Apa yang Dimaksud Analisis Rasio Keuangan?

Rasio keuangan atau yang juga bisa disebut financial ratio adalah suatu alat analisis keuangan perusahaan untuk menilai kinerja suatu perusahaan berdasarkan perbandingan data keuangan yang terdapat pada pos laporan keuangan seperti neraca, laporan laba/rugi, laporan aliran kas.

Rasio keuangan menganalisia kondisi keuangab perusahaan dalam periode tertentu untuk melihat bagaimana kinerja perusahaan tersebut. Rasio menggambarkan suatu hubungan atau perimbangan yang terjadi antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah yang lain.

analisis rasio keuangan perusahaan dilakukan setiap akhir periode akuntansi. Dengan adanya analisis tersebut, perusahaan akan dimudahkan untuk menyusun pelaporan euangan untuk pihak-pihak yang membutuhkan.

Misalnya saja investor yang akan menginvestasikan dana ke perusahaan. Dengan adanya proses financial ratio dalam perusahaan, maka perusahaan bisa menyajikan data laporan keuangan yang akurat untuk investor. Sehingga investor dapat memperkirakan valuasi yang diinvestasikan ke dalam perusahaan tersebut.

Contoh lainnya adalah untuk kreditor. analisis rasio yang jelas dan akurat untuk laporan keuangan perushaan membantu kreditor untuk percaya kepada perusahaan. Dengan adanya data keuangan yang jelas, kreditor dapat menilai kondisi keuangan perusahaan tersebut masih sehat atau tidak. Sehingga kreditor bisa mempercayakan sejumlah uang pinjaman kepada perusahaan untuk dikelola.

Analisis Rasio Keuangan

Selain 2 hal di atas, ada beberapa tujuan dari melakukan analisis rasio keuangan perusahaan. Berikut diantaranya:

Menentukan kesehatan supplier

Salah satu ciri-ciri perusahaan yang sehat adalah pengelolaan keuangan yang baik. Dengan adanya manajemen pengelolaan keuangan yang baik, perusahaan mampu mengelola setiap dana yang masuk maupun keluar. Sehingga kondisi keuangan perusahaan tetap stabil. Menilai kesehatan keuangan dari perusahaan supplier adalah hal yang perlu dilakukan untuk melihat bagaimana kinerja perusahaan supplier yang akan bekerja sama. Agar tidak terjadi masalah selama proses kerjasama.

Menentukan kesehatan customer

Selain menentukan kesehatan euangan supplier, melihat bagimana kondisi keuangan customer juga merupakan hal yang perlu dilakukan agar perusahaan tidak mengalami masalah selama proses kerjasama.

Menentukan kondisi karyawan

Analissa rasio keuangan juga membantu perusahaan menilai kondisi karyawan perusahaan. Misalnya saja melihat berapa banyak karyawan yang resign atau mengalami pemutusan hubungan kerja. Begitu juga bagaimana kinerja karyawan berdasarkan produksi yang telah dilakukan, dan seterusnya.

Menentukan pajak

Setiap tahun, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk membayar pajak kepada negara. Jumlah pajak yang harus dibayaran oleh perusahaan dapat dilihat dari financial ratio analysis. Melalui proses tersebut, jumlah pajak yang harus dibayar bisa diketahui sehingga perusahaan dapat membayar pajak dengan tepat waktu dan tidak memiliki masalah paja terhambat.

Evaluasi perusahaan

Analisis rasio keuangan juga bisa dilakukan untuk evaluasi perusahaan. Dengan analisis rasio keuangan, perusahaan bis mengetahui berapa besar keuntungan perusahaan dan berapa kerugian yang dialami. Dengan data tersebut perusahaan dapat melakukan evaluasi tentang apa yang harus ditingkatkan dan apa yang perlu diperbaiki oleh perusahaan.

  • Analisis kompetitor
    Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap bisnis pasti memiliki kompetitor yang dapat menyaingi perusahaan Anda. Dengan adanya aspek penilaian rasio keuangan, perusahaan bisa memperkirakan posisi kompetitor dibandingkan dengan posisi perusahaan sendiri. Sehingga bisa menjadi bahan evaluasi yang akurat untuk meningkatkan kualitas bisnis.
  • Melihat kerusakan perusahaan.
    Selama satu periode akuntansi, pasti terjadi beberapa esalahan dalam perusahaan. Setiap kerusakan ini perlu dicatat untuk kemudian diperbaiki dengan baik. analisis financial ratio perusahaan bisa melihat seberapa besar kerusakan dan bagaimana cara memperbaikinya.

Analisis rasio keuangan dilakukan untuk banyak alasan yang bermanfaat bagi perusahaan. Misalnya saja tujuan-tujuan di atas. Manfaat yang didapat perusahaan dengan melakukan analisis rasio sangat banyak. Dalam setiap pelaporan keuangan, data akurat tentang kondisi perusahaan akan diperlukan sehingga analisis rasio keuangan akan lebih mudah dilakukan.

Analisis rasio keuangan menggunakan data laporan keuangan yang telah ada sebagai dasar penilaiannya. Meskipun didasarkan pada data dan kondisi dari periode sebelumnya, analisis rasio keuangan dimaksudkan untuk menilai risiko dan peluang pada masa yang akan datang. Pengukuran dan hubungan antara laporan keuangan satu dengan yang lain dapat memberikan kesimpulan yang berarti dalam penentuan tingkat kesehatan keuangan suatu perusahaan.

Analisis financial ratio akan lebih akurat dilakukan dengan membandingkan data dari kompetitor, pasar yang luas, serta kondisi pasar yang merupakan target dari bisnis. Setiap faktor akan mempengaruhi analisis rasio keuangan dan dapa membantu perusahaan membuat analisis yang lebih baik lagi.

Baca juga: 5 Langkah Melakukan Analisis Rasio Keuangan Bisnis

Fungsi Rasio Keunagan

Ada beberapa fungsi rasio keuangan, berikut diantaranya:

  • Rasio profitabilitas – digunakan untuk mengukur kemampuan likuiditas jangka pendek perusahaan dengan melihat aktiva lancar perusahaan terhadap hutang lancarnya. Rasio ini antara lain: GPM (Gross Profit Margin), OPM(Operating Profit Margin), NPM (Net Profit Margin), ROA (Return to Total Asset), ROE (Return On Equity).
  • Rasio likuiditas – digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menjamin kewajiban-kewajiban lancarnya. Rasio ini antara lain Rasio Kas (cash ratio), Rasio Cepat (quick ratio), Rasio Lancar (current ratio)
  • Rasio leverage – Rasio pengungkit atau leverage digunakan untuk mengukur tingkat pengelolaan sumber dana perusahaan. Beberapa rasio ini antara lain Rasio Total Hutang terhadap Modal sendiri, Total Hutang terhadap Total Asset, TIE Time Interest Earned.
  • Rasio aktivitas menggambarkan aktivitas yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan operasinya baik dalam kegiatan penjualan, pembelian, dan kegiatan lainnya. ada dua penilaian rasio aktivitas yaitu:
    1. Rasio Nilai Pasar yaitu yang mengukur harga pasar relatif terhadap Nilai Buku perusahaan. Rasio ini antara lain: PER (Price Earning Ratio), Devidend Yield, Devideng Payout Ratio, PBV (Price to Book Value)
    2. Rasio Efesiensi/ Perputaran (inventory turnover ratio). Rasio perputaran digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam mengelola asset-assetnya sehingga memberikan aliran kas masuk bagi perusahaan. Rasio ini antara lain Rasio Perputaran Persediaan, Perputaran Aktiva Tetap, dan Total Asset Turnover.
  • Rasio investasi – digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memberikan kembalian atau imbalan kepada para pemberi dana, khususnya investor yang ada di pasar modal dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Rasio Likuiditas: Manfaat dan Jenisnya

Analisis financial ratio merupakan ssalah satu hal penting yang dilakukan perusahaan. Setiap periode auntansi, proses pelaporan keuangan akan dilakukan untuk menilai bagaimna kondisi keuangan perusahaan pada periode tersebut. Lalu dengan analisis rasio euangan, laporan keuangan aan dibandingkan dengan beberapa data laporan di periode sebelumnya agar bisa melihat bagaimana kondisi perkembangan keuangan perusahaan.

Namun, analisis financial ratio juga bisa dimanipulasi. Karena analisis rasio keuangan dibentuk dari data akuntansi dan memiliki penafsiran yang berbeda-beda, tentunya manipulasi analisis rasio keuangan bisa saja dilakukan. Oleh karena itu, manajer keuangan harus sangat hati-hati dan teliti terhadap setiap keputusan tentang penafsiran laporan keuangan dan analisis rasio keuangan.

Baca selengkapnya tentang rasio keuangan di: Pengertian, Fungsi dan Jenis Analisis Rasio Keuangan

Kecocokan dengan rasio gabungan industri bukan suatu jaminan bahwa perusahaan tersebut sedang berjalan normal dan dipimpin dengan baik. Penafsiran tentang apakah kondisi keuangan perusahaan dalam keadaan baik atau buruk berdasarkan analisis financial ratio harus sangat hati-hati agar tidak terjadi kesalahan penafsiran. Detail keputusan harus bisa dipertanggung jawabkan agar perusahaan tidak mengalami kerugian jika terjadi kesalahan terhadap penafsiran analisis rasio keuangan perusahaan yang mengakibatkan investor atau kreditor tidak mempercayai perusahaan.

Jika Anda membutuhkan software akuntansi dan keuangan, Anda bisa mengandalkan Jurnal. Sebagai software akuntansi, Jurnal memiliki fitur yang lengkap mulai dari penyusunan laporan keuangan, manajemen inventaris, pembuatan faktur, dan juga rekonsiliasi bank. Dapatkan free trial Jurnal selama 14 hari di sini!


PUBLISHED16 Jun 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: