Bagi sebagian orang, memulai usaha memang tidak mudah dan cukup membingungkan. Setiap orang yang akan memulai sebuah usaha tentu saja memerlukan ide dan inspirasi serta cara untuk menjalankan ide tersebut. Karena keterbatasan modal usaha, berikut ini ada beberapa ide menarik peluang usaha dengan modal kecil yang bisa Anda coba di Medan.

Membuka Jasa Pangkas Rambut

Ide Menarik Peluang Usaha di Medan dengan Modal Kecil yang Bisa Dicoba Jasa pangkas rambut di Medan akan selalu dibutuhkan oleh hampir semua orang. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dan minat di bidang ini, Anda dapat membuka jasa pangkas rambut di rumah atau mencari lokasi yang lebih ramai. Peluang usaha ini membutuhkan modal yang terbilang kecil, apalagi jika Anda tidak perlu menyewa kios alias membuka jasa pangkas di rumah. Selain tempat usaha, untuk menjalankan ide usaha ini Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk mencukur seperti gunting, kursi, cermin, alat mencukur rambut, perlengkapan pendukung lainnya.

Dengan modal awal kurang lebih Rp1.000.000, Anda dapat mulai menjalankan usaha ini. Keuntungan yang akan Anda dapatkan cukup menggiurkan. Karena setiap 1 kepala, saat ini dihargai Rp15.000. Tentu Anda bisa membayangkan, apabila dalam satu hari Anda dapat mencukur sebanyak 10 kepala, penghasilan yang Anda peroleh sebesar Rp150.000.

Bisnis Menjual Nasi Mobil Pinggir Jalan di Medan

Ide Menarik Peluang Usaha di Medan dengan Modal Kecil yang Bisa DicobaBagi Anda yang ingin merintis usaha dengan modal yang kecil, Anda bisa mencoba untuk berjualan nasi dengan memanfaatkan mobil yang Anda miliki. Bisnis menjual nasi mobil di pinggir jalan ini menarik untuk dicoba. Anda dapat memilih tempat-tempat yang ramai dan bisa berpindah tempat jika memungkinkan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis makanan apa yang akan Anda jual. Sebelumnya Anda dapat melakukan riset untuk mencari tahu, nasi jenis apa yang banyak diminati kebanyakan orang.

Pada umumnya, berbisnis kuliner akan mendatangkan keuntungan setidaknya 50% dari harga jual. Misalnya Anda mematok harga Rp8.000 per porsi nasi, setidaknya keuntungan yang Anda dapatkan adalah sebesar Rp4.000. Apabila dalam satu hari rata-rata Anda dapat menjual 100 porsi, keuntungan yang Anda dapatkan sebesar Rp400.000. Artinya, Anda akan mendapatkan keuntungan setidaknya Rp1.200.000 dalam satu bulan. Cukup menarik, bukan?

Membuka Jasa Laundry di Rumah

Ide Menarik Peluang Usaha di Medan dengan Modal Kecil yang Bisa DicobaPeluang usaha lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah membuka jasa laundry di rumah. Bagi Anda yang tinggal di pemukiman yang ramai, dekat dengan kampus, perkantoran, pesantren, dan lain sebagainya, bisnis yang satu ini sangat cocok untuk Anda coba. Menariknya, modal untuk membuka jasa ini tidak terlalu besar. Anda dapat memanfaatkan mesin cuci yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Dengan begitu, modal yang Anda butuhkan sekitar Rp3.000.000 saja. Modal tersebut dapat Anda gunakan untuk membuat banner atau spanduk sederhana, timbangan atau neraca digital, barang-barang kebutuhan administrasi seperti buku nota, dan lainnya. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan lain seperti alat mencuci dan sikat baju, ember, hanger plastik, rak pakaian, dan berbagai perlengkapan pendukung lainnya.

Apabila lokasi tempat Anda membuka bisnis usaha laundry ini cukup strategis, maka untuk setiap harinya Anda dimungkinkan bisa mendapatkan orderan setidaknya 50 kg. Maka dapat diperhitungkan, apabila harga per kilo sebesar Rp4.000, per hari Anda bisa memperoleh penghasilan sebanyak Rp200.000. Sehingga dalam waktu satu bulan, Anda bisa mendapatkan penghasilan sebanyak Rp6.000.000. Anda tertarik untuk mencoba peluang bisnis ini?

