Mekari Jurnal
Daftar Isi

6 Ide Kreatif Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Tayang 15 Apr 2021
Diperbarui 06 November 2023

Saat Anda ingin keluar dari masalah hutang atau ingin meningkatkan kualitas hidup, Anda mungkin mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di zaman yang serba cepat dan dipenuhi dengan persaingan seperti sekarang, kita dituntut agar lebih cerdas serta memiliki ide kreatif berbisnis dalam memahami situasi untuk bisa memperoleh penghasilan tambahan.

Bergantung dengan pendidikan dan pasrah dengan nasib tidak akan mengubah keadaan tanpa usaha dan kerja keras Anda sendiri. Cobalah lebih peka melihat peluang yang ada dan manfaatkan peluang sebagai bisnis yang bisa menambah penghasilan. Apabila Anda berpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan, cobalah ide kreatif berikut ini dan sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan Anda.

Ide Kreatif Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan tentunya tidak mudah. Karena kondisi tiap orang yang mencari penghasilan tambahan biasanya masih memiliki pekerjaan tetap dan tidak bisa mengesampingkan pekerjaan tetap tersebut.

Penghasilan tambahan juga tidak bisa dari pekerjaan yang terlalu intens seperti harus 8 jam berada di kantor selama 5 hari seminggu misalnya. Karena tentu saja hal ini akan mengganggu kinerja dari pekerjaan tetap.

Berikut beberapa ide kreatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengganggu jadwal kerja tetap.

Bisnis Online

Tidak diragukan lagi bahwa bisnis online merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, ide kreatifnya banyak sekali. Bisnis kreatif secara online dapat dilakukan dengan waktu yang cukup fleksibel, artinya tidak terpaku dengan jam kerja yang teratur.

Keunggulan dari bisnis ini yaitu dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan gadget dan koneksi Internet. Anda bisa memulai bisnis online di mana saja, baik melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook ataupun melalui website.

Jika Anda akan menjalankan bisnis online, hal yang harus diperhatikan adalah pengawasan transaksi jual beli bisnis Anda. Gunakanlah aplikasi invoice untuk UKM dalam menjalankan usaha Anda agar segala transaksi pembelian oleh pelanggan dapat dimonitor dengan baik.

Dengan aplikasi invoice generator hingga software penagihan pembelian akan lebih mudah dan invoice dibuat secara otomatis, sehingga transaksi tercatat dengan baik untuk bisa diawasi setiap saat.

Ide Kreatif Jual Makanan

Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Hal ini dapat menjadi ide bisnis, khususnya bagi ibu rumah tangga. Terlebih lagi, bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak.

Salah satu trik untuk menarik perhatian dalam menjalankan bisnis makanan yaitu inovasi rasa dan model makanan yang berbeda. Anda bisa menambahkan variasi dari jenis makanan yang diolah. Ini dapat disesuaikan dengan musim yang ada atau makanan apa saja yang sedang tren di pasaran.

Guru Les Privat

Ide lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu menjadi guru les privat. Selain menguntungkan, menjadi guru les privat adalah peluang pekerjaan yang tidak membutuhkan modal. Anda bisa bekerja sama dengan teman untuk membentuk tim les privat.

Menjadi seorang guru private dapat mengasah kemampuan Anda sekaligus berbagi ilmu. Berbagi ilmu tentu sangat menyenangkan karena bisa menjadi ibadah yang tidak pernah terputus. Karena itu, menjadi guru les privat adalah pekerjaan sampingan yang sangat mulia.

Jual Kerajinan Dari Barang Bekas

Pernahkah Anda melihat sampah yang berserakan begitu saja? Baik sampah plastik maupun sampah bekas lainnya. Jika Anda mampu melihat peluang, maka sampah-sampah tersebut dapat menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan.

Anda dapat mengubah sampah menjadi barang-barang yang memiliki nilai dan bermanfaat. Contohnya seperti tas, hiasan lampu, dompet, dan berbagai kerajinan tangan lainnya. Berjualan dengan menggunakan sampah atau barang bekas tidak membutuhkan modal yang banyak sehingga Anda dapat melakukannya dengan mudah.

Menjadi Konsultan di Jurnal

Jika Anda bekerja sebagai admin atau akuntan, atau mungkin sedang kuliah di semester akhir dengan jurusan akuntansi. Ide lain yang bisa Anda pertimbangkan dan memiliki banyak manfaat adalah menjadi konsultan di Jurnal. Jurnal Software merupakan Aplikasi akuntansi perusahaan dan aplikasi pembukuan online shop yang berkomitmen untuk membantu mengelola keuangan bisnis. Aplikasi Jurnal mampu menangani berbagai macam hal seperti pembukuan usaha, aplikasi pajak online, ketersediaan stok barang, dan lain sebagainya.

Dengan proses akuntansi yang baik, pengusaha dapat melihat kondisi keuangannya sehingga bisnis pun lebih mudah berkembang. Namun, banyak pengusaha yang kurang memahami proses akuntansi dan pembukuan.

Dengan bergabung menjadi konsultan Jurnal, Anda bukan hanya mendapatkan penghasilan tambahan, tapi juga bisa membantu sebuah bisnis lebih berkembang hingga memperluas koneksi Anda. Untuk bergabung menjadi konsultan Jurnal, daftarkan diri Anda segera!

Melalui ide-ide kreatif di atas, Anda bisa meningkatkan taraf hidup dan memiliki penghasilan tambahan. Pekerjaan di atas juga tergolong cukup santai untuk dilakukan selama mencari penghasilan tambahan.

Jurnal Software adalah merupakan Aplikasi akuntansi perusahaan yang akan membantu dan memudahkan pekerjaan Anda. Coba Jurnal sekarang dengan demo gratis hingga 14 hari!

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal