Bisnis startup kini banyak bermunculan. Karena perkembangan teknologi yang semakin pesat, memulai bisnis menjadi lebih mudah. Tapi, mengembangkan bisnis untuk menjadi bisnis yang menjanjikan tidaklah mudah. Banyak pendiri startup yang optimis di awal, namun pada akhirnya bisnis yang mereka jalani mengalami kebangkrutan.

Meskipun terlihat menjanjikan, hal ini tidak menjamin bisnis Anda akan selalu sukses. Jika di awal mendirikan bisnis startup Anda mengalami beberapa hambatan, hal tersebut sangatlah wajar. Namun, jangan sampai hambatan tersebut menjadi kegagalan dalam bisnis Anda. Carilah jalan lain agar bisnis startup yang Anda dirikan bisa terus berjalan.

Untuk menghindari kegagalan dalam merintis bisnis startup, hindari 7 kesalahan versi Moneysmart berikut.

1. Tidak Memiliki Perencanaan yang Matang

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Membangun Bisnis StartupMerencanakan tujuan bisnis Anda kedepannya merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis startup. Jika Anda sudah memiliki rencana bisnis, semua kegiatan dalam bisnis yang akan dijalankan tentu akan mengacu pada rencana bisnis, sehingga lebih terarah. Tanpa perencanaan yang matang, startup Anda bisa-bisa hilang arah.

Buatlah rencana bisnis dengan matang. Mulai dari riset, keuangan, hingga rencana pemasaran yang akan Anda gunakan nantinya. Biasanya, masing-masing rencana yang Anda buat pasti berkaitan satu sama lain, maka dari itu rencana bisnis sangat dibutuhkan jika Anda baru merintis startup.

2.  Tidak Memiliki Tujuan SMART

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Membangun Bisnis StartupSMART adalah singkatan dari Specific, Measurable (Terukur), Achievable (Dapat dicapai), Relevant, dan Timely (Tenggat waktu). Akronim ini umum digunakan oleh berbagai kalangan sebagai patokan dalam mencapai tujuan bisnis. Dalam menentukan tujuan, Anda perlu mempertimbangkan aspek SMART tersebut.

Tujuan bisnis Anda harus jelas, mempunyai indikator yang bisa diukur, realistis dengan keadaan, relevan dengan bisnis Anda, dan memiliki tenggat waktu yang akan menjadi tenggat waktu.  Bisnis yang tidak mempertimbangkan kelima hal tersebut saat menetapkan tujuan bisnisnya memiliki potensi yang cukup besar dalam mengalami kegagalan. Hal ini karena SMART merupakan garis besar dalam langkah kegiatan bisnis Anda sehari-harinya.

3. Kurang Percaya Diri Terhadap Produk

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Membangun Bisnis StartupTerkadang, sebagai pemilik bisnis pemula ada kalanya Anda akan merasa kurang percaya diri terhadap apa yang Anda lakukan dan produk yang Anda tawarkan. Jika Anda merasa seperti ini, segera buang jauh-jauh pikiran tersebut.

Rasa takut akan gagal yang berlebihan biasanya menjadi pemicu akan timbulnya pikiran tersebut. Sebagai pendiri startup, Anda harus memiliki mindset yang positif agar bawahan Anda juga menyerap energi positif tersebut. Yakinlah bahwa produk yang Anda buat adalah produk yang baik. Tim Anda tentunya sudah bersusah payah untuk mengembangkan produk untuk menjadi yang terbaik.

4. Menghindari Teknologi

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Membangun Bisnis StartupTeknologi merupakan dasar utama dari sebuah startup. Mempelajari teknologi terbaru memang bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda tidak memiliki latar belakang IT. Belum lagi untuk menggunakan teknologi dalam bisnis Anda pasti membutuhkan biaya yang cukup tinggi, padahal keuangan bisnis Anda belum begitu lancar.

Menekan budget saat baru merintis sebuah startup memang hal yang baik, namun menggunakan teknologi merupakan investasi penting demi berlangsungnya bisnis Anda. Selain itu, teknologi juga membuat pekerjaan Anda sehari-harinya lebih efisien dan efektif. Tidak ada salahnya jika Anda mengeluarkan budget lebih untuk teknologi.

5. Minim Budget Untuk Marketing

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Membangun Bisnis StartupMarketing merupakan hal utama dalam startup untuk bisa berkembang. Tanpa marketing yang baik, bisnis Anda tidak akan memiliki brand awareness, dan konsumen tidak akan melirik bisnis Anda sekalipun startup Anda memiliki konsep yang menarik.

Lewat marketing, Anda dapat mengenalkan bisnis Anda ke orang-orang. Manfaatkan media sosial seperti Facebook atau Instagram. Biasanya media sosial memiliki fitur advertising, sehingga Anda perlu mengeluarkan budget. Jangan takut untuk mengeluarkan sedikit biaya lewat advertising, karena Anda akan menjangkau banyak target konsumen baru lewat marketing.

6. Kurang Memahami Pasar

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Membangun Bisnis StartupSebelum melakukan pemasaran, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Lewat riset pasar, Anda bisa mengetahui mana pasar yang cocok dengan bisnis startup milik Anda. Jika Anda kurang memahami pasar yang akan dituju, produk yang Anda kembangkan bisa saja berakhir sia-sia karena tidak sesuai dengan pasar yang dituju.

Demi menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan, cobalah untuk mengetahui pasar yang sesuai dengan produk Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan analisa pasar. Lewat analisa pasar, Anda bisa mengetahui bagaimana reaksi mereka terhadap produk yang ditawarkan, serta jangkauan bisnis Anda. Dengan memahami pasar yang akan dituju, langkah yang akan Anda ambil kedepannya bisa menjadi lebih efektif dan terarah.

7. Pengeluaran yang Tidak Sesuai

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Membangun Bisnis StartupSaat mendirikan bisnis startup, banyak orang yang mengira bahwa diperlukan budget yang besar demi menarik konsumen lewat strategi marketing atau teknologi yang canggih. Hal ini tidak salah, namun ada baiknya jika Anda menyesuaikan pengeluaran dengan budget yang Anda miliki. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mengutamakan mana yang penting, dan mana yang bisa ditunda.

Sebaliknya, ada yang berpikiran bahwa startup harus berhemat dalam pengeluaran. Hal ini tidak salah, namun Anda tetap harus mengeluarkan modal sebagai investasi ke berbagai aspek dalam berbisnis. Jika Anda terlalu hemat, ini sama saja dengan membatasi potensi untuk mengembangkan startup Anda.

Berikut merupakan 7 kesalahan yang biasa dilakukan saat membangun bisnis startup. Jika startup yang Anda dirikan ingin sukses, hindari hal-hal di atas yang bisa membatasi berkembangnya bisnis Anda. Melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar, tetapi jika Anda sudah menyadari kesalahan tersebut, segera ubah demi keberlangsungan bisnis Anda.

Dalam menjalankan bisnis startup, Anda juga perlu membuat keputusan yang baik, dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi untuk memperluas pengetahuan Anda. Mengatur keuangan juga merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan dalam merintis startup. Mulai dari laporan keuangan, hingga invoice.

Gunakan Jurnal, sebagai software akuntansi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja secara real time, sehingga dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda. Daftar sekarang di sini untuk mendapatkan free trial selama 14 hari!