Tidak mudah untuk menjadi seorang decision maker yang tegas, apalagi jika menyangkut urusan perusahaan. Sama seperti kekuatan otot dan suara yang indah, ketegasan pun dapat dibentuk melalui berbagai bentuk latihan. Berikut adalah 10 cara yang dapat Anda terapkan untuk melatih ketegasan Anda:

1. Jangan Ragu Membuat Perubahan

Latihlah ketegasan Anda dengan cara mengambil keputusan sesering mungkin. Khususnya saat menentukan titik-titik perubahan. Jangan takut melakukan perubahan karena ada hal bermanfaat yang dapat dipelajari melalui keputusan tersebut.

2. Membuat Kerangka Kerja

Keputusan yang baik adalah keputusan yang dibuat berdasarkan hasil analisis dan penemuan. Pastikan Anda memiliki kerangka kerja yang baik untuk memecahkan masalah dan menganalisa kesempatan yang muncul dari keputusan Anda.

3. Istirahat

Pikiran yang lelah tidak akan menghasilkan keputusan yang jernih. Tidurlah sejenak dan berikan “ruang bernapas” bagi diri Anda. Berilah waktu bagi pikiran Anda untuk mempertimbangkan keputusan tersebut dan waktu bagi orang lain untuk memikirkan opsi lainnya.

4. Fokus menjalankan Keputusan

Jangan biarkan beratnya konsekuensi menjauhkan Anda dari kesuksesan. Pisahkanlah kebenaran keputusan Anda dari konsekuensi-konsekuensi tersebut. Dan yakinlah pada keputusan yang diambil, kemudian teruslah menjalankannya. Dalam hidup, terutama dunia bisnis, pilihan terbaik selalu terdapat pada zona abu-abu. Fokuslah kepada keputusan optimal yang penerapannya sesuai dengan biaya dan standar yang ditentukan. Tidak ada solusi yang sempurna dan tidak ada informasi yang sempurna, jadi jangan pernah menunggu informasi tersebut datang.

5. Berpikir Lebih Keras

Mengkomunikasikan sebuah keputusan sebelum merealisasikannya merupakan tindakan yang produktif. Anda dapat melakukan diskusi tentang ide Anda dengan siapa pun termasuk orang tua, sahabat terdekat, bahkan supir taksi. Opini dan saran mereka akan mempengaruhi kualitas ide Anda. Selain itu, hal ini akan membuka kesempatan bagi Anda untuk berpikir lebih keras dan realistis sehingga keputusan Anda akan lebih akurat.

6. Percaya kepada Intuisi Anda

Percayalah kepada intuisi yang lahir dari pengalaman dan pengetahuan Anda sebelumnya. Biarlah intuisi tersebut bekerja sebagai jawaban atau hipotesa keputusan Anda. Ujilah hipotesa tersebut untuk mendapatkan kejelasan, lalu mulai realisasikan keputusan tersebut dan jalani sesuai intuisi Anda.

7. Bertukar Ide adalah Hal yang Baik!

Keputusan terburuk adalah keputusan yang awalnya berusaha memuaskan semua orang tapi akhirnya tidak ada yang dipuaskan. Belajarlah untuk mengerti, menghargai, serta membiasakan diri dengan bertukar ide untuk mendapatkan solusi yang berkualitas, bukan bergantung pada kesenangan milik orang lain.

8. Perbaiki Keputusan Anda

Keputusan terburuk adalah ketika Anda tidak memutuskan apa-apa. Satu-satunya cara untuk mengetahui berhasil tidaknya suatu keputusan adalah dengan memutuskannya. Saat menyadari bahwa semua keputusan dapat diperbaiki, Anda akan semakin merasa lebih percaya diri dalam membuat sebuah keputusan.

9. Buat Keputusan Berdasarkan Pertimbangan yang Matang

Seorang decision maker yang handal harus mengambil keputusan yang tepat di saat kritis. Cara paling efektif adalah pikirkan sebuah skenario terburuk dan dorong diri Anda untuk menelusuri dan menjadi pemecah masalah yang kreatif dalam skenario tersebut.

10. Keputusan Terbaik didasarkan oleh Tujuan yang Tinggi

Temukan visi Anda dan fokuslah untuk menjalankannya. Keputusan-keputusan yang hebat adalah kombinasi dari sisi emosional dan rasional yang saling menarik seperti kekuatan ying dan yang. Ingatlah bahwa keputusan Anda harus sesuai dengan tujuan akhir Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan pernah membuat keputusan yang buruk.

Pada akhirnya, Decision Maker yang hebat adalah orang yang berani mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas keputusannya baik benar atau salah. Bagaimana dengan Anda? Sudah siapkah Anda untuk menjadi decision maker yang tegas?

Sumber:

medium