Bisnis Menjual Es Krim

Ide Menarik Peluang Usaha di Medan dengan Modal Kecil yang Bisa DicobaBisnis menjual es krim merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Tidak hanya anak-anak dan kalangan remaja, namun juga orang dewasa kebanyakan menyukai es krim. Apabila Anda mempunyai keseriusan untuk membuka bisnis menjual es krim, Anda setidaknya membutuhkan modal awal sekitar Rp10 juta. Modal tersebut akan dipakai untuk pembelian beberapa alat berupa mesin untuk pembuatan es krim, skop untuk es krim, bahan untuk membuat es krim, satu buah tabung es, satu buah stand atau booth untuk portable, dan satu buah freezer.

Secara umum, jika es krim Anda jual dengan kisaran harga Rp3000 per cup, maka hasil penjualan sebanyak 98 cup es krim adalah 98 × Rp3000 = Rp294.000. modal yang dibutuhkan untuk menjual 98 cup es krim kurang lebih Rp128.000, dengan rincian sebagai berikut:

  1. 1 kg bubuk es krim jenis bulky seharga Rp80.000
  2. Cup dan sendok es krim seharga Rp16.000
  3. Biaya listrik, diperkirakan Rp10.000
  4. Air seharga Rp2.000
  5. Upah karyawan Rp20.000

Sehingga keuntungan yang akan diperoleh adalah Rp294.000 – Rp128.000 = Rp166.000 untuk 1 kg bubuk bulky. Apabila Anda berjualan di tempat yang cukup strategis, tentu saja Anda bisa menjual kira-kira 3 kg sampai 5 kg dalam satu harinya. Secara perhitungan, apabila Anda bisa menjual setidaknya 2 kg saja per hari, maka hanya dalam waktu 25 hari saja Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp8.300.000.

Dengan demikian, setidaknya Anda membutuhkan jangka waktu sekitar 3 sampai 4 bulan untuk balik modal. Selain mengetahui strategi bisnis es krim ini, Anda juga harus mempelajari teknik racikan es krim supaya produk yang dihasilkan enak dan diminati banyak orang. Penting untuk diperhatikan, bahwa dalam menjalankan bisnis es krim ini, Anda sebaiknya tidak hanya memperhatikan soal rasa, namun juga tekstur es krim, aroma dan juga bentuknya.

Menjadi Produsen Jilbab atau Pakaian

Ide Menarik Peluang Usaha di Medan Dengan Modal Kecil Yang Bisa Dicoba

Hingga saat ini, terdapat banyak sekali transaksi online yang dilakukan di bidang fashion. Hal ini merupakan salah satu peluang besar bagi Anda yang memiliki bakat menjahit. Anda bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan yang banyak jika Anda membuka bisnis ini. Anda bisa memproduksi beberapa jenis fashion seperti jilbab, pakaian, dan lainnya.

Untuk memasarkan produk, Anda dapat memanfaatkan media sosial. Misalnya dalam satu bulan Anda dapat memproduksi sebanyak 500 buah jilbab, dan dapat terjual dengan harga Rp30.000. Padahal modal yang Anda butuhkan untuk 1 buah jilbab kurang lebih Rp20.000. Maka keuntungan dari hasil penjualan sebanyak 500 buah jilbab dalam satu bulan adalah Rp5.000.000.

Setelah Anda menentukan ide usaha apa yang akan Anda coba, kini Anda tidak perlu ragu untuk memulainya. Merintis sebuah usaha baru memang tidak mudah. Apalagi di Medan sudah banyak pengusaha yang sukses. Tetapi apabila Anda benar-benar memiliki minat dan tekad yang kuat, usaha yang Anda rintis pasti akan berhasil. Kuncinya adalah Anda harus berani dan mantap dalam mempersiapkan semua hal seperti analisis peluang, konsep bisnis serta strategi pemasarannya. Agar Anda lebih terbantu dalam menjalankan sebuah usaha, Anda dapat memanfaatkan software Akuntansi.

Dengan menggunakan software ini, pengelolaan keuangan bisnis Anda akan lebih baik dan benar. Maka dengan melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar, usaha yang Anda rintis akan terus berkembang dan maju.

Jurnal merupakan pilihan terbaik untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha. Jurnal  merupakan salah satu software akuntansi online terbaik yang aman. Anda dapat mengelola keuangan dan melakukan proses akuntansi dengan aman, cepat, dan mudah. Selain itu, Jurnal juga dapat diakses kapan dan di mana saja menggunakan koneksi internet. Anda tidak perlu sudah payah mengunduh aplikasi atau melakukan instalasi di komputer. Karena Anda hanya perlu mendaftar kemudian melakukan login dan mulai melakukan pembukuan sehingga lebih menghemat waktu. Untuk informasi yang lebih lengkap, klik di sini!