int(26575)
Rock Nation Mengotomatisasikan Akuntansi Bisnis dengan Jurnal
Usaha Mikro & Kecil

Rock Nation Mengotomatisasikan Akuntansi Bisnis dengan Jurnal

Situasi :

Beranjak dari hobi mengoleksi merchandise, membuat Ari Budiman merintis Rock Nation sejak 2009. Membuat website pada 2013, memperluas jangkauan usaha sejak 2014 dan berbadan hukum dengan nama PT Memorabilia Musik Indonesia. 

Rock nation adalah salah satu original licensed music merchandise di Indonesia baik dalam maupun luar negeri dengan berbagai macam genre & aliran. 

Sistem yang digunakan ada 3. Pertama, sistem beli putus. Kedua, licence, jadi kerjasama dengan band tertentu. Ketiga, titip jual, ada beberapa band yang menitip jualkan barangnya atau biasa disebut sebagai konsinyasi.

Dari segi pemasaran, Rock Nation memanfaatkan media online seperti website, media sosial dan chat messaging. Rock Nation juga kerap mengikuti beberapa event & festival untuk mengenalkan namanya.

Menurut Ari, awal-awal tahun pendirian memang cukup berat. Maka dari itu, agar bisnis terus dijalani, perlu adanya supply & demand, konsisten & persisten, cara pemasaran yang tepat serta pengelolaan keuangan yang benar. Karena pengelolaan bisnis dengan baik akan berkembang dengan sendirinya.

Tantangan :

Namun, pengelolaan keuangan yang baik tidak semudah yang dibayangkan, terutama soal akuntabilitas, kejelasan, detail, serta pembukuan  & pencatatan yang rapi. Terlebih jika harus menggunakan cara manual dengan excel. 

Penyusunan laporan keuangan manual memerlukan waktu serta proses yang lama, membuat cemas dan perlu disusun secara berkala.

Kebutuhan bisnis akan pencatatan harian setiap transaksi, menjaga kesehatan arus kas, pencatatan biaya,  serta pemantauan yang up to date membuat Ari mencari sistem accounting yang cocok bagi Rock Nation.

Selain pencatatan akuntansi, Ari juga sangat membutuhkan manajemen inventory karena bisnisnya berbasis ritel, sehingga banyak barang yang keluar & masuk.

Walau sempat terlintas menggunakan sistem offline, tuntutan bisnis akan serba online membuat Ari bertemu dengan Jurnal. Setelah berkenalan selama hampir 2 bulan, akhirnya Ari menemukan software sederhana yang dapat mengakomodasi semua dari sistem akuntansinya.

Solusi :

Setelah menggunakan Jurnal, Ari menyatakan bahwa Jurnal membantu Rock Nation dalam segala hal. Terutama dalam bentuk operasional. Segala kegiatan Rock Nation tidak terlepas dari Jurnal.

Khususnya untuk hal-hal seperti:

  • Pencatatan Transaksi Keuangan

Dengan software akuntansi Jurnal, tinggal memasukan transaksi bisnis ke dalam sistem, maka Jurnal akan mengotomatisasikan seluruh laporan keuangan secara instan serta real-time.  Laporan neraca, laba-rugi, utang piutang, penjualan dan pembelian, arus kas, hingga penutupan akuntansi.

  • Pencatatan Transaksi Penjualan

Jurnal membantu pencatatan setiap transaksi dalam bisnis secara cepat dan akurat. Baik kredit maupun tunai, diskon atau retur, serta sistem persediaan perpetual maupun sistem persediaan periodik.

  • Pencatatan Inventory

Jurnal membantu bisnis memiliki sistem inventory yang mudah seperti pemberitahuan & kalkulasi produk secara langsung, melacak penjualan produk terbanyak, mengimpor data persediaan, pemantauan terhadap bisnis multi cabang, hingga mengatur jumlah minimal stok sehingga pemesanan dapat tepat waktu.

Hasil :

Kini, Rock Nation dapat mengelola akuntansi dan keuangan dengan lebih cepat bahkan kurang dari 10 menit. Sehingga Ari dapat fokus pada hal-hal lain seperti strategi pasar serta pemasarannya agar penjualan disesuaikan dengan kondisi pasar musik setiap saat.

Ketika membuka Jurnal, Ari biasa membuka laporan mulai dari neraca, laba rugi maupun arus kas. Semuanya langsung ter-update, jadi lebih mudah ketika mengambil keputusan. 

Contoh: ketika melihat laba rugi, case nya sedang banyak, maka bisa mengambil keputusan untuk membeli barang lagi atau mengalokasikan dana ke strategi tertentu.

Jurnal juga mempermudah Rock Nation dalam mencatat transaksi penjualan. Jurnal juga mempermudah pencatatan transaksi penjualan yang ada. Transaksi penjualan dapat dilihat dalam waktu sepersekian detik saja. Kesalahan dapat langsung diketahui serta diperbaiki. 

Lalu dengan pengelolaan inventory juga memudahkan Rock Nation untuk mengetahui produk mana yang paling laku terjual, apakah produk band yang sedang marak dibicarakan atau produk untuk band-band yang sudah legend. 

Kini, saatnya Anda mengikuti jejak Rock Nation agar beralih menggunakan software akuntansi. Jurnal memiliki sistem accounting terbaik demi berkembangnya perusahaan.

Jurnal juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Simple dan mudah digunakan. 14 hari gratis untuk bisnis Anda.

Mulai Kembangkan Bisnis dengan Jurnal by Mekari

Tinggalkan sistem pembukuan manual dan beralih ke software akuntansi online yang modern & mudah digunakan. Coba gratis sekarang.