Jurnal Enterpreneur

Memulai Bisnis di Tengah Pandemi Harus Dipertimbangkan!

Selama krisis ekonomi, jika Anda melihat cukup dekat, selalu ada bisnis yang menjadi lebih baik daripada sebelum masa krisis. Hal yang menarik adalah meskipun dampak negatif krisis ekonomi memengaruhi daya beli pembeli, permintaan produk-produk pada bisnis tertentu justru semakin meningkat bahkan para pemimpin bisnis sendiri tidak dapat mengimbangi permintaan yang ada. Bahkan, banyak pebisnis yang memulai bisnis lain untuk mencari kesempatan.

Lalu apa yang akan Anda lakukan? Anda tahu, ada peluang bahwa orang-orang akan menghabiskan uang mereka. Anda tahu bahwa produk tertentu justru semakin dibutuhkan selama masa krisis. Anda tahu bahwa kesulitan dan tantangan tidak akan sedikit, tetapi dalam jangka panjang, bisnis dengan sendirinya akan menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan.

Apakah dengan begitu Anda langsung mengambil peluang bisnis terhadap produk tertentu? Apakah dengan begitu Anda memulai bisnis saat di tengah pandemi  Corona secara dadakan? Tentu saja tidak, Anda harus tetap mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Temukan Peluang Bisnis yang Berharga

Jangan Gegabah, Memulai Bisnis saat Masa Krisis Harus Dipertimbangkan!

Ada banyak peluang hari ini, tetapi tidak semua dapat dilakukan. Evaluasi kemampuan Anda untuk menentukan jenis dan peluang bisnis mana yang akan diambil. Sebagai patokan, Anda dapat melihat peluang bisnis mana yang memiliki kemudahan untuk menarik hati pelanggan dalam waktu jangka panjang.

2. Penargetan

Jangan Gegabah, Memulai Bisnis saat Masa Krisis Harus Dipertimbangkan!

Jika mengejar semua orang, Anda tidak akan mendapat siapa pun. Tentukan siapa pembeli ideal bisnis. Tidak hanya menyederhanakan promosi, penargetan yang dilakukan juga memberikan Anda solusi untuk segala strategi dan kebijakan bisnis. Anda akan tahu persis untuk siapa bisnis Anda saat ini dibangun.

3. Lakukan Hal yang Dipertimbangkan

Jangan Gegabah, Memulai Bisnis saat Masa Krisis Harus Dipertimbangkan!

Melakukan hal-hal yang tidak dipertimbangkan akan membuang waktu dan uang bisnis Anda. Bisnis harus dibangun berdasar pertimbangan yang matang. Pikirkan jalur bisnis ke pasar dengan pendekatan yang benar. Pelajari dengan baik apa itu bisnis dan bagaimana cara menjalankannya.

Baca juga : Kiat Kelola Bisnis UKM Tetap Prima di Tengah Wabah COVID-19

4. Kenali Kompetitor 

Jangan Gegabah, Memulai Bisnis di Masa Krisis Harus Dipertimbangkan!

Ketika Anda memulai bisnis, Anda harus mengetahui siapa dan bagaimana kompetitor Anda saat ini. Kompetitor pasti punya strategi dan kebijakan, Anda dapat mempelajari strategi dan kebijakan yang berhasil di kompetitor dan coba cari kekurangan dari strategi tersebut sehingga Anda dapat tampil beda bahkan lebih baik dari kompetitor.

5. Gunakan Penjualan Tunai

 

Disaat masa krisis, piutang memang menjadi lahan untuk memeroleh penghasilan dengan cepat. Namun, coba hindari pembayaran kredit atau utang terhadap bisnis. Uang tunai sangat disarankan agar bisnis dapat memutarnya kembali dan menutup segala biaya operasional bisnis saat ini. Meskipun Anda memiliki modal yang besar, bukan berarti bisnis tidak memiliki potensi akan hal-hal yang tidak dapat dibayar.

6. Maksimalkan SDM Anda 

Maksimalkan SDM Bisnis Anda di Tengah Pandemi

Banyak pebisnis yang mengurangi jumlah karyawan di tengah masa pandemi. Maka dari itu, ketika Anda memulai bisnisdi tengah pandemi, cari peluang sumber daya manusia yang bisa melakukan berbagai hal pada bisnis Anda. Lebih baik memiliki SDM yang berkualitas daripada hanya kuantitas. Ini berlaku pada semua struktur di bisnis yang akan Anda bangun.

7. Ketahui Cara Kelola Keuangan

Ketahui Cara Kelola Keuangan Bisnis di Tengah Pandemi

Meskipun uang bukan segalanya dan Anda bisa saja kehilangan jika hanya mempunyai modal saja dan tidak dapat membuat strategi dan kebijakan dalam bisnis, Anda tetap harus dapat mengelola keuangan dengan baik. Meskipun bisnis Anda baru saja dibangun di tengah pandemi, Anda harus mengerti bagaimana mengatur keuangan bisnis agar terus mempertimbangkan hal-hal lainnya.

Ketahui cara pembukuan yang rapi dan benar. Jika Anda memang benar-benar kesulitan, jangan langsung mencari SDM yang dapat mengelola keuangan. Gunakan software agar segala modal dan pengeluaran dapat diatur dengan baik. Biasanya, software sudah memiliki format-format dan Anda hanya perlu memasukkan angka. Setelah itu, baru Anda dapat mencari SDM untuk mengelola keuangan dengan tetap Anda perhatikan melalui software tersebut. Bisnis memang soal kepercayaan, tapi bukan berarti Anda tidak mempedulikan. 

Baca juga : Cloud Jadi Solusi Bisnis UKM Ramah Biaya di Situasi Sulit

Anda juga bisa menggunakan software akuntansi Jurnal. Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Min subscribe 12 bulan). Salam sehat dan produktif selalu!
apa itu social distancing dan strategi bisnis

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo