Jurnal Enterpreneur

Elemen Penting Brand Identity yang Wajib Anda Ketahui

Brand identity berhubungan dengan merek, dan orang-orang seringkali hanya mengetahui istilah ini sebatas membahas merek sebagai nama untuk sebuah produk. Padahal brand identity merupakan elemen yang lebih luas daripada itu. Brand identity atau identitas merek merupakan segala bagian yang membentuk persepsi orang terhadap suatu brand. Ada berbagai elemen dalam brand identity yang digunakan untuk menyampaikan karakter, komitmen, dan nilai dari produk agar lebih dikenal oleh konsumen.

Di dalamnya terdapat apa yang ingin dikatakan oleh merek, apa nilai-nilai yang dibawa, bagaimana mengomunikasikannya, serta apa yang Anda ingin orang lain rasakan ketika mereka berinteraksi dengan produk Anda. Atau dapat dikatakan bahwa identitas merek berkaitan dengan bagaimana karakter bisnis Anda dikenal, dipahami dan selalu diingat oleh konsumen. Dengan banyaknya aspek yang disentuh tidak heran jika sebuah bisnis akan berusaha sangat keras hingga mengalokasikan dana yang  tidak sedikit untuk membangun brand identity.

Baca Juga: Semua Hal tentang Brand Identity yang Perlu Anda Ketahui

 

Dalam artikel ini kita akan membahas apa saja elemen penting yang berpengaruh dalam membangun brand identity. Berikut penjelasan lengkapnya.

Logo merupakan satu bagian penting dari brand identity. Meskipun logo bukan keseluruhan dari identitas sebuah merek, namun logo adalah elemen penting dalam proses branding. Logo adalah bagian yang paling dikenal dari sebuah merek. Logo ada di hampir semua yang berhubungan dengan bisnis dan produk, mulai dari produk, media sosial, website, media promosi lain, kartu nama, proposal kerja sama dan lain sebagainya.

Bentuk Menarik

Bentuk yang menarik mempunyai fungsi yang sama pentingnya dengan sebuah logo. Tidak dapat dipungkiri bahwa bentuk yang menarik menjadi penentu keputusan awal mengapa seorang konsumen memilih untuk membeli produk Anda. Bentuk yang menarik mencakup banyak hal seperti kemasan, cara penyajian, interior toko, desain website, desain media sosial, penampilan karyawan serta layanan kepada konsumen.

Baca juga: Menarik Minat Pelanggan dengan Visual Marketing

Warna

Studi mengenai “dampak warna pada pemasaran” manyatakan bahwa 90% orang akan mengambil keputusan secara cepat untuk membeli produk atau tidak karena alasan warna. Produk dengan warna yang lebih menonjol dari yang lain dikatakan dapat lebih dikenali dan diingat oleh konsumen.  Selain itu, warna juga memengaruhi bagaimana konsumen melihat “kepribadian” dari merek tersebut.

Bahasa

Gunakan bahasa yang sesuai dengan identitas merek Anda. Jika identitas yang dibangun adalah merek yang mewah, maka gunakan bahasa yang profesional. Namun jika identitas yang dibentuk lebih kasual, maka cobalah untuk lebih banyak bicara menggunakan bahasa yang lebih akrab. Perlu diperhatikan bahwa bahasa yang Anda pilih harus diterapkan pada seluruh elemen bisnis.

Template

Elemen ini biasanya ditemukan dalam hal surat menyurat dan dokumen. Dalam bisnis Anda pastinnya pernah mengirim email, membuat kartu nama atau dokumen. Membuat template untuk hal semacam ini akan memberikan bisnis Anda tampilan dan nuansa yang lebih terpadu, kredibel, dan profesional. Bahkan hal-hal kecil seperti tanda tangan email pun perlu dibuat template agar sesuai antara yang satu dengan lainnya.

Konsistensi

Konsistensi menjadi elemen yang dapat menumbuhkan atau bahkan menghancurkan identitas merek. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Ini karena konsisten dibutuhkan dalam seluruh elemen pembentuk identitas. Anda harus konsisten ketika menentukan tujuan merek, logo, penggunaan warna, bahasa, template, kualitas dan lain sebagainya.

Fleksibilitas

Konsistensi memang diperlukan, namun tentu saja harus dibarengi fleksibilitas dalam hal tertentu. Anda harus tetap fleksibel dalam mencari hal-hal baru di masyarakat yang bisa dimasukkan ke dalam produk demi peningkatan kualitas. Fleksibilitas memungkinkan penyesuaian dalam promosi, slogan, dan bahkan memodernisasi serta modifikasi identitas untuk membuat konsumen tertarik. Namun dalam hal ini ada hal yang perlu diperhatikan yakni penyesuaian yang dibuat harus konsisten di seluruh elemen merek Anda.

Dokumen

Salah satu cara paling efektif untuk memastikan bahwa identitas merek dibangun dengan konsisten adalah dengan membuat seperangkat pedoman dan mendokumentasikan segala hal yang harus dan tidak boleh dilakukan. Menciptakan panduan yang jelas dan terpadu akan memudahkan pemasar dalam membangun identitas merek agar terus sejalan dengan identitas yang telah ditentukan.

Emosi

Sesuatu akan lebih dikenal dan terasa lebih dekat jika terhubung secara emosional. Identitas merek yang kuat dapat membangun hubungan emosional dengan konsumen. Ini merupakan dasar yang kuat untuk membangun hubungan yang langgeng antara konsumen dengan merek Anda.

Promosi

Apalah artinya Anda membuat desain yang sangat apik dengan pemilihan warna yang menonjol jika tidak dipromosikan kepada orang-orang. Melakukan promosi merupakan cara yang harus ditempuh untuk memperkenalkan merek Anda kepada target pasar. Ini adalah cara agar indentitas merek Anda diketahui.

Baca juga: Conversation Marketing: Strategi Pemasaran Hemat Biaya

 

Menciptakan brand identity yang kuat memang membutuhkan usaha yang lebih dalam mengolaborasikan berbagai elemen di atas. Namun usaha tersebut akan sepadan dengan hasil yang didapatkan. Ketika konsumen langsung mengenali siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan hanya berdasarkan logo saja, atau warna saja, merek sudah lebih dari sekadar nama dan simbol.

Tidak sampai di situ, menciptakan brand identity yang kuat, juga berarti memastikan pengelolaan keuangan bisnis berjalan dengan baik. Karena apalah arti Anda membangun merek dengan susah payah tanpa mempertahankannya dengan pengelolaan berkelanjutan. Kini mengelola modal bisnis dan keuangan bukanlah hal yang sulit. Anda dapat melakukannya dengan cepat, mudah dan aman dengan menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal. Permudah pengelolaan keuangan Anda dengan Jurnal agar Anda produktif dan fokus dalam menguatkan merek. Tertarik? Dapatkan info lengkapnya hanya di sini.

Kategori : Marketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo