Belajar Membuat Faktur Penjualan Komputer Ternyata Mudah

Dalam bisnis, setiap transaksi tentunya harus dicatat agar terdapat rekaman yang bisa disimpan untuk perhitungan keuangan perusahaan. Rekaman catatan tersebut bisa disebut juga dengan faktur penjualan. Di era digital, faktur penjualan komputer memberi kemudahan bagi perusahaan karena bisa digunakan secara praktis dibanding faktur konvensional, umumnya bagian dari fitur aplikasi komputer akuntansi

Faktur penjualan memiliki banyak kegunaan bagi perusahaan. Beberapa fungsinya yakni, sebagai catatan tentang setiap transaksi barang yang keluar, menjadi bukti laporan keuangan, hingga alat pendukung stock opname gudang. Selain itu, faktur penjualan juga berfungsi sebagai rekaman atas status dan kondisi barang.

Penting untuk perusahaan memiliki faktur penjualan dalam setiap transaksi. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan data barang, sekaligus pencatatan keuangan dari sisi penjualan. Selain itu, pelanggan juga memiliki bukti transaksi sehingga jika terjadi kerusakan terhadap barang ataupun jasa, pelanggan bisa meminta ganti atau pengembalian dengan bukti faktur tersebut.

Saat ini, masih banyak usaha, terutama usaha kecil dan menengah (UKM) yang membuat faktur penjualan dengan menggunakan cara manual. Cara manual yang dimaksud yakni menggunakan secarik kertas atau dengan Microsoft Excel. 

Membuat faktur penjualan dengan Microsoft Excel adalah cara yang cukup mudah dilakukan oleh banyak orang. Tetapi data yang tersimpan berpotensi hilang dan tidak terekam secara rapi. Selain itu, pencatatan faktur penjualan tersebut rawan terjadi kesalahan, terutama dalam penulisan nominal harga atau jumlah barang. Faktur juga tak terintegrasi dengan laporan keuangan perusahaan sehingga dapat terjadi kesalahan pencatatan.  

Faktur penjualan manual juga cukup membutuhkan waktu yang lama dan tingkat kerumitan yang tinggi. Akan lebih mudah jika membuat faktur penjualan dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi accounting. Sebuah aplikasi accounting sudah dilengkapi dengan fitur pembuatan faktur pajak yang terintegrasi dengan sistem aplikasi accounting. Sehingga perusahaan bisa mencetak faktur penjualan dengan mudah dan cepat kapanpun diperlukan.

Dibandingkan dengan menggunakan cara manual, akan ada banyak kemudahan yang didapat dengan menggunakan aplikasi accounting untuk memproses faktur pajak. Misalnya saja aplikasi accounting memiliki perhitungan yang lebih akurat sehingga human error akan kecil kemungkinannya terjadi.

Manfaat lainnya adalah sistem aplikasi accounting telah terintegrasi dengan fitur lainnya. Faktur penjualan yang dibuat telah disesuaikan dengan stok barang. Sehingga setiap faktur penjualan dibuat, stok barang juga mengikuti jumlah yang telah terjual. Ini memudahkan perusahaan untuk melakukan stok opname barang perusahaan.

 

Cara Membuat Faktur Penjualan Komputer

Ada banyak software akuntansi yang bisa digunakan untuk membuat faktur penjualan dengan mudah. Mulai dari Microsoft Excel hingga aplikasi accounting yang memang dibuat khusus untuk proses akuntansi perusahaan. Cara pembuatannya pun tidak jauh berbeda.

Ms Excel akan membutuhkan pengaturan secara manual terlebih dahulu. Anda harus mengatur nama perusahaan Anda dan juga logonya, kemudian mengatur kolom-kolom agar sesuai untuk dijadikan faktur penjualan. Pastikan juga bahwa data ter-back up dengan rutin agar tidak hilang dengan mudah.

Dengan aplikasi accounting, Anda cukup memasukkan data yang diperlukan saja karena data perusahaan dan logo sudah diatur sebelumnya. Selain itu, faktur penjualan dengan menggunakan aplikasi accounting juga lebih pra ktis dan akurat karena perhitungannya sudah dikelola oleh sistem aplikasi.

Menggunakan aplikasi accounting untuk pembuatan faktur pajak bisnis Anda akan memudahkan sebagian proses bisnis. Aplikasi accounting bisa diakses kapanpun serta dimanapun. Anda juga tidak perlu khawatir data akan hilang karena aplikasi accounting berbasis cloud akan selalu menyimpan data Anda.

Salah satu aplikasi accounting yang bisa Anda gunakan adalah Jurnal. Jurnal dilengkapi dengan fitur faktur penjualan dan Anda bisa memanfaatkan setiap fiturnya untuk kebutuhan bisnis Anda. proses akuntansi bisnis Anda akan lebih mudah karena faktur penjualan Jurnal telah terintegrasi dengan sistem laporan keuangan di dalamnya.

 

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo