Jurnal Enterpreneur

Cara Simple Mengatasi Pembukuan Penjualan dan Pembelian

Pembukuan penjualan dan pembelian merupakan pencatatan transaksi keuangan. Transaksi yang sudah tertulis termasuk penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang keluarkan oleh perseorangan atau organisasi.

Pembukuan ini biasa melakukannya perusahaan yang melakukan transaksi untuk mencatat setiap kegiatan jual atau beli yang terjadi. Hal ini melakukan untuk memudahkan penulisan laporan keuangan di akhir periode akuntansi.

Di artikel ini akan menjelaskan pengertian lebih dalam seputar pembukuan penjualan dan pembelian serta cara membuatnya. Simak ya!

Penjualan Tunai dan Buku Pembelian/Pengeluaran

Buku kas adalah catatan sentral yang merekap semua uang masuk ke dan keluar dalam bisnis Anda. Sering disebut sebagai arus kas. Untuk melengkapi buku kas, Anda akan perlu untuk berpegang pada:

  • Buku cek
  • Cek yang batal
  • Laporan bank
  • Salinan faktur Anda sendiri
  • Catatan penerimaan dan pengiriman
  • Faktur pemasok Anda
  • Penerimaan untuk semua pembelian tunai
  • Salinan pembayaran yang melakukannya atau menggunakan sistem perbankan online
  • Laporan kartu kredit atau debit
  • Transaksi kredit dan slip/voucher kartu debit

Sebuah catatan terpisah untuk penjualan dan pembelian (penerimaan dan pembayaran) adalah hal yang masuk akal dan harus dilakukan pebisnis untuk menjaga kelangsungan usaha mereka. Setelah Anda memiliki omset tertentu, itu akan membantu Anda menghitung kewajiban PPN.

Merekam jenis biaya yang terkait usaha atau pribadi akan sangat membantu ketika mengisi pajak dan PPN pengembalian tahunan Anda (jika terdaftar untuk PPN).

Namun, periksa entri individu dalam buku kas Anda dengan pernyataan bank untuk mengambil barang-barang yang membayarkan langsung ke rekening bank Anda. Jika Anda membayar dengan cek. Oleh karena itu, Anda juga harus memeriksa bahwa semua ini telah benar dikreditkan oleh pemasok Anda.

Ringkasan Buku Kas

Ringkasan buku kas untuk mencocokkan total dari buku kas penjualan dan pembelian buku kas pembelian serta biaya. Ini membantu Anda guna memeriksa saldo pembuka dan penutup di setiap hari dalam aktivitas bisnis serta membantu Anda memantau bagaimana bisnis Anda berkembang.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam rekonsiliasi buku kas:

  • Saldo akhir kas harus selalu sama uang tunai di tangan. Jika tidak perbedaan tersebut harus diselidiki. Ini mungkin karena tanda terima atau pembayaran yang belum tercatat.
  • Saldo rekening penutupan cek harus selalu sama dengan saldo pada laporan bank pada penutupan bisnis pada hari yang sama dengan akun cek yang telah dibuat.

Dalam paragraf ini, bisnis yang terstruktur mampu membuat kebutuhan akan buku kas lebih dari cukup. Namun, menjaga penjualan dan buku besar pembelian. Seperti yang menunjukkan di sini akan memungkinkan Anda untuk merekam penjualan, pembelian secara kredit, dan melacak jumlah yang terhutang kepada Anda.

Oleh karena itu, dari penjualan dan oleh Anda untuk pembelian. Ini akan membuat manajemen arus kas lebih mudah. Dengan kata lain, laporan keuangan juga akan lebih mudah karena transaksi terekap dengan detail.

Banyak bisnis memilih untuk menggunakan software akuntansi untuk membantu mereka mengelola ini agar lebih efisien. Dengan kata lain, membuat proses lebih cepat dan lebih mudah. Selain itu, menggunakan software akuntansi juga dapat melakukan proses e-filing (mengirimkan catatan elektronik) secara sederhana.

Jurnal Pembukuan Penjualan dan Pembelian

Dalam paragraf ini, Fleksibilitas memberikan Anda kebebasan untuk menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah, atau di mana saja. Anda akan memiliki gambaran yang up-to-date tentang bagaimana bisnis Anda berjalan. Namun, tidak peduli di mana Anda berada.

Dengan software akuntansi cloud, Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, dari mana saja di dunia. Kesimpulannya, ketika data Anda sangat mudah untuk diakses, segala kemungkinan bisa terjadi.

Jurnal sebagai aplikasi invoice dan kwitansi juga memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang sangat baik, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time. Menambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat. Kesimpulannya hubungi kami kapan saja tim support kami siap membantu Anda.

Berikut akan membahas bagaimana cara memilih aplikasi pembukuan usaha untuk jaga performa bisnis oleh blog Jurnal By Mekari.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo