10 Cara Jitu untuk Melakukan Promosi Usaha

Sebuah bisnis tentunya memerlukan promosi sebagai media pemasarannya karena tanpa adanya promosi usaha sulit untuk bisnis dikenal oleh konsumen. Bukan hanya itu, promosi usaha kini pun sangat berguna sebagai sarana engagement dengan konsumen sehingga dampak yang diperoleh lebih panjang. Bahkan karena alasan ini promosi usaha sudah menjadi hal yang sangat wajib dilakukan bahkan ketika bisnis telah berkembang.

Namun satu hal yang perlu diketahui bahwa promosi dan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu saja sebagai pemilik bisnis Anda tidak ingin jika biaya yang dikeluarkan cukup banyak menuai hasil yang tidak efektif. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih cara promosi apa yang memang sesuai dengan brand Anda sehingga hasilnya optimal. Berikut 10 cara jitu yang bisa dijadikan referensi ketikan melakukan promosi.

Baca Juga: 5 Strategi Promosi Terkini dengan Budget Terbatas

1. Diskon

Diskon selalu jadi jurus andalan pemilik bisnis untuk menarik pembeli. Sebagian besar konsumen biasanya akan memutuskan untuk membeli ketika melihat label potongan harga tertera di produk Anda. Jenis-jenis diskon yang bisa diterapkan cukup banyak. Bisa dalam bentu potongan harga, mendapatkan produk gratis untuk pembelian dalam jumlah tertentu, diskon khusus untuk profesi tertentu, diskon melalui kode voucher, diskon ongkos kirim dan lain sebagainya.

Namun dalam penerapan diskon tidak boleh gegabah. Sesuaikan dengan jenis produk, keuntungan yang ingin dicapai dan kemampuan modal Anda. Jangan sampai diskon ini yang justru menyebabkan kerugian pada bisnis Anda.

2. Menggunakan Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu media paling efektif untuk melakukan promosi karena hampir semua orang menggunakan akun media sosial di kehidupan sehari-hari. Unggahan Anda tentang produk dan promosi di media sosial dapat diakses oleh ribuan orang, baik lokal hingga internasional. Jangkauan yang luas ini bisa dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu tinggi karna pemakaian media sosial memang tidak dipungut biaya.

Selain itu, promosi di media sosial tidak hanya tentang menjual, tetapi juga dapat membantu branding dan membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan di media sosial. Strategi ini membuat loyalitas konsumen lebih bertahan lama.

3. Memanfaatkan Momentum

Manfaatkan momen-momen seperti perayaan hari raya idul fitri, natal, hari sumpah pemuda, hari ulang tahun dan lain sebagainya. Berikan penawaran terbaik atau harga terbaik ketika hari-hari seperti ini datang. Atau bisa juga dengan mengonsep produk Anda sesuai dengan momen yang sedang dirayakan. Pada hari-hari besar seperti ini, orang-orang biasanya berbondong-bondong mencari barang yang akan menggambarkan momen yang mereka rayakan.

Mereka bisa saja berbelanja dengan jumlah yang sangat banyak, jadi tidak terlalu merugikan jika Anda memberikan harga yang lebih miring. Ini justru akan lebih menarik minat konsumen untuk membeli di tempat Anda daripada ke tempat lain dengan produk yang sama.

4. Menjadi Sponsor

Saat ini banyak sekali event-event yang diadakan oleh berbagai pihak baik itu sekolah, kampus, perusahaan, instansi, event organizer tertentu dan lain sebagainya. Biasanya, penyelenggara membutuhkan sponsor untuk mendukung event tersebut. Anda dapat memanfaatkan event ini sebagai wadah promosi dengan berpartisipasi menjadi sponsor.

Dengan menjadi sponsor, Anda dapat membuat brand Anda lebih dikenal dengan memberikan produk sebagai doorprize atau memasang booth pada event tersebut. Keuntungan lainnya adalah MC biasanya akan membacakan nama-nama sponsor bahkan hingga berulang kali.

5. Membuka Kesempatan Menjadi Reseller dan Dropshipper

Para reseller dan dropshipper dapat menjadi pihak-pihak yang ampuh dalam mempromosikan brand Anda. Keduanya akan menjadi perpanjangan tangan yang membuat Anda menjual produk lebih cepat. Dengan adanya reseller dan dropshipper, Anda pun dapat mempromosikan dan menjual produk bahkan ke daerah yang belum pernah dijangkau sebelumnya. Namun untuk reseller dan dropshipper akan ada harga khusus yang tentunya lebih rendah.

6. Membuat Giveaway

Hampir semua orang menyukai hadiah. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan hadiah sebagai sarana untuk menarik konsumen. Agar lebih efektif untuk promosi, sebaiknya tidak memberikan hadiah secara cuma-cuma. Anda bisa memberikannya melalui program give away.

Bisa dengan menjawab pertanyaan, mengikuti kontes, mempromosikan brand Anda, membagikan posting-an Anda di media sosial dan lainnya. Cara ini tidak hanya menarik konsumen tetapi dapat juga menaikkan engagement brand Anda.

7. Membuat Iklan di Tempat yang Tidak Biasa

Orang-orang akan lebih memperhatikan jika Anda berbuat sesuatu yang berbeda dibanding yang ada sebelumnya. Begitu pun dengan posisi. Orang akan lebih memperhatikan iklan Anda jika diletakkan di tempat yang tidak biasa. Namun tempat yang tidak biasa ini pun diusahakan tidak tersembunyi dan bisa diakses oleh orang banyak.

Jika iklan biasanya di tempatkan di televisi, koran, majalah dan media lainnya, maka cobalah hal berbeda. Anda bisa membuat iklan Anda terlihat di pegangan bus, di aspal trotoar, di pintu masuk ruangan, di tangga dan lain sebagainya.

8. Bergabung dalam Komunitas

Bergabunglah dengan konsumen Anda dengan memasuki komunitas-komunitas mereka. Komunitas biasanya berisi orang-orang dengan pemahaman, hobi, kesukaan dan konsen yang sama. Ketika Anda memasuki komunitas yang sesuai dengan brand, Anda bisa mendapatkan banyak calon konsumen sekaligus. Selain itu, mengikuti kegiatan di dalam komunitas membuat Anda mengerti apa yang disukai dan dibutuhkan oleh calon konsumen sehingga Anda dapat menyesuaikan produk Anda dengan preferensi itu.

9.Memberikan Pengetahuan

Saat ini banyak sekali akun-akun media sosial sebuah brand yang justru lebih banyak berbagi pegetahuan dan menjadi wadah sharing mengenai berbagai masalah dibanding melakukan promo. Anda mungkin merasa ini buang-buang waktu, namun ternyata ini menjadi sebuah cara yang efektif. Dengan berbagi kepada mereka akan merasa lebih dekat dengan brand Anda dan itu berlangsung jangka panjang. Kedekatan ini yang membuat apapun bahasa promo Anda akan lebih mudah diterima.

10. Strategi Word of Mouth

Promosi paling efektif saat ini yang dapat dilakukan adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi kepada konsumen, maka konsumen tersebut akan memberikan informasi kepada orang lain lagi. Dengan begitu, informasi mengenai usaha Anda akan tersebar di pasaran.

Baca juga : 5 Strategi Promosi Terkini dengan Budget Terbatas

Itu tadi 10 cara yang bisa dijadikan referensi ketika melakukan promosi usaha. Pilihlah cara yang tepat agar dapat benar-benar membantu bisnis berkembang untuk jangka panjang. Dalam prosesnya, jangan lupa selalu mencatat pengeluaran dan mengelola keuangan. Hal ini agar Anda dapat mengontrol pengeluaran dan  menganalisis keberhasilan strategi Anda sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

Dengan berkembangnya teknologi, pengelolaan keuangan bisnis kini semakin mudah dilakukan, bahkan bagi Anda yang tidak mempunyai basic di bidang akuntansi. Gunakan software akuntansi Jurnal untuk mempermudah pencatatan keuangan secara efektif. Ketahui fitur-fitur Jurnal untuk pengelolaan keuangan bisnis Anda di sini.

[adrotate banner=”23″]


PUBLISHED15 Jan 2020
Desra
Desra

SHARE THIS ARTICLE: