisnis. Audit dapat dilakukan oleh pihak internal maupun lembaga dari luar. Hasil dari audit operasional adalah evaluasi operasi, kemungkinan dengan rekomendasi untuk perbaikan.

  • Tax Audit

Analisis pengembalian pajak yang diajukan oleh individu atau badan usaha, untuk melihat apakah informasi pajak dan setiap pembayaran pajak penghasilan yang dihasilkan adalah valid.

Audit ini biasanya ditargetkan pada pengembalian yang menghasilkan pembayaran pajak yang terlalu rendah, untuk melihat apakah penilaian tambahan dapat dilakukan.

Baca juga : Tujuan dan Tahapan Audit Laporan Keuangan

Jenis-Jenis Opini pada Audit Laporan Keuangan

jenis jenis opini pada audit laporan keuangan

Opini dari seorang auditor merupakan pernyataan formal yang berhubungan dengan status keuangan seorang klien. Oleh karena itu, opini dari auditor merupakan hal yang penting karena dapat membangun perusahaan menjadi lebih baik.

Dalam setiap  audit, auditor akan melakukan audit berdasarkan kebutuhan dan metode yang diperlukan. Seorang auditor juga akan memberikan opini terhadap hal yang sedang diaudit. Misalnya pada laporan keuangan,maka selain menemukan kesalahan pada saat melakukan audit, auditor juga akan memberikan opini agar kesalahan tidak terjadi lagi.

Opini dari audit inilah yang menjadi terjemahan laporan keuangan yang digunakan oleh perusahaan. Menurut standar profesional akuntan publik atau SPAP, ada 5 macam opini audit, yaitu:

1. Pendapat Wajar Tanpa Pengecualian (Unqualified Opinion)

Pendapat ini menyatakan bahwa laporan keuangan disajikan secara wajar, dalam semua hal material, posisi keuangan, hasil usaha dan arus kas suatu lembaga tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. Hal ini merupakan pendapat yang dinyatakan auditor dalam laporan auditor bentuk baku.

Kriteria pendapat wajar tanpa pengecualian adalah:

  • Laporan keuangan lengkap, tiga standar umum telah dipenuhi
  • Bukti yang telah diakumulasi untuk menyimpulkan bahwa tiga standar telah dipenuhi
  • Laporan keuangan yang telah disajikan sesuai dengan GAAP (Generally Accepted Accounting Principles)
  • Auditor tidak memungkinkan untuk menambahkan paragraf penjelas dan modifikasi laporan

2. Opini Wajar Tanpa Pengecualian dengan Paragraf Penjelas (Modified Unqualified Opinion)

Auditor bisa menambahkan paragraf penjelas atau penjelasan yang lain dalam laporan auditnya. Tetapi, auditor paling tidak harus menemukan 3 hal, yakni:

  • Kurang konsistennya suatu entitas dalam melaksanakan GAAP
  • Keraguan besar
  • Auditor ingin menekankan suatu hal

3. Pendapat Wajar dengan Pengecualian (Qualified Opinion)

Pendapat ini menyatakan bahwa laporan keuangan menyatakan secara wajar, dalam semua hal material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas sebuah perusahaan atau lembaga dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku di indonesia.

4. Pendapat Tidak Wajar (Adverse Opinion)

Pendapat tidak wajar merupakan pendapat yang menyatakan bahwa laporan keuangan tidak menyajikan secara wajar posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas perusahaan atau lembaga tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku untuk umum di Indonesia.

5. Penyataan Tidak Memberikan Pendapat (Disclaimer Opinion)

Pendapat ini menyatakan bahwa auditor tidak menyatakan pendapat atas laporan keuangan suatu perusahaan atau lembaga. Opini ini dikeluarkan ketika auditor tidak puas akan seluruh laporan keuangan yang disajikan.

Baca juga : Persiapan dan Tahapan yang Harus Anda Ikuti dalam Melakukan Audit Perusahaan

Baik dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal, audit merupakan hal yang bermanfaat untuk dilaksanakan. Audit yang dilakukan pihak internal perusahaan dapat menjadi hal yang penting ketika terjadi kecurangan terhadap sistem keuangannya. Audit internal juga bisa mencegah terjadinya kecurangan.

Analisa berulang-ulang terhadap cara perusahaan bekerja dan pemeliharaan sistem kontrol internal yang ketat dapat mencegah dan mendeteksi berbagai bentuk penipuan dan penyimpangan akuntansi lainnya di dalam perusahaan.

Melakukan audit terhadap perusahaan yang Anda kelola juga tidak ada salahnya. Hal ini karena Anda lebih mengerti tentang perusahaan yang Anda kelola.

Bahkan perusahaan besar juga memerlukan berbagai bentuk kontrol dari pihak internal untuk memfasilitasi pengawasan dan pemantauan, mencegah dan mendeteksi transaksi tidak teratur, mengukur kinerja yang berkelanjutan, memelihara catatan bisnis yang memadai dan untuk meningkatkan produktivitas operasional.

Untuk pemilik usaha, tidak ada salahnya memahami tentang audit sedikit demi sedikit. Dengan memahami audit, Anda bisa melakukan audit internal untuk mencegah kecurangan yang terjadi dalam perusahaan Anda. Selain itu, audit juga bagus dilakukan agar perusahaan dapat meraih tujuan dari bisnis.

Dengan melakukan audit, pengeluaran bisa dikontrol dengan analisa yang kuat. Anggaran untuk sebuah proyek juga bisa dimaksimalkan dengan melakukan audit laporan keuangan.

Keuntungan lain melakukan audit adalah menilai risiko salah saji material dalam laporan keuangan perusahaan. Tanpa sistem pengendalian internal atau sistem audit, perusahaan tidak akan dapat membuat laporan keuangan yang dapat diandalkan untuk keperluan internal atau eksternal.

Selain melakukan audit, laporan keuangan perusahaan juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan aplikasi laporan keuangan seperti Jurnal. Dengan fitur yang lengkap, salah satunya yaitu aplikasi kas, maka laporan keuangan dapat dilakukan secara otomatis. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan klik di sini.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo