int(26567)
Bagaimana Jurnal Membantu Elang Cakra Sekurindo Percepat Pembuatan Keputusan
Perusahaan Menegah

Bagaimana Jurnal Membantu Elang Cakra Sekurindo Percepat Pembuatan Keputusan

Situasi :

Melihat peluang bisnis dan market yang besar, termasuk kebutuhan segala industri akan jasa pengamanan, membuat Andika Kaunang beserta ibunya mendirikan PT Elang Cakra Sekurindo atau yang biasa disebut ECS pada tahun 2006

Perusahaan yang melayani konsultasi pengamanan, penerapan peralatan keamanan, pendidikan dan pelatihan keamanan, penyedia tenaga keamanan, dan penyediaan tenaga satwa K9 kini sudah berkembang selama 14 tahun. 

Andika menyatakan persaingan industri jasa pengamanan cukup ketat, penerbitan izin BUJP hampir 1000 setiap tahunnya, pemain yang kebanyakan memang memiliki pendekatan personal karena pernah menjabat sebagai veteran petugas keamanan negara juga menjadi tantangan tersendiri bagi Andika yang tidak memiliki background polisi atau tentara.

Selain itu, banyak investor luar yang masuk lalu menanamkan modal di perusahaan besar menjadikan perusahaan lokal seperti Elang Cakra harus mengikuti perkembangan teknologi yang perusahaan besar miliki. 

Tantangan :

Salah satu tantangan teknologi yang dialami Andika yakni pengelolaan keuangan. Pengelolaan akuntansi dan keuangan dengan menggunakan excel tidak update secara real time, tidak dihasilkan otomatis, membuat Andika kewalahan. 

Di sisi lain, sebagai direktur, keputusan manajemen Andika harus didukung data informasi keuangan yang cepat dan akurat. 

Contohnya, saat mengikuti tender bisnis, misal ada tender satu, dua atau tiga bulan, Andika bingung membuat keputusan cepat karena tidak memiliki data keuangan akurat pada saat itu juga.

Solusi :

Sebagai salah satu langkah untuk mengikuti perkembangan teknologi dan membuat keputusan yang cepat, Elang Cakra memilih Jurnal sebagai solusi pengelolaan keuangan perusahaan. 

Jurnal fitur Laporan, yang menyediakan data informasi dan keuangan secara realtime sehingga membantu setiap keputusan manajemen dengan cepat. Profit per hari hingga modal yang dapat digunakan selanjutnya untuk ekspansi selalu tersedia secara otomatis oleh Jurnal.

Karena berbasis cloud dan online, Andika juga menggunakan Jurnal kapan pun dan di mana pun, baik di rumah, di mobil saat perjalanan, atau di kantor. Hanya dengan sekali klik, semua informasi keuangan sudah terpantau.

Lalu stok barang atau jasa juga dalam dikelola dan diperbarui dalam Jurnal sehingga ketika terdapat stok yang akan habis atau habis langsung dapat diketahui. Stok juga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis dengan format yang sudah disediakan. Seperti tanggal, nomor transaksi, akun, hingga daftar gudang tinggal dimasukkan angkanya saja.

Hasil :

Jurnal mendukung Elang Cakra siap bersaing dengan perusahaan besar. Elang Cakra dapat memangkas waktu pembuatan laporan keuangan hingga 3x lebih cepat dengan menganalisis data keuangan untuk mengidentifikasi tren dan solusi, menjaga performa bisnis secara real-time dan terpusat, mengarah ke keputusan terbaik bisnis.

Saat ini, ketika mengikuti tender, Andika sudah langsung menentukan apakah dapat mengikuti tender atau tidak karena laporan keuangan ter-update setiap 5 detik. Tidak ada lagi bias informasi, atau keputusan hanya berdasar emosi, apalagi ego deplesi.

Cukup dengan menginput berbagai transaksi bisnis ke Jurnal, maka angka-angka tersebut langsung otomatis menjurnal, memposting ke buku besar, lalu ke buku pembantu, bahkan menghasilkan laporan laba rugi dan neraca dalam hitungan menit yang dapat diakses kapan pun oleh Andhika.

Selain itu, persediaan peralatan keamanan yang dilayani Elang Cakra juga dapat dikelola melalui fitur stock opname Jurnal. Pencatatan barang menjadi lebih rapi, dimonitor kapan saja dan selalu ter-update setiap 5 detik. Lalu dapat diketahui juga peralatan apa yang paling dibutuhkan pasar berdasarkan produk paling laris.

Selain laporan keuangan dan kelola stok barang, Jurnal juga menyediakan invoice dengan 11 template desain faktur profesional. Kalau bisa dipermudah, kenapa masih mempersulit? Gunakan Jurnal sekarang dengan coba gratis selama 14 hari. Segala informasi akuntansi dan keuangan, kini sudah dalam genggaman.

Mulai Kembangkan Bisnis dengan Jurnal by Mekari

Tinggalkan sistem pembukuan manual dan beralih ke software akuntansi online yang modern & mudah digunakan. Coba gratis sekarang.