Di era ini, pertumbuhan bisnis semakin hari kian melesat. Kebebasan dalam membangun serta menentukan arah bisnis ditambah luasnya area pemasaran membuat orang berbondong-bondong untuk mendirikan kerajaan bisnisnya. Terlebih lagi dengan pertumbuhan ekonomi Dan pada akhirnya persaingan pun semakin hari semakin ketat. Anda bisa saja berjalan, namun yang dibutuhkan saat ini adalah berlari. Dibutuhkan kerja yang lebih untuk membuat pertumbuhan bisnis Anda melaju lebih cepat dibandingkan pesaing. Dan untuk mewujudkan pertumbuhan bisnis yang seperti itu ada beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan dan berikut poin-poinnya.

Tentukan Saluran Penjualan

Cara pertama untuk menumbuhkan bisnis Anda dengan cepat adalah dengan membangun saluran penjualan. Sebuah bisnis tanpa saluran penjualan tidak akan bekerja dengan maksimal. Saluran penjualan merupakan strategi yang direncanakan dan diuji untuk mengubah prospek bisnis menjadi pelanggan. Secara sederhana, saluran penjualan dapat diartikan sebagai pengalaman mencari tahu bagaimana pelanggan menemukan Anda, mengapa mereka memilih Anda dan mengapa mereka datang kembali. Dengan mengetahui ini maka pemilik bisnis akan mampu mencari cara agar mereka benar-benar datang dan bertahan untuk menjadi pelanggan. Saluran penjualan haruslah dikonsep dengan cermat sebelum dibuat, sehingga proses yang ada setelahnya dapat berjalan lancar.

Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi pemasaran merupakan strategi yang dibuat oleh pemilik bisnis untuk meningkatkan nilai produk serta layanan. Di dalam pemasaran kunci mencapai kesuksesan bisnis yang efektif adalah menciptakan, memberikan dan mengkomunikasikan nilai-nilai yang dipegang  konsumen untuk memuaskan konsumen itu sendiri. Konsep pemasaran sangat berorientasi pada pasar yang didorong oleh konsumen. Di era modern Anda terdapat banyak saluran yang dapat digunakan untuk mengoptimasi strategi pemasaran yang Anda buat. Melakukan interaksi di media sosial, optimasi mesin penari, menghasilkan konten bermakna serta program loyalitas pelanggan bisa menjadi caranya. Bangun strategi pemasaran yang menarik serta jadikan aksesibel bagi pelanggan yang sudah ada dan perhatikan bagaimana penjualan akan meroket seiring berjalannya waktu.

Bekerja Sama dengan Investor yang Tepat

Kemitraan strategis dengan investor yang tepat dapat benar-benar membuat perbedaan pada sebuah bisnis. Hal ini tidak mengherankan karena investor merupakan pihak yang akan mengiringi jalan bisnis mulai dari memberikan dana, menyokong operasionalisasi hingga mendorong ketika bisnis dalam keadaan menurun. Carilah investor yang dapat melengkapi bisnis Anda dan usulkan peluang yang bisa didapatkan ketika bekerja sama dengan Anda. Startup Fintech yang sedang hype sekarang dapat anda jadikan salah satu funnel untuk mencari pendanaan yang tepat

Meningkatkan SDM

Kemampuan yang dimiliki oleh karyawan juga menjadi penentu cepat atau tidaknya bisnis Anda bertumbuh. Sumber daya manusia yang bekerja optimal akan memberikan dampak positif karena merekalah motor penggeraknya. Carilah sumber daya manusia yang mumpuni dan memahami jobdesk dalam spesialisasinya. Berikan pelatihan secara berkala untuk meng-upgrade kemampuan yang mereka miliki. Buat pula program kebersamaan antara pemilik bisnis, manajemen dan karyawan untuk memberikan kesan kekeluargaan dan rasa memiliki di dalam bisnis Anda. Karyawan yang mempunyai rasa memiliki pada perusahaan yang menaunginya akan berusaha untuk bekerja secara optimal.

Menciptakan Tim yang Solid

Cara ini bisa didapatkan dengan melakukan komunikasi yang optimal. Pastikan Anda dan anggota tim memiliki visi serta misi yang sama untuk memajukan bisnis. Berikan anggota tim Anda tugas yang sesuai dengan keahlian masing-masing. Komposisi yang baik bisa membantu para karyawan bekerja dengan tepat dan efektif.

Membuka Pasar Baru

Jika pasar lokal Anda tidak menunjukkan pertumbuhan yang Anda harapkan, mungkin sudah saatnya untuk membuka pasar baru. Temukan pasar lain di luar pasar Anda saat ini yang kiranya membutuhkan produk serta layanan Anda. Tidak lupa juga untuk selalu melakukan inovasi serta meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Berinvestasi untuk Menghasilkan Passive Income

Berinvestasi akan memberikan Anda pendapatan tambahan di luar dari operasionalisasi bisnis Anda. Pendapatan pasif akan memberikan kesempatan untuk mengembangkan finansial dan tambahan dana bagi pertumbuhan bisnis. Usahakan untuk terlebih dahulu mencari tahu berbagai pilihan investasi. Pilihlah investasi yang aman dengan manfaat yang lebih.

Mengelola Arus Kas

Pengelolaan arus kas yang baik akan membantu pemilik bisnis agar dapat membuat dan menentukan strategi demi pertumbuhan bisnis. Namun, jika pengelolaan arus kas kurang baik, bukan hanya tidak dapat menentukan strategi bisnis, tapi juga dapat membuat bisnis mengalami kegagalan atau kebangkrutan. Karena arus kaslah yang memuat berbagai transaksi dan keuangan yang menunjukkan naik turunnya suatu bisnis.

Salah satu program yang akan membantu pengelolaan arus kas Anda adalah Jurnal. Jurnal merupakan  Software Akuntansi Online nomor satu di Indonesia yang sudah banyak digunakan oleh berbagai bentuk usaha atau bisnis. Dengan Jurnal, Laporan Keuangan seperti Laporan Arus KasLaporan Laba Rugi, dan Laporan lainnya dikelola secara otomatis dan Anda bisa melihatnya secara Real-Time kapanpun di manapun. Bahkan seluruh data-data bisnis Anda tersimpan dengan aman di cloud yang sudah disediakan oleh Jurnal. Daftarkan sekarang dan dapatkan percobaan gratis selama 14 hari. Info selengkapnya bisa dilihat di sini.

Author