Jurnal Enterpreneur

Begini Cara Software Akuntansi Membantu Menaikkan Omzet Bisnis

Sistem akuntansi manual dengan menggunakan spreadsheet dinilai tidak efektif, rumit, dan sangat terbatas lingkupnya. Kemajuan teknologi saat ini membuat banyak perusahaan yang mulai berpindah menggunakan software akuntansi. Dengan software akuntansi dapat mempermudah Anda dalam membuat laporan keuangan.

Software akuntansi mampu mengumpulkan data keuangan perusahaan dalam waktu yang cepat. Anda juga dapat menambahkan informasi keuangan yang terintegrasi. Misalnya saja rekening bank, informasi pajak, dan sistem payroll. Dengan sistem yang serba otomatis, software akuntansi punya banyak manfaat untuk perusahaan Anda, salah satunya meningkatkan omzet bisnis. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Omzet Penjualan Produk

 

Manfaat Software Akuntansi

Melalui sistem yang terdapat pada software akuntansi, Anda dapat merasakan kemudahan untuk segala aspek keuangan bisnis. Berbagai fitur yang ada, dapat Anda manfaatkan secara maksimal. Inilah manfaat software akuntansi yang dapat membantu bisnis Anda:

  • Pengerjaan laporan keuangan secara singkat. Karena otomatisasi sistem yang ada pada software, dapat menghasilkan data yang cepat. Anda cukup memasukkan data yang dibutuhkan, dan sistem akan menarik hasil yang lengkap sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Data yang dihasilkan lebih akurat. Tidak semua orang mampu menghafal rumus akuntansi sehingga dengan adanya software akuntansi, Anda tidak perlu lagi pusing menghafalkan rumus akuntansi saat menarik data keuangan.
  • Menghindari risiko salah hitung laporan. Semua laporan dikerjakan oleh sistem, jadi sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi human error. Karena sedikit kesalahan saja tentu saja akan berdampak besar bagi kelangsungan bisnis Anda. 
  • Keseluruhan pencatatan akuntansi berjalan otomatis. Inilah kemudahan yang ditawarkan oleh software akuntansi yang tidak bisa didapatkan oleh pencatatan manual. Anda cukup memasukkan data secara berkala untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara real time. Saat Anda sudah melakukan pencatatan secara berkala, Anda dapat memantau kondisi keuangan perusahaan kapan saja. Data yang dihasilkan adalah real time saat itu juga. 

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh software akuntansi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Tidak hanya sebagai solusi kemudahan bagi bisnis Anda saja, software akuntansi juga bisa menaikkan omzet bisnis. Bagaimana caranya? 

 

Bagaimana Software Akuntansi Mampu Menaikkan Omzet Bisnis

Setiap bisnis tentu saja memiliki tujuan untuk menghasilkan profit yang maksimal. Profit didapatkan dari omzet penjualan setelah dikurangi biaya-biaya. Agar profit perusahaan tinggi, tentu saja omzet penjualan harus naik atau menekan biaya-biaya yang dikeluarkan. Permasalahannya adalah, menaikkan omzet penjualan bukanlah perkara yang mudah. Di tengah persaingan industri yang cukup ketat, Anda perlu menggunakan strategi yang tepat untuk menghadapinya. 

Mengetahui informasi keuangan secara lengkap adalah salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan omzet. Anda dapat memanfaatkan software akuntansi untuk mengelola secara maksimal. Data-data yang dihasilkan oleh software akuntansi akurat dan kredibel.

Dari data yang dihasilkan oleh laporan keuangan perusahaan, software akuntansi dapat membandingkan data keuangan pada masa lalu dengan data saat ini. Kekurangan pada strategi perusahaan masa lalu dapat dijadikan pelajaran dan diperbaiki. Dengan pengelolaan yang baik akan membantu perencanaan bisnis yang lebih baik. Anda bisa menarik kesimpulan dari hasil laporan yang tersedia secara real time sehingga berbagai strategi peningkatan omzet penjualan dapat dibuat kapan pun.

Semua hasil laporan yang ditarik dari software akuntansi memiliki data yang kredibel. Keputusan atau kebijakan yang dibuat untuk strategi bisnis perusahaan berdasarkan data dapat dipertanggung jawabkan. Informasi data yang lengkap dan kredibel adalah langkah awal untuk mendukung kenaikan omzet penjualan.

Dengan mengetahui manfaat software akuntansi, Anda dapat membuat gambaran untuk mengevaluasi dan menaikkan kinerja karyawan. Didukung dengan pengelolaan bisnis yang efektif, akan membantu peningkatan omzet penjualan sekaligus menekan biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan kelengkapan data pada laporan keuangan. 

Baca juga: Pertimbangan Penting Ketika Memilih Software Akuntansi untuk UKM

 

Jurnal adalah software akuntansi Indonesia yang membantu Anda menghasilkan data laporan keuangan lengkap. Melalui Jurnal, Anda tidak perlu menghitung laporan keuangan secara manual. Tentu saja dengan fitur yang lengkap akan membantu menaikkan omzet penjualan bisnis Anda. Daftar Jurnal sekarang, free trial 14 hari!

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo