Inovasi merupakan hal yang penting untuk berkembangnya perusahaan. Selain inovasi, produktivitas juga menjadi tolak ukur yang penting agar inovasi dapat terus dilakukan. Produktivitas pada akhirnya mendukung keseluruhan proses operasi keseluruhan perusahaan. Menjelang Masyarakat Ekonomi Asean pada akhir tahun 2015, berikut adalah 3 faktor utama yang harus diperhatikan untuk meningkatkan produktivitas usaha Anda.

1. Karakteristik Pengusaha

Karakteristik pengusaha dalam menjalankan usaha akan mempengaruhi keseluruhan proses operasi perusahaan. Dua karakteristik yang penting untuk dimiliki oleh pengusaha adalah, entrepreneurial mentality dan administrative mentality. Entrepreneurial mentality adalah kemampuan mental seseorang untuk berinovasi, memimpin, mengambil keputusan, melihat ke depan, dan menyelesaikan masalah. Seorang pengusaha dengan entrepreneurial mentality yang tinggi biasanya berjiwa mandiri, individualistis, dan berpikir positif.

Administrative mentality sendiri dibagi menjadi dua, yaitu analytical ability dan ability to the reality. Analytical ability mencakup kemampuan seseorang untuk mengumpulkan informasi, berpikir sistematik, kalkulasi data, dan memecahkan masalah. Ability to the reality mencakup kemampuan seseorang untuk bekerja sama, berpikir rasional, konsisten, dan stabil.

2. Strategi

Strategi yang baik adalah strategi yang mendukung visi dan misi perusahaan. Bisnis yang kecil dan menengah (UKM) harus memiliki strategi pemasaran yang berbeda dengan perusahaan besar pada umumnya. Strategi tersebut harus dapat disesuaikan dengan target pasar di daerah yang berbeda. Karena biaya pemasaran UKM yang terbatas, maka diperlukan kreativitas untuk merancang strategi pemasaran yang tepat dengan biaya yang rendah atau bahkan tanpa biaya.

3. Performa Bisnis

Performa bisnis akan menentukan berkembang atau tidaknya suatu perusahaan. Perusahaan dengan performa yang baik akan memiliki tingkat penjualan, keuntungan dan pengembalian modal yang tinggi, turnover karyawan yang rendah, dan luasnya pangsa pasar yang diraih. Karakteristik pemilik, strategi perusahaan, dan performa bisnis merupakan 3 hal yang berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain. Pengusaha yang baik akan membuat strategi bisnis yang mencerminkan visi dan misi perusahaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan performa perusahaan.


Sumber:

asaro9.wordpress.com
ejournal.unikama.ac.id