Membangun perusahaan yang kuat dan sukses merupakan impian dari setiap pengusaha. Diperlukan perencanaan yang matang sebelum menjalankan bisnis tersebut. Berikut merupakan 6 buah pertanyaan mendasar yang dapat membantu Anda menentukan arah dari bisnis yang ingin Anda kembangkan.

1. Kenalilah produk yang Anda tawarkan

Kenalilah produk atau jasa yang Anda pasarkan baik dari kelebihan maupun kekurangan produknya. Produk atau jasa yang anda kenal dengan baik akan memungkinkan peningkatan yang lebih baik di kemudian hari. Pengusaha yang baru memulai bisnis juga sebaiknya berfokus pada pengembangan produk yang sudah ada terlebih dahulu, dengan begitu pengusaha dapat menyempurnakan produk sebelum menciptakan produk yang lain.

2. Siapa Target Pasar Anda?

Menentukan target pasar dapat dimulai dengan menentukan lokasi geografis, umur, gender, pekerjaan, tingkat pendidikan, dan status ekonomi. Target pasar sebaiknya tidak terlalu luas supaya produk atau jasa dapat lebih mudah disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Target pasar yang luas akan mempersulit penerimaan produk atau jasa secara umum, sehingga produk atau jasa tersebut harus terus menerus disesuaikan.

3. Dimana Target Pasar Anda?

Setiap lokasi geografis memiliki kebudayaan yang berbeda dan akan mempengaruhi penerimaan masyarakat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, penyesuaian terhadap target pasar harus dilakukan. Pada tahun 2012, franchise McDonald’s di India menghapus Big Mac dari daftar menu mereka karena kebanyakan masyarakat di India tidak mengkonsumsi daging sapi. Hal ini dilatarbelakangi oleh mayoritas penduduk India yang beragama Hindu. Tindakan McDonald’s ini merupakan salah satu contoh penyesuaian yang dapat dilakukan pada target pasar.

4. Bagaimana Anda akan menjalankannya?

Buatlah sistem dan strategi yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Program-program seperti peluncuran produk, promosi produk, pemasaran dan program lainnya merupakan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Program yang tidak sesuai dengan tujuan tentu akan merugikan perusahaan.

5.Kapan Anda Akan menjalankannya?

Setelah Anda membuat perencanaan yang jelas, buatlah jadwal untuk mengontrol jalannya program. Membuat jadwal membutuhkan pertimbangan yang mendalam karena akan mempengaruhi kelancaran program. Pikirkan kapan program harus dimulai, persiapan yang dibutuhkan, dan kapan harus berakhir.

Akhirnya perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang memiliki perencanaan yang baik. Oleh karena itu, pertimbangkanlah dengan bijak beberapa poin di atas sebelum memulai bisnis agar sukses dapat diraih.