Aplikasi Pembukuan, Cara Terbaik Mengelola Laporan Keuangan

Merintis bisnis atau usaha memang memerlukan karyawan serta dukungan peralatan atau aplikasi agar melakukan aktivitas jual beli yang rapi maupun mumpuni, termasuk untuk bagian pembukuan. 

Pembukuan dapat memastikan keuangan bisnis berjalan dengan baik, terlebih ketika bisnis berkembang, pembelian semakin banyak dan jumlah transaksi meningkat, tentu pembukuan semakin diperlukan demi menjaga kestabilan bisnis.

Untuk itu, aplikasi pembukuan menjadi salah satu pendukung dan solusi terkini untuk menjaga kesehatan bisnis tetap efektif dan efisien. Bagaimana bisa?

Apa itu Aplikasi Pembukuan Keuangan?

Baru Mulai Bisnis? Pakai Aplikasi Pembukuan Keuangan Yuk!

Aplikasi pembukuan adalah alat teknologi yang meringankan pebisnis dalam memantau keuangan dan memonitor transaksi keuangan, laporan keuangan, serta mengetahui seberapa untung bisnis berjalan kapan saja dan di mana saja.

Lalu jika berbicara soal pengusaha di Indonesia, hingga kini, hanya 37.5 persen dari delapan juta pemilik usaha yang mulai beralih secara online. Padahal banyak manfaat yang dapat diberikan dengan pengalihan bisnis ke digital. 

Manfaat Aplikasi Pembukuan Online

Aplikasi yang satu ini mendukung perkembangan bisnis berskala kecil maupun besar, berikut beberapa manfaatnya:

  • Mencatat transaksi penjualan, pengeluaran, serta utang-piutang, sehingga pengelolaan dan pemantau arus kas bisnis dimudahkan.
  • Mengetahui keuntungan di setiap transaksi bisnis, sehingga perencanaan keuangan di kemudian hari dapat dilakukan dan tentu menambah keuntungan. 
  • Menghitung angka-angka ke dalam laporan keuangan secara otomatis. Pengguna hanya perlu menginput data transaksi.
  • Membutuhkan waktu yang sedikit untuk mengelola pembukuan, sehingga waktu berharga dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih strategis.
  • Memaksimalkan efisiensi dan produktivitas.
  • Mengurangi kesalahan dalam penginputan data.
  • Menampilkan dashboard sehingga memudahkan pengguna dalam mengambil keputusan.
  • Mengotomatisasikan laporan keuangan.

Aplikasi sangat bervariasi dari segi fitur maupun segi penggunaannya, pebisnis memiliki banyak pilihan. Akan tetapi, pilihan tetap harus diputuskan. Maka dari itu, pahami cara memilih aplikasi.

Note: Masih belum yakin beralih ke digital? Baca artikel Aplikasi Pembukuan yang Baik; Modal UKM Lebarkan Sayap dan Rajai Pasar

Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Bisnis

  • Mencermati Aspek Dasar Aplikasi Pembukuan

Hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah aspek dasar pengelolaan aplikasi, apalah secara offline atau online. 

Tentu kedua hal tersebut memiliki fasilitas maupun keuntungan yang berbeda. P

Penggunaan aplikasi pembukuan online dinilai lebih efektif karena biasanya sudah dapat diakses di mana saja, di laptop maupun smartphone. 

Aplikasi pembukuan online juga membuat sistem dapat diperbarui secara otomatis. Segala penyimpanan data dilakukan secara online, sehingga tak perlu lagi mengumpulkan data yang berceceran.

  • Mengecek Keamanan Data Aplikasi

Ketika memilih aplikasi, tentu terdapat beberapa risiko keamanan yang perlu diwaspadai. Mengingat data yang diinput adalah data keuangan bisnis.Maka dari itu, pilih aplikasi yang menjamin data keamanan pembukuan bisnis Anda. Jangan memilih aplikasi hanya karena gratisnya saja.

  • Menentukan Fitur Apa yang Diperlukan

Mencari aplikasi yang mempunyai fitur sesuai kebutuhan bisnis. Beberapa fitur utama dalam pembukuan diantaranya pencatatan pemasukan dan pengeluaran, pembuatan faktur, pengelolaan stok barang, pengelolaan pajak, penghitung laporan keuangan dan fitur lain yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Note: Baca lebih lengkap tentang Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Jaga Performa Bisnis

  • Menampilkan Desain yang Sederhana dan Mudah Dipahami

Aplikasi yang sederhana tentu memudahkan pengguna untuk memakai aplikasi, meskipun tidak mengerti akuntansi. Dengan memilih aplikasi yang mudah digunakan juga dapat mengurangi kemungkinan biaya tambahan untuk latihan atau training aplikasi.

  • Memastikan Aplikasi sebagai Investasi Jangka Panjang

Ingat, aplikasi pembukuan adalah investasi atau aset jangka panjang bagi perusahaan. Jadi jangan sampai sudah salah arah dari awal perjalanan. Pergantian aplikasi di jalan tentu memakan waktu dan menambah biaya implementasi. Maka dari itu, pilih aplikasi yang berfitur lengkap dalam antisipasi perkembangan bisnis. 

  • Mempunyai Pilihan Ekspor Data

Bagi aplikasi pembukuan, ekspor data menjadi salah satu fitur penting terutama pada aplikasi online karena dapat mengantisipasi gangguan yang dapat saja muncul dan memudahkan penyajian pembukuan baik kepada pemilik bisnis, investor, maupun peminjam modal.

  • Mengecek Kredibilitas Layanan Aplikasi

Kredibilitas aplikasi sangat dibutuhkan terlebih jika terkait dengan urusan finansial. Pastikan aplikasi berkualitas dan memiliki layanan 24/7 untuk membantu bisnis berjalan, memiliki testimoni yang jelas dan sudah digunakan oleh banyak perusahaan.

Hubungi juga pihak layanan aplikasi untuk mendapatkan informasi yang jelas.  

Dengan berbagai manfaat dan pilihan dari aplikasi pembukuan digital di luar sana, berikut 3 aplikasi pembukuan usaha kecil yang direkomendasikan.

3 Aplikasi Pembukuan Usaha Kecil Terbaik 

1. Jurnal 

Jurnal adalah salah satu software pembukuan Indonesia yang menjadi solusi atas kebutuhan pembukuan serta keuangan UKM. Beberapa manfaat dari Jurnal:

  • Pengelolaan Persediaan: Memudahkan pemilik usaha melakukan stock opname, mencetak kartu stok, memantau penjualan setiap produk atau jasa, dan mengetahui pendapatan penjualan per produk atau jasa.
  • Pengelolaan Utang-Piutang: Membantu pebisnis mengatur piutang usaha, mencetak laporan piutang, dan membuat tagihan kepada pelanggan. Perekaman otomatis di setiap nama, nomor faktur, jumlah pembayaran hingga catatan pembayaran.
  • Penyajian Analisis Laporan Keuangan: Menyuguhkan hal-hal seperti arus kas, neraca, penjualan, laba rugi, analisa BEP, serta berbagai risiko rasio keuangan yang menjadi dasar pemilik usaha mengambil keputusan manajerial.

Selain itu, terdapat fitur-fitur lain dalam Jurnal seperti rekonsiliasi dengan bank, sehingga saldo laporan keuangan dapat langsung diintegrasikan dengan saldo rekening bank. Fitur budgeting, database customer, dan fitur lainnya sesuai kebutuhan bisnis. 

Jurnal juga membuat ringkasan bisnis dapat dilihat di mana saja dan kapan saja, baik web maupun mobile. Segalanya diotomatisasikan dan dimudahkan. Coba gratis Jurnal selama 14 hari.

2. Quickbooks

Quickbooks adalah salah satu aplikasi pembukuan online asal Amerika Serikat yang memberikan fitur accounting, pembukuan, hingga membuat invoice pada setiap transaksi bisnis. Pengguna Quickbooks mencapai 6,5 juta orang pada akhir 2018. Tampilannya menarik dan sederhana.

3. Freshbooks

Freshbook sebagai salah satu software pembukuan asal kanada sejak tahun 2004.Penggunanya sudah mencapai lebih dari 5 juta. Fitur seperti accounting, invoicing, track time, kelola beban dan fitur akuntansi lainnya dimiliki oleh Freshbooks.

 


PUBLISHED20 Jul 2020
Septina Muslimah
Septina Muslimah

SHARE THIS ARTICLE: