Berkembangnya sebuah bisnis bisa dilihat dari sehat atau tidaknya manajemen keuangan di dalamnya. Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, kini perusahaan tidak hanya dituntut untuk memuaskan hati pelanggan saja. Lebih dari itu, manajemen keuangan yang optimal akan membuat perusahaan dapat bertahan di antara banyaknya pesaing yang terus muncul. Keberadaan manajemen keuangan adalah sebuah hal yang penting dalam sebuah bisnis. Apapun bidang aktivitas bisnisnya, dengan manajemen keuangan yang baik akan mempermudah perusahaan mendapatkan keuntungan. Aktivitas manajemen keuangan umumnya berhubungan dengan pengelolaan fungsi-fungsi keuangan untuk mencapai tujuan bisnis. Mulai dari perencanaan, penganggaran, pengalokasian, pengendalian, pelaporan, dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh perusahaan. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai pentingnya manajemen keuangan bagi bisnis.

 

3 Aktivitas Utama Manajemen Keuangan

Pengertian manajemen keuangan dapat dijelaskan melalui tiga aktivitas yang berkaitan dengan pendanaan, di antaranya:

  1. Aktivitas perolehan dana, yang meliputi bagaimana perusahaan mendapatkan pendanaan untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Sumber dana bisa diperoleh melalui internal maupun eksternal seperti investor atau pinjaman bank. 
  2. Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas investasi dana pada berbagai aset perusahaan.
  3. Aktivitas pengelolaan dana, yaitu bentuk pengalokasian dan pengelolaan dana yang ada dengan seefisien mungkin setelah dana diperoleh.

Baik dalam perusahaan kecil maupun besar, fungsi manajemen keuangan sangatlah penting agar tidak terjadi penyimpangan sehingga mengganggu jalanya bisnis. Manajemen keuangan yang baik adalah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku sehingga bisa dibilang cukup rumit, namun memang seperti itulah tugas seorang manajer keuangan.

 

Alasan Bisnis Perlu Menggunakan Aplikasi Manajemen Keuangan

Karena manajemen keuangan punya peran yang besar dalam keberlangsungan sebuah bisnis, maka pengelolaannya juga tidak boleh sembarangan. Manajemen keuangan yang dikelola dengan baik akan menghasilkan data dan informasi yang dibutuhkan perusahaan terkait dengan aset, arus kas, hingga kesejahteraan karyawan.

Setiap pemilik bisnis harus benar-benar memperhatikan manajemen keuangan perusahaan agar tidak terjadi masalah keuangan di kemudian hari. Berikut ini adalah alasan mengapa manajemen keuangan sangat penting untuk bisnis Anda:

  • Menghitung Modal dan Aset Perusahaan

Dengan pengelolaan manajemen keuangan, perusahaan dapat mengetahui aset yang dimiliki dan aset yang dibutuhkan. Ketika perusahaan akan membeli aset, pastikan bahwa aset tersebut dapat menghasilkan keuntungan. Jangan sampai terjadi hutang atau menambah modal untuk membeli aset yang justru tidak menghasilkan pendapatan yang berarti. Dari sini perusahaan bisa membuat prediksi keseimbangannya. 

Dengan aplikasi manajemen keuangan seperti software akuntansi Jurnal, Anda bisa mengendalikan aset perusahaan, baik aset tetap maupun tidak berwujud. Dengan pengelolaan aset yang tepat, Anda juga dapat mengontrol nilai aset dengan baik yang dapat digunakan untuk membuat perencanaan bisnis yang lebih matang.

  • Mengatur Arus Kas dengan Baik

Manajemen keuangan dapat membantu Anda untuk menghasilkan arus kas yang baik. Dengan arus kas yang baik, perusahaan dapat membayar biaya operasional dengan lancar. Yang termasuk biaya operasional harian adalah sewa gedung, biaya utilitas, dan menggaji karyawan setiap bulan. Anda dapat memastikan bahwa perusahaan memiliki kas yang cukup untuk membayar semua kewajibannya setiap bulan. Aplikasi manajemen keuangan juga mempermudah Anda dalam mengelola arus kas. Anda bisa melihat angka pasti mengenai pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda secara cepat untuk memastikan arus kas bisnis Anda dalam keadaan baik dan bagus.

  • Menekan Biaya Operasional

Ketika perusahaan memiliki manajemen keuangan yang baik, semua biaya operasional dapat ditekan. Semuanya dapat dilihat dari catatan laporan keuangan yang sudah dibuat. Jika biaya utilitas dirasa sudah tinggi, maka perusahaan bisa melakukan penghematan listrik. Anda juga dapat melakukan efisiensi karyawan jika dirasa perusahaan sudah terlalu banyak memiliki karyawan. Atau bisa juga dilakukan negosiasi dengan vendor untuk memberikan diskon harga. Hal-hal tersebut dapat dilakukan untuk mengurangi biaya operasional perusahaan.

  • Merencanakan dan Menghitung Pajak

Salah satu contoh perusahaan yang baik adalah yang membayar pajak tepat waktu. Perencanaan pajak perlu dibuat untuk memberikan estimasi jumlah dan waktu pembayaran pajak. Dengan membayar pajak tepat waktu, perusahaan dapat meminimalisir terjadinya telat bayar sehingga tidak terkena biaya denda. Selain itu, perusahaan Anda juga dapat mengalokasikan dana untuk tagihan pajak selanjutnya. 

  • Menjamin Kesejahteraan Karyawan

Gaji yang dibayarkan tepat waktu adalah salah satu bukti bahwa perusahaan memiliki manajemen keuangan yang baik. Dengan gaji dan benefit yang diberikan kepada karyawan merupakan bukti bahwa perusahaan telah menjamin kesejahteraan karyawannya. Benefit tersebut diantaranya asuransi, tunjangan, dan mungkin saja fasilitas kredit. Ketika karyawan sejahtera, tentunya loyalitas karyawan kepada perusahaan juga semakin tinggi.

Jurnal adalah salah satu penyedia software akuntansi terbaik untuk bisnis Anda. Untuk memastikan perusahaan Anda memiliki manajemen keuangan yang baik, Anda dapat mempercayakan pilihan kepada Jurnal. Berbagai fitur berkualitas dari Jurnal dapat membantu mengembangkan bisnis Anda. Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial 14 hari!

Author