5 Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Dalam Purchase Order

Seiring dengan besarnya bisnis dan meningkatnya permintaan atas produk atau jasa Anda, proses bisnis mungkin menjadi lebih kompleks. Misalnya dulu Anda memesan bahan baku dapat dengan mudah Anda lakukan melalui chat/sms, telepon, atau email. Namun, ketika bisnis semakin tumbuh besar, maka berbagai hal terkait aktivitas perusahaan seperti penyuplaian bahan baku menjadi lebih sulit dikelola. Inilah purchase order sangat dibutuhkan. Purchase order merupakan dokumen resmi yang dibuat oleh pembeli yang berisi informasi tentang barang atau jasa yang mereka beli dari penjual.

Untuk itu purchase order harus dibuat dengan benar. Salah sedikit, dapat menyebabkan operasional perusahaan terganggu. Agar terhindar dari kesalahan-kesalahan umum pada purchase order, perhatikan beberapa hal berikut ini:

Purchase Order Lengkap

Agar tidak salah dalam membuat purchase order, pertama Anda harus pastikan isi purchase order lengkap. Sehingga supplier juga tidak salah dalam mengirimkan permintaan Anda. Minimal harus memuat informasi tentang identitas pemesan dan perusahaan, nama produk, jumlah barang, harga, metode pembayaran, cara pengiriman, syarat dan ketentuan lain, dan sebagainya.

Memilih Supplier

Salah satu kesalahan dalam purchase order biasanya berkaitan dengan supplier. Bisnis Anda tentu saja memiliki supplier bukan? Untuk memenuhi bahan baku atau apapun, sebuah bisnis tentu memiliki supplier. Wajar saja jika Anda juga memiliki banyak supplier. Anda dapat memilih supplier mana yang menguntungkan bisnis Anda.

Namun, terkadang supplier juga dapat menghambat bisnis Anda. Supplier yang nakal bisa saja mengurangi jumlah permintaan Anda pada purchase order. Jika demikian, proses produksi pun dapat terhambat. Karenanya sangat penting untuk memperhatikan supplier yang masuk ke bisnis Anda. Pilihlah yang sesuai kebutuhan perusahaan, yang menawarkan kerjasama yang baik ataupun kriteria lain.

Jangan Menerima Harga Apa Adanya

Biasanya perusahaan berpikir bahwa harga pesanan pada purchase order sudah tetap, tidak boleh ditawar. Padahal tidak begitu, jika Anda bekerja sama dengan supplier tertentu, Anda dapat melakukan penawaran mengenai harganya terlebih dahulu. Yakinkan mereka bahwa bisnis Anda akan memesan ulang jika harganya cocok satu sama lain. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga menekan atau menghemat biaya sehingga keuntungan yang diperoleh bertambah.

Jangan Abaikan Nasihat Supplier

Supplier merupakan pihak yang paling memahami  produk yang mereka jual. Dengan pengetahuan yang banyak, mereka dapat memberi saran untuk Anda dalam menggunakan produk mereka sehingga hasilnya maksimal.  Maka dari itu, jangan mengabaikan nasihat supplier. Apalagi sekarang persaingan usaha semakin kompetitif, maka bersikap terbuka perlu Anda miliki.

Pesan Sesuai Tujuan

Departemen pembelian memiliki tugas untuk melakukan pemesanan persediaan. Mungkin beberapa orang menganggap tugas tersebut adalah tugas yang mudah, tapi sebenarnya tugas tersebut berat karena kebutuhan setiap departemen berbeda-beda. Untuk itu sebelum mengirimkan purchase order, pastikan pesanan sesuai dengan tujuan. Jika Anda tidak mau meninjau ulang pesanan, dikhawatirkan barang yang dibeli tidak cocok dengan perusahaan Anda. Maka pastikan Anda juga tahu tujuan perusahaan sebelum benar-benar melakukan pemesanan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada purchase order sebagai bagian penting dalam proses pembelian yang nantinya juga akan berpengaruh dalam aktivitas produksi. Apakah Anda masih kesulitan membuat purchase order? Anda bisa memanfaatkan Jurnal sebagai software akuntansi online berbasis cloud untuk memudahkan proses akuntansi. Dengan Jurnal, Anda dapat membuat transaksi penjualan dan pembelian lebih lengkap, mulai dari penawaran, pemesanan, pengiriman, hingga penagihan. Hal ini memudahkan Anda dalam memonitor dan mencatat rangkaian transaksi. Karena itu daftarkan perusahaan Anda sekarang juga di Jurnal, sehingga Anda akan lebih cepat, mudah dan aman untuk mengelola perusahaan.

 

Kategori : Panduan Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo