Usaha kecil hingga menengah (UMKM) dan jenis bisnis lain biasanya beroperasi dengan anggaran pemasaran terbatas sehingga tidak memiliki porsi untuk menyewa iklan yang mahal. Banyak pemasar UMKM mungkin menjadi frustrasi dengan pilihan iklan berbayar. Karena anggaran mereka seringkali dapat membatasi jumlah calon konsumen yang dapat mereka jangkau dengan iklan berbayar. Jadi, apakah ada opsi iklan bisnis gratis?

Ada banyak pilihan iklan bisnis gratis secara online yang memungkinkan bisnis untuk bisa lebih berkembang tanpa harus mengkhawatirkan masalah anggaran. Cara gratis ini bisa Anda gunakan untuk meningkatkan visibilitas, mendorong penjualan, dan meningkatkan konversi. Dengan memasukkan sepuluh tips ini ke dalam strategi pemasaran digital, Anda dapat mengurangi biaya dan menghemat lebih banyak anggaran.

Pasang Selebaran (Flyer) atau Poster di Papan Buletin Komunitas

10 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis Bagi Pemasaran Bisnis Apakah Anda memiliki pusat komunitas di daerah terdekat? Jika demikian, manfaatkan papan buletin yang tersedia. Tempel poster dan selebaran menarik yang meningkatkan eksistensi bisnis Anda.

Biasanya, komunitas di kampus-kampus sering terbilang aktif untuk mengadakan berbagai acara dan hal ini bisa menjadi sasaran empuk bagi pengiklanan gratis. Anda memiliki kesempatan untuk menarik perhatian mereka. Untuk melakukan ini, sampaikan pesan yang sangat relevan dari bisnis dengan jenis komunitas yang ditargetkan.

Dukung Komunitas Lokal

10 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis Bagi Pemasaran Bisnis

Ketika mencoba membuat dampak positif di komunitas, iklan gratis adalah hasil yang terkesan “alami”. Aktif mendukung acara yang dibuat suatu komunitas lokal akan membantu mengangkat nama bisnis Anda di area komunitas tersebut. Dan mungkin saja Anda bisa menghasilkan penjualan langsung dari acara yang dibuat komunitas tersebut. Ketika orang-orang memiliki persepsi positif tentang bisnis Anda, mereka akan merekomendasikan tempat bisnis Anda kepada orang lain–bisa dibilang, teknik Word-of-Mouth teraplikasikan di sini.

Anda bisa mensponsori acara sekolah atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kampus-kampus tertentu. Menjadi relawan bagi komunitas-komunitas tersebut menjadi alasan penting untuk meningkatkan nilai bisnis sekaligus pemasaran atau pengiklanan gratis.

Kirim Press Release ke Koran Lokal

10 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis Bagi Pemasaran Bisnis

Apakah bisnis Anda memiliki informasi menarik dan layak diberitakan? Jika demikian, jangan lewatkan kesempatan untuk menyebarkan informasi tersebut ke khalayak luas! Kirim Press Release bisnis Anda ke koran-koran lokal. Biasanya, koran-koran lokal akan menawarkan space iklan secara gratis. Jadikan bisnis Anda terkenal di depan mata lebih banyak orang di luar area yang bisa Anda jangkau.

Mulai Blogging Secara Teratur

10 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis Bagi Pemasaran Bisnis

Blogging terkait informasi produk bisnis Anda dapat menarik orang yang sebelumnya tidak mengenal bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki anggaran cukup untuk menyewa jasa pengatur Search Engine Optimization (SEO), Anda bisa mulai blogging sendiri secara konsisten dan teratur. Dengan hal ini diharapkan banyak orang akan mengenal bisnis Anda dan mendapat manfaat dari konten yang Anda buat di Blog.

Ketika mereka mendapatkan manfaat dan inspirasi dari konten yang Anda buat, mereka akan memberikan rasa hormat dan kepercayaan pada bisnis Anda. Akhirnya, jenis iklan gratis ini akan terbayar penuh ketika mereka menjadi pelanggan tetap bisnis Anda.

Bergabunglah dan Tetap Aktif dalam Grup atau Forum Online

10 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis Bagi Pemasaran Bisnis

Gunakan forum dan grup media sosial tertentu untuk keuntungan pemasaran bisnis Anda. Anda tidak perlu menjual atau terus-menerus berbicara tentang bisnis secara agresif. Cukup dengan ikut dalam percakapan yang relevan dengan kegiatan bisnis Anda dapat mendatangkan calon pelanggan potensial bagi bisnis Anda. Salah satunya, LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk menerapkan strategi ini.

Daftarkan Bisnis di Beberapa Direktori Online

10 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis Bagi Pemasaran Bisnis

Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda di Direktori online populer seperti Google My Business, Yelp, Bing, Yellowpages, dan Angie’s List. Namun, ada juga banyak direktori lokal lainnya yang bisa Anda coba daftarkan. Ini akan mempertajam tingkat kompetisi bisnis dan memudahkan kiat pengiklanan bisnis Anda. Dan untuk menghasilkan hasil terbaik, Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda pada campuran kedua jenis direktori tersebut.

Tulis dan Bagikan Pengalaman Bisnis

10 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis Bagi Pemasaran Bisnis

Sebenarnya, tips ini masih terkait dengan poin nomor empat. Pertanyaannya: Apa yang telah Anda pelajari dari data internal bisnis Anda dalam kuartal atau tahun-tahun terakhir? Sudahkah Anda memperoleh wawasan berharga mengenai penjualan, pemasaran, keuangan, atau sumber daya manusia? Jika demikian, bagikan pengalaman terkait hal-hal tersebut dengan maksud untuk membantu orang lain. Dengan melakukannya, Anda akan mendapatkan kepercayaan dari pembaca Blog Anda dan tentunya mendatangkan calon pelanggan baru.

Menulis Konten Guest Blog di Blog Populer Lain

10 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis Bagi Pemasaran Bisnis

Menulis blog tamu atau Guest Blog di blog populer lainnya dapat menjadi cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan baru secara online dan gratis. Tidak peduli apa jenis bisnis Anda atau apa jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan, ada banyak peluang bagi bisnis Anda ketika mem-posting konten blog tamu di blog yang relevan dengan jenis bisnis Anda dan cukup populer.

Salah satu manfaat paling signifikan dari menulis Guest Blog adalah Anda dapat menjangkau pelanggan baru. Jika Anda mem-posting konten di blog terkenal yang memiliki pembaca setia dan berjumlah banyak, Anda dapat mendapatkan kelompok konsumen baru yang akan mencari tahu produk atau layanan bisnis Anda.

Bekerja Sama dengan Influencer

10 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis Bagi Pemasaran Bisnis

Membangun hubungan dengan influencer di area bisnis Anda dapat membuka pintu bagi kiat pemasaran gratis. Bisnis Anda dapat ditampilkan di media sosial mereka, diundang ke postingan tamu di blog mereka, dan sebagainya. Masih ada influencer yang bisa Anda ajak kerja sama dengan biaya nol rupiah atau hanya dengan memberikan merchandise dari produk bisnis Anda kepada mereka. Dan tentunya peluang seperti itu akan meningkatkan popularitas bisnis Anda.

Mengadakan Giveaway atau Kontes Media Sosial

10 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis Bagi Pemasaran Bisnis

Hadiah giveaway atau kontes yang Anda buat di media sosial seperti Instagram atau Twitter akan menghasilkan kegembiraan bagi pelanggan bisnis. Anda bahkan bisa meminta followers Anda untuk menandai atau memberikan tag ke orang lain sebagai bentuk kontes yang Anda buat. Mereka yang ikut kontes secara otomatis akan mengaplikasikan Word-of-Mouth dengan membagikan Tag media sosial bisnis Anda ke keluarga atau sahabat-sahabat mereka. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan promosi bisnis gratis.

Berikut sepuluh tips iklan gratis yang bisa bisnis Anda gunakan. Jika cerdas, Anda bisa memanfaatkan segala kemungkinan mengingat sekarang ini internet menjadi sumber komunikasi dan arus penyaluran informasi yang penting dan murah biaya. Dan ketika Anda berhasil menghemat anggaran dengan memanfaatkan iklan gratis, sisa anggaran bisa Anda gunakan untuk menyewa Software Akuntansi bagi keperluan pengelolaan keuangan bisnis.

Anda bisa mencoba salah satu Software Akuntansi yang memiliki fitur lengkap dan harga terjangkau yaitu Jurnal. Dan dengan Jurnal, Anda bisa mencatat segala transaksi bisnis di mana pun dan kapan pun secara mobile melalui aplikasi Jurnal Touch. Sehingga Anda tidak perlu repot membuka laptop atau menyalakan PC untuk mengerjakan pencatatan dan pelaporan keuangan bisnis Anda. Klik di sini untuk melihat Guidebook penggunaan Jurnal Touch di Smartphone atau Tab Anda.