Ini Daftar Keuntungan Jika Berbisnis Franchise

Dalam dunia bisnis, sistem usaha waralaba atau franchise menjadi salah satu pilihan untuk dapat menimbun pundi-pundi cuan atau keuntungan. Ketimbang memulai usaha dari awal dan menghadapi risiko kegagalan yang besar.

Anda bisa memilih untuk menjadi terwaralaba atau biasa disebut franchisee dengan membeli lisensi dan menjalankan bisnis franchise yang sudah ada. 

Berdasarkan definisinya, waralaba atau franchise ialah sistem keterikatan bisnis yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan hal-hal dari kekayaan intelektual atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain. Hal itu diikuti suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa.

Note : Baca artikel Tips dan Rahasia Sukses Berbisnis Franchise

Terdapat banyak keuntungan yang bisa diperoleh franchisee jika menjalankan bisnis dengan sistem waralaba, antara lain menghadapi risiko gagal yang rendah, usahanya terjamin oleh nama yang sudah terkenal, sistem usaha sudah solid, dan akses pendanaan menjadi lebih mudah dengan sistem bisnis franchise.

Berikut adalah daftar keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menjalankan bisnis franchise serta penjelasan lebih lengkap seperti dikutip Jurnal by Mekari.

work from home

Risiko Gagal Rendah

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis franchise adalah memiliki risiko gagal yang rendah, sebaliknya keuntungan bisa dengan cepat diraih. Pasalnya, pemilik franchise biasanya tak hanya menawarkan proyeksi muluk tentang bisnis yang sukses, tetapi juga menawarkan fakta bisnis yang sudah teruji. 

Pemilik franchise akan meyakinkan Anda sebagai mitra dengan menunjukkan bukti seperti, jumlah gerai yang sudah existing, laju pertumbuhan gerai per tahun, informasi keuntungan bersih tiap gerai, target pertumbuhan gerai per tahun, proyeksi keuntungan, dan jaringan informasi anggota yang berpengalaman.

Umumnya, terdapat pelatihan karyawan secara terpadu. Pewaralaba juga biasanya menawarkan asistensi jika franchisee menemui kesulitan dalam proses bisnis, serta bantuan mengatasi kesulitan keuangan. Bahkan ada pula yang menawarkan transparansi keuangan. 

Note : Baca artikel 8 Keuntungan Bisnis Franchise yang Harus Anda Ketahui

Dilandasi berbagai faktor tersebut, bisnis dengan sistem franchise dianggap memiliki risiko gagal yang rendah, meskipun di dunia ini tak ada satupun bisnis yang benar-benar kebal risiko rugi.

Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat terkait waralaba dalam buku ‘Rasakan Dahsyatnya Usaha Franchise’ karya Rizal Calvary Marimbo, tingkat keberhasilan franchisee sangat tinggi, yakni mencapai 95%, dibandingkan bisnis independen yang hanya berkisar 10%-30%. 

Dalam bisnis waralaba, usaha tersebut akan laku dijual jika bisnis terbukti berhasil. Laporan keuangan pun harus transparan dan terbukti berhasil.

Umumnya, bisnis waralaba dipasarkan setelah berjalan minimal 3 tahun disertai kepastian memiliki prospek bisnis yang diukur dari analisis historis kinerja keuangan. Itu sebabnya waralaba termasuk bisnis yang prima dan patut dilirik.

Berdasarkan Pakar Waralaba Utomo Njoto masih dalam buku yang ditulis Rizal Calvary Marimbo, terdapat lima tahapan yang harus dilakukan untuk menjadi pewaralaba, antara lain:

  1. Melakukan evaluasi awal terkait kelayakan bisnis waralaba.
  2. Jika dianggap layak, kemudian kembangkan paket waralaba.
  3. Memasarkan dan menjual waralaba.
  4. Mentransformasi organisasi dari yang hanya menjalankan bisnis menjadi menjual bisnis.
  5. Memperbaiki sistem waralaba.

7 Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Melakukan Branding Produk

Terjamin Nama Besar

Umumnya animo konsumen akan tinggi terhadap nama besar atau merek yang disandang produk itu sendiri. Nama besar atau merek yang kuat itu seringkali menarik perhatian konsumen untuk membeli produk tersebut. 

Namun, membangun citra sebuah brand itu bukan pekerjaan yang mudah. Selain adu strategi, di balik upaya membangun brand menjadi terkenal selalu ada alokasi dana yang tak sedikit dan waktu yang tak singkat.

Dalam strategi pemasaran, brand merupakan simbol seluruh informasi yang terkait dengan produk barang atau jasa perusahaan. Hal itu biasanya terdiri dari nama, logo, dan seluruh elemen visual lain. Dapat dikatakan bahwa brand adalah visualisasi dari citra yang ingin ditanamkan di benak konsumen. 

Note :  Baca artikel Tips Jitu Memilih Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

Bagi terwaralaba, mewarisi brand ternama adalah keuntungan yang besar karena membuat Anda selangkah lebih maju dalam menjaring konsumen. Reputasi yang menempel pada brand bisa menjadi magnet bagi konsumen, sementara posisi Anda mewakili brand tersebut.  

Dalam buku, semakin kuat citra sebuah brand, maka biaya pemasaran yang dibutuhkan akan semakin kecil. 

Jika Anda menjadi terwaralaba, maka Anda akan memiliki keuntungan berupa tak perlu menjalankan langkah-langkah yang rumit. Anda berhak memakai semua brand berikut nama dan simbolnya, tanpa harus membayar pungutan resmi dan tak resmi yang dikenakan birokrasi terhadap pemegang merek. 

4 Jenis Laporan Keuangan yang Penting untuk Bisnis Anda

Akses Pendanaan Usaha Lebih Mudah

Jika hubungan kemitraan dalam bisnis franchise sangat bagus, pewaralaba biasanya tak segan membantu mitranya untuk mendapat akses pendanaan dari kreditor. Tak hanya itu, pihak perbankan juga akan merasa jauh lebih aman menyalurkan kreditnya kepada pebisnis yang berada dalam lingkaran mekanisme waralaba. 

Alasannya, pihak bank memiliki jaminan karena franchisee berada dalam binaan pewaralaba. Sementara pewaralaba punya kepentingan untuk mengembangkan usaha mitra bisnisnya. Jadi, pengawasan sudah berada dalam tanggung jawab pewaralaba. Dengan mekanisme tersebut, perbankan bisa diyakinkan untuk mengucurkan kredit. 

Note : Baca artikel Ini 5 Sektor Bisnis Tahan Krisis saat Pandemi COVID-19

Jurnal software akuntansi UKM

Sistem Usaha Sudah Solid

Bisnis franchise biasanya memiliki sistem usaha yang sudah solid. Di awal memulai bisnis, pemilik franchise dan franchisee akan menyepakati nilai waralaba yang akan dibeli, nilai royalti beserta cara pembayaran royalti tersebut.

Selanjutnya, Anda berhak menerima sistem waralaba yang sudah solid dan teruji, meskipun pada dasarnya tak ada sistem bisnis yang solid 100%.

Sistem yang solid termasuk dari sisi mutu manajemen, manajemen keuangan, sumber daya manusia, standar operational procedures (SOP), strategi pemasaran, kualitas produk, dan aspek hukum.

Brand merupakan aset perusahaan yang sangat berharga. Namun, tanpa ditopang sistem yang solid, maka bisnis akan mudah runtuh. Ibarat rumah, bisnis apapun harus memiliki pondasi yang kuat berupa sistem yang solid.

Sistem bisnis franchise yang perlu diperhatikan antara lain, produk yang unik, berkualitas, dan mudah dipasarkan. Memiliki SOP yang baku, sumber daya manusia terlatih, strategi pemasaran yang jitu, perlindungan hukum yang memadai, serta pengalaman yang mencerminkan kompetensi usaha. 

Tak hanya itu, bisnis franchise juga harus memiliki sistem yang solid terkait keuangan. Pebisnis harus mampu menyediakan manajemen keuangan dan akuntansi yang baik. Terkait pengelolaan keuangan dan sistem akuntansi, bisnis franchise sebaiknya didukung oleh perangkat berteknologi canggih. 

Note : Baca artikel Pahami Strategi Penjualan yang Efektif saat Fase New Normal

Misalnya, pebisnis bisa menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal by Mekari. Jurnal menyediakan berbagai fitur yang berfungsi untuk mencatat dan memonitor laporan kinerja bisnis secara berkala dengan mudah.

Jurnal menyediakan beragam fitur unggulan antara lain, tampilan dashboard bisnis dengan data real time, laporan keuangan, pengelolaan inventori, modul penjualan dan pembelian, rekonsiliasi bank, integrasi bisnis, pengelolaan aset, dan pengelolaan pajak. 

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Minimal subscribe 12 bulan).
CTA Jurnal


PUBLISHED12 Jun 2020
Lavinda
Lavinda

SHARE THIS ARTICLE: