Content marketing merupakan proses pemasaran dari kegiatan bisnis dengan membuat dan mendistribusikan konten yang relevan untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target konsumen. Teknik pemasaran ini salah satu teknik dalam kegiatan pemasaran yang dianggap paling efektif dibandingkan dengan teknik lainnya. Namun begitu tidak semua content marketing dapat secara efektif menarik konsumen untuk berkunjung dan memutuskan untuk membeli.

Oleh karena itu Anda sebagai pemilik bisnis harus benar-benar memastikan upaya dalam content marketing tersebut merupakan upaya maksimal untuk menciptakan sesuatu berkualitas. Untuk mencapai hal tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut.

Baca Juga: Mengenal Content Marketing dan Manfaatnya bagi Bisnis Kecil

 

Lakukan Riset

Ini merupakan tahap pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan content marketing. Riset adalah sesuatu yang krusial karena menjadi batu loncatan untuk langkah-langkah berikutnya. Lakukan riset terhadap topik yang akan diangkat, konsumen yang akan menjadi target, tren yang sedang berkembang, kompetitor serta media yang akan digunakan.

Data riset ini nantinya diproses sehingga menghasilkan strategi yang matang dan rencana pelaksanaan yang tepat. Riset ini bisa ditempuh dengan melakukan studi terhadap media dan literatur, survei kecil-kecilan pada calon konsumen ataupun wawancara.

 

Tentukan Target

Ketika ingin melakukan pemasaran, baiknya Anda menentukan target terlebih dahulu. Setelah mengetahui target yang dituju, Anda perlu mengetahui lebih dalam mengenai lokasi geografis, pekerjaan, rata – rata pendapatan mereka, cara komunikasi dan karakter yang dimiliki.

Dengan informasi tersebut nantinya konten-konten yang disajikan lebih fokus dan terarah sehingga tepat sasaran. Anda pun dapat menentukan gaya bahasa dan isi konten yang sesuai. Sebagai contoh jika ingin memasarkan produk make up remaja, tentu Anda akan menggunakan konsep yang lebih girly dan ceria di dalam konten Anda. Selain itu, bahasa yang digunakan pun jauh lebih santai.

Baca juga: Pemasaran Efektif Menembus Target Market Anak Muda

 

Jangan Hanya Fokus untuk Berjualan

Kegiatan marketing memang ditujukan untuk menggaet konsumen sebanyak-banyaknya. Namun untuk mendapatkan hasil jangka panjang, sebaiknya jangan terlalu fokus untuk berjualan. Buatlah konten pemasaran yang tidak hanya bertujuan memengaruhi, tapi juga benar-benar menghibur, menghibur dan membawa dampak yang baik bagi masyarakat. Konten seperti ini akan membuat calon konsumen mempunyai kelekatan tersendiri dengan brand Anda. Hal ini yang membuat konsumen akan setia menggunakan produk Anda.

 

Personalisasi Konten

Orang-orang cenderung tertarik dengan sesuatu yang terkhusus dibuat untuknya. Hal ini juga berlaku untuk konten pemasaran Anda. Buat konten yang memang ditujukan untuk konsumen Anda. Namun ini bukan berarti Anda harus membuat ribuan konten untuk setiap konsumen.

Buatlah konten yang dekat dengan kehidupan dan permasalahan yang dialami oleh konsumen. Informasi mengenai ini bisa didapatkan dari riset yang telah Anda lakukan sebelumnya. Berikan sesuatu yang bermanfaat di dalamnya, lalu hubungkan dengan produk serta layanan yang ditawarkan.

Baca juga: Konsep Personalized Marketing untuk Kemajuan Bisnis Anda

 

Mengikuti Tren

Untuk membuat konten yang menarik, Anda juga perlu mengikuti tren yang sedang berkembang. Coba perhatikan apa yang sedang diperbincangkan oleh target pasar Anda akhir-akhir ini. Untuk mempermudah Anda dapat mencari tahu melalui Google Trends. Karena sebagian besar pengguna internet saat ini mencari sesuatu yang dibutuhkan menggunakan mesin pencari Google. Apabila sudah menemukannya maka cobalah untuk mengaplikasikannya dalam content marketing Anda.

 

Gunakan Media Sosial Secara Efektif

Media sosial selalu menjadi tempat yang tepat untuk meng-upload konten untuk promosi. Selain karena penggunaannya yang cuma-cuma, media sosial juga menjadi tempat interaksi masyarakat saat ini. Menurut penelitian dari We Are Social dan Hootsuite, tingkat penetrasi pengguna media sosial yang aktif telah mencapai 42% dari total populasi dunia.

Anda bisa memanfaatkan seluruh media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook,Twitter, Whatsapp, Line, Youtube dan lain sebagainya. Namun agar penggunaan media sosial Anda lebih efektif dan efisien perbanyak promosi di media sosial yang paling sering digunakan oleh target pasar Anda.

Baca juga: Langkah Jitu Melakukan Proses Rebranding Melalui Social Media

 

Re-use Konten Anda

Konten yang bagus tidak selalu harus baru. Anda bisa menggunakan konten yang telah ada dengan sedikit modifikasi yang diberikan. Tambahkan pula informasi terbaru agar konten tersebut terlihat lebih fresh. Hal ini akan menghemat waktu Anda namun tetap menghasilkan sesuatu yang menarik.

Baca juga: Tips Branding Produk dengan Menggunakan Konten Video

 

Analisis Kinerja Konten

Untuk mengetahui performa konten yang Anda sajikan, lakukan analisis terhadap kinerja konten tersebut. Apakah mengalami peningkatan atau justru menurun? Lakukan pengecekan ini secara berkala. Untuk hal ini Anda juga dapat menggunakan bantuan website seperti Google Analytics. Evaluasi hasil analisis kinerja konten ini dan gunakan sebagai patokan dalam menyusun strategi pemasaran dan konten selanjutnya.

 

Lakukan Branding dan Promosi

Jangan langsung puas ketika sudah meng-upload konten Anda ke berbagai platform yang Anda miliki. Karena belum tentu jumlah orang yang melihat dan terpengaruh dengan konten Anda sebanyak yang Anda harapkan. Oleh karena itu lakukan branding dan promosi lebih lanjut untuk hasil yang lebih maksimal.

Lakukan branding dengan mempunyai konsep yang khas, menguatkan konten dan jalin komunikasi yang baik dengan audiens Anda. Selain itu distribusikan pula konten Anda secara kontinyu untuk mempertahankan konsumen lama serta menggaet konsumen baru. Bila perlu promosikan brand Anda secara berbayar melalui digital agency.

Baca juga:Pentingnya Emotional Branding untuk Mewujudkan Konsumen yang Loyal

 

Jika keberhasilan dalam pemasaran sudah berhasil Anda raih, jangan lupa juga memastikan pengelolaan bisnis Anda berjalan dengan tepat. Karena tanpa pengelolaan hasil akhir yang tepat, upaya awal yang Anda usahakan bisa jadi sia-sia. Jurnal software akuntansi menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti menginput penjualan serta pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman dan terotomatis.

Selain itu, Jurnal juga dapat diakses kapan saja dan dari mana saja. Sangat memudahkan bukan? Karena itu segara daftarkan bisnis Anda di Jurnal. Nikmati juga kesempatan free trial selama 14 hari. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

 

Author