Bentuk-Bentuk Pasar Barang yang Ada di Indonesia

Bentuk-bentuk pasar barang pada dasarnya ada berbagai macam dan mungkin hal ini belum diketahui benar oleh masyarakat luas.

Pasar barang sendiri sebenarnya merupakan suatu proses interaksi tepatnya antara permintaan dan penawaran khususnya terhadap barang atau jasa. Pasar barang ini juga memiliki istilah lain yaitu pasar komoditas dengan bentuknya masing-masing seperti berikut ini.

pasar barang

Bentuk-Bentuk Pasar Barang: Pasar Lokal

Dalam istilah sederhana pasar lokal merupakan pasar setempat. Jadi bisa dikatakan pula bahwa pasar ini hanyalah dikunjungi oleh anggota masyarakat setempat. Pasar ini hanya digunakan oleh masyarakat di suatu daerah yang tentunya memiliki lokasi tempat tinggal tidak jauh dari pasar ini.

Maka pasar lokal ini merupakan bentuk pasar jika dilihat berdasarkan pada cakupan areanya. Tentunya pasar lokal ini selalu menjadi tempat tujuan Anda saat ingin berbelanja karena lokasinya yang relatif lebih dekat dengan lokasi Anda. Jadi untuk mencapai pasar lokal tak perlu memakan waktu yang lebih lama.

Bentuk-Bentuk Pasar Barang: Pasar Daerah

Jika dilihat berdasar pada cakupan area pula maka ada pula bentuk pasar yang lainnya yaitu pasar daerah. Pasar jenis ini bisa didefinisikan sebagai pasar yang terdapat di suatu daerah tertentu. Seperti misalnya pasar yang ada di wilayah kotamadya atau pasar yang ada di wilayah kabupaten.

Umumnya pasar jenis ini masuk ke dalam naungan PD atau yang dapat dimaknai sebagai Perusahaan Daerah. Belanja di pasar daerah boleh saja dilakukan oleh siapapun yang memang berlokasi di satu area kota atau kabupaten. Pastinya segala kebutuhan tersedia di pasar jenis ini.

Bentuk-Bentuk Pasar Barang: Pasar Nasional

Masih dilihat dari cakupan areanya rupanya ada pula bentuk pasar yang lainnya yaitu pasar nasional. Seperti namanya maka pasar ini pastinya berada di tingkat nasional. Jadi dari namanya saja bisa diketahui dengan jelas bahwa pasar nasional ini memiliki ruang lingkup yang lebih luas.

Ruang lingkup ini mencakup wilayah negara tertentu. Sudah tentu pasar nasional ini bisa menjadi tempat berbelanja seluruh warga negara yang memang ingin belanja di tempat tersebut.

Bentuk-Bentuk Pasar Barang: Pasar Internasional

Bentuk-bentuk pasar barang terakhir, jika dilihat dengan didasarkan pada area cakupannya adalah pasar internasional. Dari namanya saja sudah jelas bahwa internasional umumnya meliputi antarnegara di seluruh dunia.

Demikian pula dengan pasar internasional yang pada dasarnya merupakan pasar tempat memperdagangkan barang atau komoditi dengan target antarnegara.

Jadi penjual dan pembelinya bisa dari berbagai negara mana saja karena lingkup perdagangannya memang tingkat dunia. Di masa sekarang ini memang pasar internasional sudah semakin berkembang dan banyak diminati.

Bentuk-Bentuk Pasar Barang Konsumsi

Selain berdasarkan pada area cakupannya rupanya bentuk pasar juga dilihat dari jenis barang yang ditawarkannya. Jika dilihat dari jenis barang yang ditawarkannya maka pasar barang terdiri dari dua jenis dan yang pertama yaitu pasar barang konsumsi. Bentuk pasar yang satu ini merupakan pasar tempat jual beli berbagai macam barang konsumsi.

Sedangkan orang yang menggunakan berbagai barang yang dibeli dari pasar jenis ini disebut dengan istilah konsumen. Sebenarnya kita semua merupakan konsumen sebab kita selalu menggunakan barang yang dijual di pasar barang konsumsi.  Untuk menghitung produksi barang konsumsi ini umumnya digunakan aplikasi inventory supaya mempermudah proses pengelolaan barang.

Bentuk-Bentuk Pasar Barang Produksi

Jenis atau bentuk pasar yang kedua jika dilihat dari jenis barang yang ditawarkannya adalah pasar barang produksi. Dari namanya saja sudah bisa dipastikan bahwa bentuk pasar yang satu ini memiliki perbedaan yang cukup jelas dengan pasar barang konsumsi.

Umumnya pasar barang produksi menjadi tempat untuk menyediakan berbagai macam sumber daya pendukung bagi aktivitas produksi atau aktivitas menghasilkan barang. Jadi pasar jenis ini menjual berbagai produk yang sekiranya memang dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk membuat suatu barang atau mungkin jasa.

Pasar Persaingan Sempurna

Ada pula pasar persaingan sempurna yang sering pula disebut dengan istilah pasar persaingan murni. Pasar persaingan sempurna ini merupakan pasar yang di dalamnya terdapat beragam penjual sekaligus pembeli. Namun kehadiran masing-masing pihak baik pihak penjual maupun pihak pembeli sama-sama tidaklah dapat mempengaruhi harga.

Sebab penentuan harga pada dasarnya telah ditentukan oleh pasar itu sendiri. Selain itu pasar yang berbentuk persaingan sempurna ini juga tidaklah mendapatkan campur tangan dari pihak pemerintah.

Jadi dalam hal ini para pelaku ekonomi yang ada disini sebenarnya sama-sama telah mengetahui dengan pasti tentang kondisi pasar. Selain itu informasi yang berkaitan dengan pasar juga saling didapatkan oleh para pelaku ekonomi.

Pasar Monopoli

Selain ada pasar persaingan sempurna rupanya ada pula pasar persaingan tidak sempurna yang salah satunya terdiri dari pasar monopoli. Pada pasar bentuk monopoli diketahui hanya terdapat satu pedagang atau pemilik saja yang kemudian memegang hak penjualan terhadap berbagai produk tertentu.

Pasar berbentuk monopoli ini juga memiliki hak untuk dapat menentukan harga jual produknya. Misalnya saja PT Pertamina dan PT PLN ataupun PT Kereta Api.

Pasar Oligopoli

Pasar persaingan tidak sempurna juga terdiri dari pasar oligopoli yang memiliki makna atau arti sebagai pasar dengan suatu komoditas yang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan tertentu saja. Namun dalam pasar jenis ini rupanya penjual yang satu dengan penjual yang lain dapat saling mempengaruhi harga.

Jadi bisa dibilang bahwa persaingan di pasar ini sangatlah ketat sehingga dibutuhkan strategi dari masing-masing pihak. Misalnya saja seperti perusahaan gula dan perusahaan otomotif. Atau bisa juga yang masuk ke dalam kategori pasar oligopoli adalah perusahaan rokok dan masih banyak lagi perusahaan lainnya.

Pasar Monopolistik

Bentuk terakhir dari pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar monopolistik yang pada dasarnya merupakan suatu jenis pasar dengan adanya berbagai produsen. Umumnya berbagai produsen ini sama-sama menghasilkan produk barang yang serupa namun memiliki motif atau corak yang saling berbeda. Mengenai jumlah penjual dan pembeli pada pasar ini biasanya sama.

Selain itu masing-masing penjual umumnya memiliki kekuatan yang bisa dibilang sama. Kondisi ini menyebabkan tidak adanya penjual yang disebut sebagai penguasa pasar. Contohnya adalah toko kelontong dan jasa pangkas rambut.

Bentuk-bentuk pasar barang seperti di atas tentunya hadir dengan berbagai macam ciri khasnya sendiri. Berbagai bentuk pasar umumnya dibedakan dengan berdasarkan pada karakteristik pendukungnya. Namun sudah tentu setiap pasar yang ada bisa berfungsi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu banyak orang yang selalu belanja di pasar untuk mengadakan pemenuhan kebutuhan hidup.

Pasar yang menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli pun saat ini semakin berkembang pesat. Sekarang ini pasar semakin modern dan memiliki sistem pembelanjaan atau pembayaran yang beraneka ragam.

Namun bagaimanapun bentuknya tetap saja pasar barang yang ada di seluruh wilayah di negeri ini diharapkan agar selalu dapat membantu masyarakat dalam melakukan pemenuhan kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraan hidup.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo