Devisa Adalah? Pengertian, Fungsi, dan Sumbernya

Devisa adalah sejumlah emas atau valuta asing yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan diakui luas oleh dunia internasional. Devisa berada di bawah pengawasan otoritas moneter atau Bank Sentral. Untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh antar negara, devisa dibutuhkan untuk hal tersebut.

Secara fungsi, devisa memiliki fungsi yang hampir sama dengan uang. Yang membedakan adalah, devisa digunakan sebagai proses pertukaran antar negara. Devisa juga digunakan untuk mengukur kekayaan suatu negara, menimbun kekayaan negara, dan juga sebagai cadangan moneter negara tersebut.

Menghitung Rasio Likuiditas untuk Mengetahui Kinerja Keuangan Perusahaan

Sumber-Sumber Devisa Adalah?

Devisa negara merupakan salah satu cadangan dana yang penting bagi suatu negara. Penggunaannya ada bermacam-macam sehingga membuat negara wajib mengelola devisa negara dengan baik agar bisa tetap stabil. Pengelolaan devisa negara bergantung pada sumber devisa dan penggunaan devisa tersebut.

Sumber-sumber devisa negara berbeda antara satu negara dan negara lain. Setiap negara memiliki sumber devisa yang utama untuk menyokong stabilnya jumlah devisa negara. Setiap negara pasti memiliki lebih dari satu sumber devisa. Hal ini bertujuan agar negara masih mempunyai pegangan sumber devisa lain jika satu sumber mengalami penurunan.

Baca Juga: Pengertian dan Konsep Pendapatan Nasional

Adapun sumber dari devisa negara adalah:

Kegiatan Ekspor

Ekspor adalah andalan sumber devisa bagi negara yang memiliki sistem ekonomi terbuka. Semakin banyak barang atau jasa yang diekspor maka jumlah devisa negara juga semakin tinggi. Kegiatan ekspor ini biasanya dilakukan oleh banyak perusahaan yang berada di area negara tersebut.

Perusahaan melakukan ekspor hasil sumber daya yang dimiliki oleh negara tersebut. Bisa juga dengan melakukan ekspor barang yang telah jadi. Dengan semakin tingginya jumlah ekspor yang dimiliki suatu negara, maka semakin tinggi pula cadangan devisa negara.

Perdagangan Jasa

Untuk beberapa negara yang tidak memiliki sumber daya alam melimpah, jasa menjadi andalan untuk meningkatkan sumber devisa negara. Melakukan perdagangan jasa kepada negara lain menjadi salah satu hal yang cukup membantu. Terutama jika negara tersebut memiliki keahlian khusus yang jarang dimiliki negara lain.

Misalnya seperti Singapura yang memiliki jasa perdagangan sebagai salah satu sumber devisa nya. Negara-negara lain yang kurang memiliki keahlian dalam hal perdagangan bisa menyewa jasa Singapura agar bisa lebih mudah melakukan proses perdagangan itu sendiri.

Pariwisata 

Kunjungan turis mancanegara maupun domestik juga menjadi salah satu sumber devisa negara. Negara yang memiliki area pariwisata yang banyak tentunya bisa memiliki banyak sumber devisa dengan tingginya turis mancanegara yang hadir.

Pariwisata juga menjadi salah satu sumber devisa negara yang cukup mudah bagi negara. Dengan semakin tingginya turis mancanegara maupun domestik yang melakukan kunjungan pariwisata, maka sumber devisa negara juga semakin tinggi. Penting bagi negara untuk mengelola area pariwisata suatu negara agar tetap menarik.

Baca Juga: Ketahui Perkembangan dan Klasifiksai Akuntansi Internasional

Pinjaman Luar Negeri

Untuk negara dunia ketiga atau negara berkembang, pinjaman dari luar negeri adalah salah satu sumber devisa negara. Pemberian pinjaman ini biasanya disertai dengan kewajiban yang harus dipenuhi oleh peminjam. Negara tersebut cukup bergantung kepada negara lain atau dana pinjaman dari luar negeri.

Cukup banyak negara yang masuk kategori ini. Biasanya negara tersebut adalah negara-negara miskin yang memang memerlukan pinjaman dari luar negeri atau hadiah dari negeri lain agar tetap bisa bertahan.

Hibah dan Hadiah dari Luar Negeri

Pemberian dan hibah atau hadiah dari negara lain bisa menjadi sumber devisa negara. Tetapi hibah ini tidak disertai dengan ikatan atau kewajiban bagi penerima hadiah. Berbeda dengan pinjaman yang biasanya disertai batas pelunasan dan juga bunga yang perlu dibayar.

Hibah atau hadiah dari luar negeri tidak memiliki ikatan kontrak apapun. Sehingga Negara bisa menggunakan hadiah atau dana hibah tersebut dengan lebih leluasa. Meskipun pinjaman adalah cara yang paling sering digunakan, tetapi hadiah atau dana hibah cukup bisa membantu permasalahan suatu negara. 

Warga Negara yang Bekerja di Luar Negeri

Warga negara yang bekerja di luar negeri bisa menjadi sumber devisa negara. Misalnya untuk TKI dan TKW yang bekerja di luar negeri. Indonesia cukup sering mengirimkan TKI dan TKW ke luar negeri untuk bekerja. Hal ini bisa menjadi sumber pendapatan devisa negara yang stabil.

Pendapatan yang didapat adalah dari jumlah uang yang dikirim ke rekening yang ada di negara tersebut. Sehingga perubahan kurs akan terjadi dan sumber devisa negara akan didapatkan.

Bagi sebuah negara, penting untuk mendapatkan sumber devisa negara yang pasti dan mengelola agar negara tetap memiliki devisa negara yang cukup. Kestabilan devisa negara bisa menjaga nilai tukar mata uang negara tersebut terhadap mata uang negara asing. Manfaat lainnya adalah membiayai defisit pada neraca pembayaran.

Baca Juga: Membangun Branding, Strategi Eatlah Bertahan di Pasar yang Kompetitif

Fungsi dan Tujuan Penggunaan Devisa Adalah?

Devisa adalah memiliki fungsi dan tujuan tersendiri. Pentingnya adanya devisa negara merupakan salah satu bukti bahwa penggunaan devisa negara bisa sangat bermanfaat. Adapun fungsi dari devisa adalah:

  1. Sebagai alat pembayaran ekspor dan impor suatu negara.
  2. Sebagai alat pembayaran cicilan utang luar negeri beserta bunganya.
  3. Sebagai biaya penghubungan luar negeri seperti misi kesenian, perjalanan dinas, dan pemberian bantuan luar negeri.
  4. Sebagai sumber pendapatan negara untuk pembangunan negara.

Sedangkan Tujuan penggunaan Devisa adalah:

  1. Untuk membayar barang ataupun bahan yang diimpor oleh negara tersebut.
  2. Untuk membayar jasa ke luar negeri.
  3. Untuk membiayai perjalanan dinas ke luar negeri.
  4. Untuk membiayai korps diplomatik luar negeri.
  5. Untuk membiayai beasiswa para pemuda dan mahasiswa yang belajar di luar negeri.
  6. Untuk memberikan sumbangan ke negara lain.
  7. Membangun fasilitas umum yang ada di dalam negeri.

Hingga saat ini, posisi cadangan devisa negara Indonesia per akhir Agustus 2020 adalah 137,0 miliar dollar AS. jumlah ini naik dibandingkan sebelumnya yaitu akhir Juli 2020 yaitu sebesar 135,1 miliar dollar AS. peningkatan ini juga berpengaruh pada bisnis yang berjalan dalam negara Indonesia.

Tentunya jumlah devisa negara sangat berpengaruh terhadap perputaran keuangan dalam bisnis yang ada. Dengan stabilnya jumlah devisa negara, maka kurs atau mata uang negara tersebut akan tetap stabil. Sehingga jika diperlukan aktivitas ekspor ataupun impor, maka perhitungan pembayarannya akan jadi lebih mudah.

Bagi pemilik bisnis yang melakukan ekspor dan impor, tentunya berkontribusi untuk meningkatkan devisa negara. Perusahaan yang melakukan ekspor impor harus selalu tanggap terhadap perubahan perhitungan kurs nilai mata uang yang sering berubah-ubah. Tetapi hal ini bisa dimudahkan dengan menggunakan aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari.

Software aplikasi Jurnal by Mekari memiliki fitur multi currency yang akan dengan mudah mengelola harga dan perhitungan kurs untuk setiap transaksi perusahaan. Kurs yang terdapat dalam Jurnal juga selalui diperbaharui sesuai ketentuan yang berlaku sehingga perusahaan tidak perlu melakukan perhitungan secara manual.


PUBLISHED20 Oct 2020
Lavinda
Lavinda


Kategori : Keuangan