int(26578)
Ubiklan: Permudah Proses Purchasing Melalui Software Akuntansi
Startup

Ubiklan: Permudah Proses Purchasing Melalui Software Akuntansi

Situasi :

Jumlah kendaraan di negara berkembang seperti Indonesia mengalami kenaikan setiap tahunnya. Maka dari itu, tidak sedikit startup yang memanfaatkannya agar mendapat peluang bisnis baru. 

Seperti Ubiklan, dirikan sejak 2016 sebagai perusahaan iklan luar ruang (out of home advertising) berbasis teknologi. Melalui Ubiklan, pengiklan dapat memantau promosi dengan online, hingga mendapat dashboard terbaru mengenai iklan yang ditayangkan.

Glorio Yulianto selaku co-founder sekaligus CEO mengatakan Ubiklan mengundang mitra untuk bergabung dan menjadi partner sehingga cost advertising offline bisa lebih terjangkau, lebih termonitor, dan lebih terukur. Bahkan membantu masyarakat mendapat income tambahan. 

 

Tantangan :

Tidak hanya pelayanan saja yang didigitalkan, pengelolaan operasional perusahaan juga perlu mengikuti kemajuan teknologi. 

Misalnya, dalam hal quotation dan invoice Pengelolaan manual mengakibatkan proses pemberian keduanya begitu memakan waktu, ribet, seringkali hilang atau lupa menyimpan dokumen tersebut. Padahal, proses pembuatan quotation  serta invoice yang cepat dibutuhkan tim sales untuk memberikan penawaran terhadap klien.

Ketika keduanya sudah tercapai, giliran tim finance yang kadang kewalahan karena perlu meliput semua kegiatan sales menjadi laporan bulanan, kuartal atau tahunan. Proses penyusunan manual tentu memakan waktu, kadang lemburan atau terlambat.

Padahal, tim manajer dan direktur perlu sering-sering melihat report bulan demi bulan untuk mengetahui perkiraan keuangan Ubiklan.

 

Solusi :

Maka itu, Ubiklan menggunakan Jurnal untuk membantu merapikan dan membuat sistem finance menjadi seamless. 

Mulai dari proses purchasing seperti quotation & invoicing penagihan, hingga dimasukan ke dalam laporan bulanan.

  • Pembuatan Quotation

Dalam transaksi jual beli, quotation sebagai surat penawaran memang diperlukan untuk diberikan kepada klien setelah membuat permintaan. Jurnal menghadirkan draft penawaran penjualan beserta template yang sudah disediakan. Hanya memasukkan beberapa kata dan angka, quotation jadi dalam hitungan menit.

  • Pembuatan Invoice

Invoice memang memerlukan pembuatan yang jelas, benar dan tepat. Maka Jurnal menyediakan 11 template invoice yang mudah dimengerti serta praktis termasuk jika ingin melakukan penagihan terhadap klien. Rincian invoice juga lengkap dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Dengan Jurnal, pembuatan transaksi dapat berulang, pencatatan transaksi otomatis, dapat melampirkan dokumen pendukung. 

  • Pembuatan Laporan Bulanan

Transaksi yang masih berbentuk draft ketika membuat quotation tidak memeranguhi laporan bulanan Jurnal karena tidak terbentuk Jurnal Entry. Sedang untuk invoice, proses purchasing bagian akhir ini tentu memeranguhi laporan keuangan. 

Namun di Jurnal proses purchasing seperti ini langsung diintegrasikan ke dalam laporan keuangan. Tentu, hal ini menambah kredibilitas perusahaan di mata mitra serta pelanggan.

 

Hasil :

Kini, Ubiklan menggunakan software Jurnal dalam operasional keuangan bisnis terutama pada purchasing. 

Setiap quotation yang dikeluarkan dari tim finance dapat langsung dipantau. Bisanya proses quotation dengan manual memakan waktu 1-2 hari kerja, kini hanya 1 hari saja dapat langsung diterbitkan dengan kelayakan cetak serta hasil yang bagus.

Proses pembuatan invoice manual juga lebih cepat hingga 5x lipat. Proses manual biasanya sekitar 25 hari, kini hanya membutuhkan 3-5 hari. 

Glorio juga sering membuka Jurnal untuk mengecek sales, quotation, invoice dan laporan keuangan.

Dengan laporan keuangan yang real-time dan selalu up to date, Glorio dapat mengetahui estimasi proyeksi bisnis ke depan, keadaaan keuangan terkini, karena segalanya ada di dashboard Jurnal.

Track sales jadi lebih mudah. Segala laporan tersedia dalam satu platform, serta dapat diakses oleh banyak orang dari berbagai tim yang membutuhkan. 

Satu software untuk semua kebutuhan finance dan sales Ubiklan.Kesulitan juga dalam mengurus penjualan? kelola lebih efisien dengan software akuntansi Jurnal. Kelola & rencanakan purchasing secara profesional. Cepat, mudah disesuaikan, bahkan dapat dicoba gratis selama 14 hari.

Mulai Kembangkan Bisnis dengan Jurnal by Mekari

Tinggalkan sistem pembukuan manual dan beralih ke software akuntansi online yang modern & mudah digunakan. Coba gratis sekarang.