Menganalisis laporan keuangan penting untuk dilakukan agar data keuangan bisnis atau perusahaan dapat dimanfaatkan dalam mendukung keputusan yang akan diambil baik oleh manajemen maupun pihak eksternal yang mempunyai kepentingan terhadap perusahaan. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk dapat mengetahui teknik analisa laporan keuangan. Oleh karena itu, seorang analis harus menguasai tentang proses penyusunan laporan keuangan, lingkungan bisnis yang akan dianalisa, konsep, karakteristik laporan keuangan, serta teknik analisa laporan keuangan. Ketahui apa saja tujuan dilakukannya analisis laporan keuangan, dan bagaimana metode serta teknik yang digunakan untuk menganalisa laporan keuangan.

Tujuan Analisa Laporan Keuangan

Tujuan utama dilakukannya analisis laporan keuangan adalah sebagai berikut ini:

  1. Analisis laporan keuangan dijadikan sebagai tolak ukur untuk memproyeksikan posisi keuangan di masa yang akan datang.
  2. Untuk mengamati kondisi perusahaan, permasalahan dalam manajemen, operasional maupun keuangan.
  3. Sebagai alat ukur untuk melakukan efisiensi di semua departemen perusahaan.

Prosedur Analisa Laporan Keuangan

Terdapat beberapa langkah yang harus ditempuh dalam menganalisis laporan keuangan. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  1. Memahami latar belakang data keuangan perusahaan, mencakup pemahaman tentang bidang usaha dan kebijakan akuntansi yang dianut dan diterapkan oleh perusahaan.
  2. Memahami kondisi-kondisi yang berpengaruh pada perusahaan, mencakup informasi mengenai trend atau kecenderungan industri di mana perusahaan beroperasi seperti perubahan teknologi, perubahan selera konsumen, dan perubahan faktor-faktor ekonomi seperti perubahan pendapatan per kapita, tingkat bunga, tingkat inflasi dan pajak. Selain itu, perhatikan juga perubahan yang terjadi di dalam perusahaan itu sendiri, seperti perubahan posisi manajemen kunci.
  3. Mempelajari dan mengamati laporan keuangan secara menyeluruh. Tujuan langkah ini adalah untuk memastikan bahwa laporan keuangan sudah jelas dalam menggambarkan data keuangan yang relevan dan sesuai dengan standar akuntansi keuangan.
  4. Menganalisis laporan keuangan dan menginterpretasikan hasil analisis tersebut.

Metode Analisa Laporan Keuangan

Terdapat 2 metode untuk mengalaisa laporan keuangan yang perlu diketahui dan dipahami, yaitu:

  1. Analisis Horizontal, yaitu analisis laporan keuangan dengan mengadakan perbandingan laporan keuangan untuk beberapa periode atau beberapa saat. Sehingga dapat diketahui perkembangannya.
  2. Analisis Vertikal, disebut juga sebagai metode analisa yang statis karena kesimpulan yang diperoleh hanya untuk periode itu saja tanpa mengetahui perkembangannya. Analisis vertikal digunakan apabila laporan keuangan yang dianalisis hanya meliputi satu periode saja, atau pada suatu saat saja dengan memperbandingkan antara pos yang satu dengan pos lainnya dalam laporan keuangan tersebut. Sehingga akan diketahui keadaan keuangan atau hasil operasi pada saat itu saja.

Teknik Analisa Laporan Keuangan

Dalam menganalisa laporan keuangan bisnis atau perusahaan, terdapat beberapa teknik yang dapat dijadikan tolak ukur untuk menilai posisi keuangan perusahaan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Teknik analisis pertumbuhan

Teknik ini merupakan sebuah teknik analisa yang disusun dengan membandingkan kenaikan atau penurunan posisi laporan keuangan pada suatu periode tertentu dengan periode lainnya dari masing-masing pos yang terdapat di dalam laporan dengan menggunakan nilai persentase. Data yang disajikan adalah dengan membandingkan kenaikan atau penurunan masing-masing pos laporan keuangan bulan lalu dengan bulan sekarang. Atau pada periode Year to Date, yaitu periode yang sama tahun lalu dengan tahun sekarang.

2. Teknik trend dan indeks

Yaitu teknik analisis yang hampir sama dengan metode analisis pertumbuhan. Namun angka yang digunakan untuk pembanding adalah laporan keuangan periode tertentu yang dijadikan indeks dan dipilih sebagai tahun dasar. Teknik tren ini sangat berguna untuk memproyeksikan laporan keuangan di masa yang akan datang dengan menggunakan data secara historis.

3. Teknik analisis rasio

Yaitu teknik analisis dengan membandingkan masing-masing pos laporan keuangan yang relevan atau data yang signifikan.

 

Permulaan dari proses analisa yang diperlukan untuk menganalisis sebuah laporan keuangan, dan setiap metode analisa mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk membuat data lebih dimengerti. Sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi pihak-pihak yang membutuhkan. Metode dan teknik analisis laporan keuangan digunakan untuk menentukan dan mengukur hubungan antara pos-pos yang ada di dalam laporan. Sehingga dapat diketahui perubahan-perubahan dari masing-masing pos tersebut apabila dibandingkan dengan laporan dari beberapa periode untuk satu perusahaan tertentu, atau dibandingkan dengan alat-alat pembanding lainnya.

Untuk melakukan analisis laporan keuangan, tentu saja dibutuhkan laporan keuangan yang rapi dan akurat. Untuk menghasilkan laporan keuangan yang baik, gunakan bantuan aplikasi akuntansi online Jurnal. Jurnal dapat Anda digunakan melalui komputer atau laptop jenis apapun yang memiliki browser dan koneksi internet. Daftar Jurnal sekarang dan nikmati berbagai fitur seperti pembuatan laporan keuangan, faktur, monitor stok barang, multi gudang, rekonsiliasi bank, dan masih banyak lagi yang dapat mempermudah analisa laporan keuangan Anda. Daftar dan nikmati free trial 14 hari dari Jurnal.