Automasi Proses Accounting Berikan Ruang Bagi Travelio Lakukan Ekspansi Bisnis
Teknologi

Automasi Proses Accounting Berikan Ruang Bagi Travelio Lakukan Ekspansi Bisnis

Situasi :

Travelio sebagai travel brand besutan PT Horizon Internusa Persada mempunyai cakupan bisnis yang cukup luas. Sebesar 70 persen pemesanan berasal dari dalam negeri, sementara sisanya berasal dari pengguna luar Indonesia. PT Horizon Internusa Persada yang merupakan salah satu entitas anak perusahaan PT Surya Semesta Internusa Tbk ini memang terkenal aktif dalam pengembangan hotel dan kawasan industri.

Brand ini melakukan diversifikasi usaha yang akhirnya berkembang menghadirkan layanan manajemen properti, yang bisa membantu perbaikan, pembersihan, hingga pelayanan untuk para tamu yang menyewa rumah atau apartemen. Hingga saat ini, telah ada empat ribu penginapan yang bisa disewa melalui platform Travelio.

Tantangan :

Pengembangan dan diversifikasi usaha ini pun juga dilandasi semangat Travelio untuk bertumbuh ke level yang lebih tinggi lagi. Menurut co-founder dan Chief Strategy Officer Travelio, Christina Suriadjaja, menyatakan bahwa Travelio ke depannya akan berfokus pada pengembangan pasar di Indonesia dan dalam waktu setahun ke depan. Mereka berniat untuk meluncurkan layanan baru di vertikal yang berbeda, demi mendukung layanan mereka saat ini.

Selain itu, fokus investasi akan digunakan untuk melakukan pengembangan teknologi serta menambah jumlah inventori penginapan di platform mereka. Maka tak heran, jika Travelio membutuhkan solusi automasi yang dapat dengan mudah dan cepat untuk diterapkan dalam kurun waktu kurang dari beberapa bulan saja.

Salah satu automasi yang paling dibutuhkan Travelio untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya adalah software accounting yang menawarkan berbagai fitur-fitur pendukung yang lengkap. Penambahan jumlah inventori penginapan di seluruh Indonesia dan beberapa negara tetangga tentu memerlukan manajemen dan tracking keuangan yang mumpuni. Di sisi lain, travelio hanya memiliki sekitar 200 karyawan saja, sehingga pengembangan ini harus diraih dengan cara selain optimasi tenaga kerja.

Solusi :

Salah satu cara yang dilakukan Travelio untuk melakukan pengembangan teknologi untuk pertumbuhan bisnisnya adalah dengan automasi proses accounting menggunakan Jurnal. Selain kemudahan proses yang ditawarkan oleh Jurnal, percepatan proses pembuatan laporan, invoicing otomatis, pelacakan arus kas, hingga fitur mobile accounting membuat Travelio tak perlu menyerap tenaga kerja baru lagi. 

Jurnal memberikan ringkasan bisnis periode tertentu yang terdiri dari data penjualan, pembelian, biaya dan laba rugi untuk segala transaksi yang dilakukan Travelio. Tak hanya itu, Travelio juga dapat melihat dan melakukan filter untuk periode tertentu pada laporan Neraca, Laba Rugi dan Arus Kas. Hal ini memberikan Travelio keleluasaan untuk mengatur dan mengarahkan bisnisnya dengan data-data yang lebih valid.

Monitoringnya menjadi lebih mudah karena melalui Jurnal, Travelio juga dapat melihat daftar akun kas & bank serta jumlah total saldo akun kas & bank yang dimiliki. Jurnal juga memungkinkan monitor data keuangaan dari setiap inventori penginapan, sehingga pengembangan bisnis jadi lebih terkontrol dan terukur. 

Hasil :

Langkah-langkah automasi accounting yang diberikan oleh Jurnal membantu Travelio untuk bisa memproses bisnis dengan lebih cepat dan efisien. Pencatatan arus kas dan pembuatan laporan keuangan yang membutuhkan setidaknya 2 hari kerja, kini dapat diselesaikan dalam hitungan menit saja. Laporan yang dihasilkan pun jadi lebih rapi dan memiliki template yang seragam, sehingga memberikan standarisasi yang lebih baik pada proses bisnis Travelio.

Di sisi lain, Invoicing otomatis juga memberikan banyak ruang bagi Travelio untuk bisa mengatur sebanyak lebih dari 4000 inventori penginapan dan properti jauh lebih efektif. Tak perlu lagi menggunakan cara-cara manual yang bisa menguras waktu dan membutuhkan penyerapan tenaga kerja lebih, kini prosesnya cukup ditangani oleh satu tim kecil saja.

Executive Director dan Regional Leader Travelio juga bisa memonitor perkembangan bisnis secara real-time tanpa perlu meminta laporan keuangan dan arus kas yang komprehensif terlebih dahulu. Hal ini memberikan lebih banyak ruang bagi Travelio untuk bisa bergerak dengan lebih agile dan lebih berfokus pada ekspansi bisnisnya.

Menyadari keunggulan fitur-fitur cloud accounting dari Jurnal, Travelio pun memutuskan untuk mengadopsi software di paket ernterprise yang menyediakan paket paling lengkap dan mutakhir. Di sisi lain, kemudahan yang dihadirkan Jurnal melalui automasi modern, cocok digunakan untuk hampir semua usaha, khususnya untuk usaha-usaha yang ingin melakukan ekspansi bisnis secara cepat. Cari tahu selengkapnya tentang fitur lain dari Jurnal di sini, atau coba Jurnal gratis selama 14 hari dengan mengisi form ini.

Mulai Kembangkan Bisnis dengan Jurnal by Mekari

Tinggalkan sistem pembukuan manual dan beralih ke software akuntansi online yang modern & mudah digunakan. Coba gratis sekarang.