Aplikasi Pembukuan yang Baik; Modal UKM Lebarkan Sayap dan Rajai Pasar

Di era digital saat ini, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mendapatkan ruang yang lebih luas untuk terus berkembang dan bersaing secara lebih kompetitif di pasar. Topangan yang dihadirkan oleh kemajuan teknologi menjadi pemicu dari kemampuan UKM untuk menyaingi bisnis yang lebih besar sekaligus menemukan target pasar yang lebih beragam.

Impian dari para pelaku UKM adalah menyaksikan bisnisnya melebarkan sayap seluas mungkin. Untuk mencapai impian tersebut, penting bagi pelaku UKM untuk membenahi segala sektor dari bisnis mereka sehingga mampu melancarkan perkembangan bisnis tersebut. Salah satu faktor vital yang wajib diperhatikan UKM adalah pembukuan dari bisnis.

 Pembukuan seringkali dianggap tidak begitu mempengaruhi bisnis UKM. Hal tersebut wajar adanya, mengingat pangsa pasar UKM yang cenderung terjangkau, ragam produk yang belum terlalu banyak, serta cash flow yang tidak rumit. Kendati demikian, para pelaku bisnis UKM tidak boleh melihat pembukuan dengan sebelah mata. Pembukuan merupakan salah satu fondasi terpenting bagi UKM untuk naik kasta. Untuk mempermudah jalan UKM dalam manajemen pembukuan, kini tersedia aplikasi pembukuan yang memudahkan pembukuan bisnis UKM.

Baca juga: 4 Manfaat Laporan Keuangan bagi Bisnis

 

Pembukuan Mudahkan Pelacakan Faktur

Secara sederhana, pembukuan dapat disebut sebagai proses perekaman dari seluruh transaksi keuangan yang dilakukan oleh sebuah bisnis, mulai dari transaksi pembelian, penjualan produk barang atau jasa, profit yang dihasilkan, pengeluaran, serta investasi yang dilakukan oleh perusahaan. Setiap transaksi tersebut dicatat dengan rapi dalam sistem pembukuan, termasuk faktur yang dikeluarkan. Faktur adalah sebuah dokumen yang penting untuk disimpan, karena faktur merupakan bukti keabsahan sebuah transaksi.

Memiliki faktur dari setiap transaksi akan memberikan kemudahan bagi bisnis untuk melancarkan pembayaran. Faktur yang terlambat dibayar akan membuat cash flow perusahaan menjadi terganggu. Karena faktur begitu penting untuk arus transaksi keuangan bisnis, maka pengelolaannya harus dilakukan sebaik mungkin. Kapabilitas untuk manajemen faktur dapat dihadirkan oleh aplikasi pembukuan keuangan yang baik.

Baca juga: Hemat Pengeluaran Bisnis dengan Pembukuan yang Rapi

 

Acuan Pengambilan Keputusan & Pemisahan Catatan Hutang

Segala transaksi yang dicatat dalam pembukuan keuangan bisnis tidak hanya sekedar menjadi data historis belaka. Data dalam pembukuan dapat diolah sehingga menyediakan wawasan yang sahih demi kemajuan bisnis. Hasil analisis dari transaksi yang dibuat dalam periode tertentu akan menjadi rujukan yang tepat bagi pelaku bisnis untuk merencanakan strategi pemasaran, menentukan ekspansi bisnis, hingga memperbesar jangkauan pasarnya. Pengambilan keputusan dengan dasar data yang tepat akan memperkecil risiko kerugian bisnis.

Selain catatan transaksi, bisnis juga harus memiliki sebuah sistem untuk mencatat piutang yang dimiliki. Manajemen keuangan yang buruk ditambah dana modal yang tercampur dengan pinjaman merupakan akar dari kegagalan bisnis. Aplikasi pembukuan yang bagus mampu mengatasi permasalahan pemisahan antara modal, keuntungan, serta hutang bisnis sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk pengelolaan aset dan dana bisnis.

 

Penggunaan Software Pembukuan Terbaik

UKM harus memulai evolusi bisnis mereka dalam era digital dengan adopsi software pembukuan, sehingga memiliki kemampuan untuk bertahan dalam persaingan yang ketat. Jurnal merupakan penyedia software akuntansi dan pembukuan yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan pembukuan dan keuangan UKM. Laporan keuangan secara real time dan akurat dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi dari Jurnal. Dengan Jurnal, pengelolaan keuangan dan pembukuan dapat dilakukan dengan lancar dan dapat diandalkan.

 

[adrotate banner=”19″]


PUBLISHED16 Nov 2019
Dio
Dio

SHARE THIS ARTICLE: